Sekilas Resensi: Buku Seri Fiqh Kehidupan 4 : Zakat, Karya Ust. Ahmad Sarwat, Lc.

pict by rumahfiqh.com
pict by rumahfiqh.com

SEBELUM jauh-jauh. Buku berupa PDF ini saya dapatkan secara free pada tahun 2012 dulu. Saat itu Ust. Ahmad Sarwat, Lc sebagai penulis belum mencetak buku ini. Buku ini masih diberikan free kepada pengunjung situs yang beliau gawangi: rumahfiqh.com.

Saat ini, jika mengecek situs rumahfiqh.com, maka kita akan mendapati buku tersebut sudah dijual dengan harga Rp. 155.000. Buku dalam bentuk PDF yang dapat di download secara free, sudah tidak saya temukan lagi.

***

Ini buku tentang Zakat. Jelas sekali dari judulnya. Lalu, apa yang membuatnya menarik? Penulisnya. Sejak jaman kuliah dulu saya sering mampir ke situs warnaislam com—salah satu tempat beliau mengisi tanya jawab tentang syariah. Saya selalu tertarik dengan jawaban segar dan berimbang dari ustadz kelahiran Cairo 46 tahun silam itu.

Selama mengisi rubrik konsultasi syariah itu, beliau membagi-baginya ke dalam beberapa kategori. Dari urusan personal seperti thoharoh, sholat, puasa, sampai ke masalah yang menyangkut orang lain dan negara. Buku seri fiqh kehidupan Zakat terlahir dari sana, dari rangkuman tanya jawab yang pernah ada di konsultasi itu. Tapi, sudah tersusun rapi, bagian perbagian bab per bab.

Menariknya, meski telah tersusun rapi, gaya bahasanya tidak berubah. Tetap segar, ringan, dan mudah untuk dipahami. Isinya lengkap—tentu tidak selengkap versi cetaknya, dimulai dari pengertian tentang zakat yang dibagi hingga 9 bab, kemudian ke jenis-jenis zakat hingga 11 bab (nah di sini bedanya dengan versi cetak), kemudian tentang siapa yang berhak menerima zakat.

Melalui buku ini, Ustadz lulusan LIPIA dan IIQ ini ingin membantu memberi rujukan, seperti yang dikatakannya di bagian mukadimah:

“Buku ini setidaknya, ingin ikut berperan membantu memberikan salah satu rujukan buat umat Islam, khususnya tentang teknis membayar zakat.”

***

Sekali lagi, ini hanya versi PDF. Sekadar buat baca-baca, bila buku setebal 602 halaman itu tidak sempat terbawa—atau bahkan belum dimiliki. Ingin membeli versi cetaknya? Langsung saja ke situs rumahfiqh.com. Di sana ada teknis pembelian beserta daftar isi lengkap buku ini.

Sekian dulu, selamat menikmati sajian buku ini. Semoga bermanfaat.

***

DOWNLOAD Buku Seri Fiqh Kehidupan 4 Zakat

Daftar isi lengkap buku Seri Fiqh Kehidupan 4 Zakat

 

Salam,

Diki septerian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.