Catatan Sebelum Membeli Handphone Samsung

samsung vs
sumber: www.gsmarena.com

Dari Note yang PERKASA, hingga J series untuk SEMUA.

***

Pencarian saya terhadap Handphone kompak yang pas digenggam membuat saya lebih memerhatikan Sang Raja: Samsung.

Seingat saya, belum pernah ada handphone Samsung yang saya review. Pernah sih, tahun lalu Samsung J7 (2016). Namun, itu bukan review penggunaan, tapi ulasan tentang bagaimana mendapatkannya secara cuma-cuma.

Kok gitu, pilih kasih nih …

Tenang, dulu saya belum menemukan daya tarik hp-hp keluaran negeri Oppa itu. Note8 keren sih, cuma harga-nya sama sekali nggak keren. S8, S8+ cantik sih, cuma lagi-lagi harganya kurang cantik.

A3, A5, A7? Langsung dilupakan, karena rasio harga dan performa yang terlalu besar. J-series? Membingungkan sekali! Lihat saja daftar model yang ada: J+, Pro, Prime, Core, Ace … J1, J2, J3, J5, J7.

duh …

***

Kini tidak lagi, saya sudah mulai melihat pola-nya. Gambaran besarnya kira-kira begini:

s8 vs note 8 vs s8+
sumber: www.gsmarena.com

Note Series: Kasta tertinggi. “Lakukan Hal Besar” kata-kata promosinya. Segala yang terbaik dari Samsung ada di sini. Prosesor tercanggih (Exynos 8895), kamera terkeren (Dual OIS, 12MP, 2x Zoom Optis), bodi terkuat (IP68), display terbaik (QHD, HDR10), dengan stamina tetap terjaga (3300mAh). Di tambah lagi S-Pen, “Pulpen” yang mengubah cara interaksi kita dengan smartphone.

Seri ini diwakili oleh: Galaxy Note8 (12 juta-an) dan reinkarnasi dari Galaxy Note 7, Note FE (8 Juta-an). Galaxy Note5 yang kini 5-6 jutaan juga masih beredar. (Jangan cari-cari Note6 ya, karena memang nggak pernah ada).

s8+ lg g6
sumber: www.gsmarena.com

S-Series: Masih kelas Dewa. Samsung menyebutnya sebagai, “Kebebasan untuk Melakukan Lebih”. Ini kelas tertinggi Samsung untuk yang tidak senang bodi besar. Segala yang terbaik tetap ada di sini. Mulai berubah total saat S6 dulu. S7 dan S7 Edge menyempurnakan sekaligus mengembalikan ke-khas-an Samsung: Selot Micro SD yang absen pada S6. Kini S8 menjadi penanda awal baru di dunia Smartphone: Infinity Display dengan rasio layar 18,5:9.

Seri ini diwakili oleh: Galaxy S8 (8 jutaan), Galaxy S8+ (9 jutaan). Seri sebelumnya juga masih bisa ditemui Galaxy S7, Galaxy S7 Edge.

 

samsung-galaxy-a3-2017-2
sumber: www.gsmarena.com

A-Series. “Tangkap dan Simpan Lebih Banyak”. Begitu Samsung ingin mengenalkan seri A versi 2017. Kenyataanya memang begitu: A5 dan A7 memiliki kamera dengan resolusi 16MP, di depan maupun belakangnya. Di tambah fitur IP68 yang memungkinkan kita mengambil foto di bawah air. A mungkin juga kepanjangan dari Affordable. Dengan kata lain, versi hemat dari seri S. Memang begitu kelihatannya, bentuk dan fitur nyaris serupa. Seri A ini dibuat semakin manarik dengan adanya beberapa varian: display kecil (4,7 inchi) hingga besar (6 inchi).

Wakil dari seri ini: Galaxy A3 (2017) (3 jutaan, layar 4,7 inchi), Galaxy A5 (2017) (4 jutaan, layar 5,2 inchi), Galaxy A7 (2017) (4,5 jutaan, layar 5,7 inchi) dan Galaxy A9 Pro (5 jutaan, layar 6 inchi).

samsung-galaxy-j7-2017-sm-j730-3
sumber: www.gsmarena.com

J-Series: Sekarang kita masuk ke “Rimba”-nya handphone Samsung. J bisa berarti banyak: Joy-Bahagia, Juvenile-Muda. Atau J- … elek. Hehe. Yang jelas Samsung menginginkan seri ini sebagai “Handphone untuk semua”. Bila dilihat-lihat memang benar adanya. Rentang harga handphone ini sangat luas. Dari 1 juta hingga 5 juta. Jangan dikira tiap 1 juta hanya ada 1 handphone loh. Total ada 19 macam yang masih tercantum di laman resmi.

Dari J1 hingga J7. Dari Mini, Ace, Core hingga Prime, Pro dan Plus. Sulit sekali mengikutinya, seperti tidak ada pola. Masih lebih mudah penamaan seri A yang dibedakan berdasarkan tahun keluar saja. Meski begitu, bila dilihat lagi, ternyata tetap ada aturan penamaannya. Ini hasil amatan saya:

Sebutan Mini, Ace hanya ada di seri J1 lawas (tahun 2015). Harganya juga di kisaran 1 juta. Benar-benar 1 juta juga ada dan tidak akan lebih dari 1,3 juta. Ukuran layarnya tidak pernah lebih dari 4,5 inchi. Kemudian, Prime. Samsung menamai seri ini untuk versi 2016. Sedangkan Pro adalah versi 2017-nya.

samsung-galaxy-j2-prime-2016-2
sumber: www.gsmarena.com

Core dan Plus bagaimana? Untuk tahun 2017 juga. Core untuk yang ingin layar besar tapi terbatas dana-nya. Plus untuk yang suka layar besar ditambah fitur kekinian (dual kamera, bokeh mode, dll) dengan dana sedikit berlebih.

Dengan begini sedikit lebih terang. Kalau menginginkan seri terbaru J, maka lihatlah kata-kata Pro dibelakangnya. Atau Plus untuk varian tertingginya. Atau Core untuk varian dasarnya.

samsung-galaxy-j1-2016-2
sumber: www.gsmarena.com

Lalu, benang merah berikutnya adalah ukuran display. Untuk hal ini Samsung rada konsisten. Seri J memiliki rentang Layar dari 4,3 inchi hingga 5,5 inchi. Mulai dari J1 (4,3-4,5 inchi), J2 (4,7-5 inchi), J3 (5 inchi), J5 (5-5,2 inchi), dan J7 (5,5 inchi).

***

Jadi, bila di urutkan dari harga tertinggi ke terendah, maka susunannya sebagai berikut: Note, S, A, terakhir J.

Pertanyaan agak membingungkan muncul begini: Pilih A9 Pro atau J7+? Dua kelas berbeda tapi harga sama-sama 5 juta. Atau A3 2017 atau J5 Pro? Lagi dua sasaran berbeda dengan harga sama-sama 3 juta.

Harus jeli sekali melihatnya. Saran saya, jangan dulu lihat berapa RAM-nya. Coba cek Chipset-nya dulu. Karena ini yang paling mempengaruhi performa. Fitur lain mengikuti. Untungnya, seri J sekarang tidak seperti dulu. Bodinya sekarang sudah logam, layarnya juga andalan Samsung: Super Amoled (bahkan seri J+ resolusinya sudah Full HD).

Kemudian kamera juga beda-beda tipis. Seri J7+ terkesan lebih unggul, karena sistem dual kamera yang bisa dinikmati Note 8 turun ke sana terlebih dahulu.

Bila kedua-nya mirip. Maka, A series akan selalu unggul di sini: Ke-kompak-an bodinya. Ukuran bodinya selalu mengikuti seri S yang mungil nan padat.

Tapi, bukan berarti unggul segalanya: Selot kartu juga perlu diperhatikan. A3 2017 hanya memiliki 2 selot kartu. Itu artinya, saat menggunakan kartu SIM ke dua, kita tidak bisa menggunakan tambahan micro SD. J5 Pro tidak begitu, selot-nya lengkap ada tiga.

***

Di bawah saya sudah membuatkan tabel sederhana. Bukan spesifikasi detil memang, tapi ini juga hasil kroscek ke laman resmi Samsung dan tambahan data dari gsmarena. Untuk harga, saya ambil dari situs Jd.id per tulisan ini terbit.

Bila ada salah-salah, tolong bantu koreksi ya.

***

Samsung Galaxy J1 vs J2 Prime vs J3

galaxy j1 j2 prime j3 2016

Samsung Galaxy J3 vs J5 vs J7 (Pro 2017)

samsung galaxy j 2017

Samsung Galaxy A3 vs A5 vs A7 (2017)

samsung galaxy a3 vs a5 vs a7 2017

Samsung Galaxy A9 Pro vs Galaxy J7 Plus vs Galaxy Note5

 

j7+ a9 pro note 5

Untuk Galaxy S8, S8+, Note FE, dan Note 8 silahkan mampir ke laman resmi ya. Karena lebih mudah dibedakannya 🙂

 

salam,

diki septerian

 

 

 

2 thoughts on “Catatan Sebelum Membeli Handphone Samsung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.