ACER Aspire E14 E5-475-37KP

acer e14 e5 ds-06

Isi dalam kotak dan kesan pertama

***

Laptop apa yang cocok buat sehari-hari? Tergantung jawabnya. Kudu lebih spesifik lagi, punya dana berapa dan mau dipakai apa nantinya. Kalau sekadar buat jalanin olshop (browsing), ngetik ini itu, nonton, dan kadang main game … ya laptop dengan prosesor Intel Core i3 paling pas.

Kenapa?

Karena secara harga dan performa tidak terlalu memberatkan. Kecuali akang-akang sekalian punya dana berlebih, maka bidik prosesor di atasnya dan pilih bentuk laptop yang seksi (ringan, tipis, kuat).

ACER Aspire E14 E5 475 37KP tidak termasuk ke dalam katergori seksi. Namun ia memenuhi dua syarat tadi: Core i3 (gen 6 yang tidak jadul-jadul amat), dengan harga 5 jutaan (bahkan ada yang menawarkan kurang)!

acer e14 e5 ds-03

***

Mari kita mulai dengan paket pembelian. Di dalam kardus Laptop berukuran layar 14 inchi ini terdapat charger (dan kabel power) dengan keluaran daya 45W (19V; 2.37A), kartu garansi, buku panduan, juga CD driver. Karena kardusnya slim, jadi bonus tas selempang dibebatkan di luar kardus. Lumayan, daripada tidak dapat kan.

acer e14 e5 ds-04

Sekarang kita lihat penampakan laptop dengan RAM 4GB dan HDD 500GB itu. Konstruksi bodinya dari plastik, cuma diberi tekstur metal agar terlihat kekar. Kualitas pengerjaannya lumayan. Tempat keluar panas terbilang banyak, ada di sisi kanan dan bawah. Untuk urusan port (lubang-lubang koneksi) terbilang lengkap: 2xUSB 3.0, 1xUSB 2.0, HDMI, audio jack 3.5mm, LAN, VGA, Card Reader, dan DVD-RW (eh, ini mah bukan lubang ya, hehe).

Kita lanjut ke display Laptop dengan OS bawaan Linux ini. Begitu dibuka dan dihidupkan tidak ada yang menarik di layar laptop berteknologi TN itu. Jadi, saya memasangkan Windows 10 agar bisa dilihat-lihat (dan dipakai tentunya). Seperti kebanyakan laptop pada rentang harga ini, display menjadi titik lemah. Resolusinya sebatas HD (1366×738 piksel), sudut pandang terbatas, dan tingkat kecerahan biasa saja. Apakah masalah? Buat yang sering main di luar pasti terganggu, karena jenis layarnya bukan anti glare. Tapi buat yang sukanya di dalam saja tidak akan terlalu bermasalah.

Untuk urusan input, Laptop yang punya banyak kembaran ini tidak dilengkapi dengan layar sentuh. Hanya sebatas keyboard dan touchpad. Papan ketiknya menganut aliran chicklet, dengan besaran tombol yang pas. Mengetik dengan papan ketik ini sedikit berbeda dengan pada ASUS K401LB yang sehari-hari saya pakai. Ia lebih berat, untungnya jarak sentuhnya tidak terlalu pendek, jadi kenyamanan tetap terjaga. Bila ada yang membuat saya mengeluh, letak tombol power pada ujung kanan atas menjadi sasarannya. Iya, tombol power yang menyatu dengan papan ketik itu. Yang menjadi pembeda hanyalah ikon, selebihnya sama. Kudu-nya kan di pojok sana itu tombol DEL. Jadi, saya harus berhenti sebentar, melihat sebelum menyentuh tombol DEL. tidak ada efek apa-apa juga sih sebenarnya kalau ternyata tombol power itu tanpa sengaja tersentuh.

acer e14 e5 ds-05

Untuk input lain: touchpad sangat luas. Dengan desain polos, ada bingkai perak, diamond cutting Acer menyebutnya, yang membuat tampilannya menarik. Di pojok kiri bawah seperti biasa ada tombol klik kiri, di pojok kanan bawah klik kanan. Rasanya? Awalnya kesat, tapi setelah menggunakan berkali-kali sudah lebih halus, mulus dan lancar. Berbagai gesture tetap ada; scroll atas bawah dengan dua jari, zoom in zoom out dengan cara mencubit layar juga bisa. Yang absen adalah penggunaan 3 jari. Saya sudah mengecek kebagian ELAN Pointing Device, di sana memang ada pengaturan bagaimana sentuhan dengan satu jari dan banyak jari, sayangnya saya tetap tidak menemukan gesture dengan 3 jari. Di salah satu forum saya temukan bila ingin menggunakan itu maka harus memasangkan synaptic driver.

Bagaimana dengan performa dari Laptop yang memiliki otak Intel Core i3-6006 ini? Belum bisa berkata banyak. Tapi dari segi spesifikasi Intel Core i3 Gen 6 atau yang dikenal juga dengan Skylake Series ini harusnya mampu. Litografi-nya sudah 14nm, tidak terlalu berbeda dengan Gen 7 dan 8 yang sama-sama belum beranjak ke 10nm. Maksimal clock speed nya 2.0 GHz, dan seperti Intel Core i3 umumnya, ia tidak dilengkapi teknologi turbo boost layaknya core i5 dan core i7. Prosesor itu ditemani Intel HD 520 sebagai pemroses grafisnya.

cpuz acer e14 e5Untuk Acer E14 E5 dilengkapi dengan baterai 4 Cell 2800mAh. Selama penggunaan singkat saya bersama laptop ini, kurang lebih ia sanggup menemani 5 jam penggunaan normal (browsing dengan Microsoft Edge, ngetik di MS Word, setel musik, dan sesekali nonton).

***

acer e14 e5 ds-10
Pintu akses RAM, HDD/SSD yang terpisah dari keseluruhan bodi memudahkan bila ingin upgrade.

Lalu apa kelebihan ACER E14 E5 475 ini dibanding yang lain? Daya pikat pertama tentu harga dan Intel Core i3-6006 (2.0 GHz, 3MB L3 Cache). Kemudian setelah Laptop di buka ada 6 hal yang ACER tonjolkan: DDR4, Ultrafast wireless Mu-Mimo 802.11ac (laptop biasa berhenti di b/g/n), Acer TrueHarmony (Impresi saya campur-campur, keluaran suara memang stereo, cuma frekuensi rendah alias bass sangat tidak terasa. Sedikit berbeda ketika saya mencolokkan Ocharaku Co-Donguri, keluaran suaranya bersih, staging luas, bass lebih terasa), USB 3.0 Power Off USB Charging (saat laptop shutdown ia bisa berfungsi sebagai powerbank), HDMI port (biar bisa ke TV gitu), dan HDR WebCam (biar wajah tidak terlalu gelap saat gambar latar sangat cerah?).

Selama penggunaan, saya tidak mendengar suara berisik dari harddisk Laptop yang ternyata tidak memiliki indikator Caps Lock itu. Keluaran panas juga relatif terjaga (memang saya belum memaksa dia kerja berat sih). Tapi kesimpulan sementaranya: Hening dan adem kang!

Bagaimana dengan kurangnya? Dari 5 hal yang menjadi fokus (bentuk, display, keyboard dan touchpad, performa, dan baterai) maka saya pilih touchpad dan tata letak keyboard menjadi titik terlemahnya. Display memang sebatas HD dan bukan IPS yang memiliki sudut pandang luas, tapi untuk playback movie rasanya tidak terlalu buruk, mungkin ini yang dimaksud oleh ACER sebagai teknologi CineCrystal-nya?

Saya juga tidak suka dengan bodi metal wannabe-nya. Tapi, lagi-lagi di rentang harga ini fokus utamanya adalah performa. Dan ACER Aspire E14 E5-475-37KP memberikan itu.

***

Spesifikasi ACER Aspire E14 E5-475-37KP

Harga    : Rp 4.700.000-5.200.000

OS         : Linux

Display : 14” HD (1366×768) Acer CineCrystal LCD

CPU       : Intel Core i3-6006 2.0 GHz 3MB L3 Cache

GPU       : Intel HD 520

RAM      : 4GB DDR4

HDD      : 500GB

OPTIC   : DVD RW

Jaringan: WiFi 802.11ac + Bluetooth 4.0, tanpa modem GSM

Kamera : HD Camera (video 720p)

Baterai : 4 Cell Li-Ion 2800mAh

Fitur lain: Acer TrueHarmony Audio, Power-off USB Charging, akses ke RAM dan HDD yang mudah karena ada pintu khusus tanpa harus membuka seluruh bodi, HDR webcam, slot SSD dan HDD yang terpisah* (di sini dinyatakan seperti itu, tapi saya belum yakin apakah tipe ini juga termasuk)

3 thoughts on “ACER Aspire E14 E5-475-37KP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.