Ingin Beli Asus Zenbook, Tapi ….

 

Asus k401lb-07

Mini Review Asus K401L.

MEMANG dasar laki-laki. Maunya banyak. Setelah kemarin ingin ganti motor, sekarang malah mau ganti laptop! Padalah laptop yang sehari-hari digunakan baru berumur setengah tahun. Speknya juga tidak malu-malu-in amat. Intel Core i5 5200, Ram 4GB, HDD 1TB, NVIDIA Geforce 940M, 14 inchi FULL HD, desain oke, di bawa kemana-mana juga tidak bikin pegal.

Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Asus Zenbook Series kini terlihat sangat seksi! Ia mampu membuyarkan Asus K401LB yang sudah saya pegang-pegang sejak Januari kemarin.

Cuma, apa daya Asus Zenbook Series yang paling terjangkau saja harganya 9 juta lebih. Itu juga dengan prosesor M-series. Prosesor hemat daya, bukan standar core i5/i7. Asus Zenbook dengan prosesor standar dapat dipinang minimal dengan harga 12 juta ke atas. Ada jarak 5-6 juta dari Asus K401LB yang saya gunakan untuk menulis artikel ini. Terlalu jauh.

Bagaimana kalau di upgrade saja? Ganti SSD dan tambah RAM. Saya pun berhitung … Dan cukup dengan 1 juta-an sudah bisa mendekati performa dari Asus Zenbook Series itu.

***

Upgrade? Memang nya kenapa si K401LB itu? Sudah lemot? Lagi juga sampean kan nggak nge-game, ngapain pake laptop yang kenceng-kenceng. Begitu kata teman saya heran.

Setelah menggunakan Asus K401LB sejak Januari lalu. Ini yang saya rasakan:

  • Layar FULL HD 1920 x 1080 memang membuat resolusi lebih tajam dari laptop HD kebanyakan. Cuma teknologi layarnya yang masih TN tetap membuat sudut pandang dari laptop ini sangat terbatas. Begitu juga dengan tingkat kecerahan dan keluaran warnanya. Juga di awal-awal kadang bermasalah dengan scalling layar dengan aplikasi yang ada.Asus K401LB Full HD display
  • Performa seperti yang diharapkan dari prosesor kelas menengah Intel Core i5 generasi 5. Senyap dalam bekerja, hanya sesekali raungan kipas terdengar bila banyak aplikasi yang dijalankan sekaligus, ataupun ketika blogging dengan chrome dengan kondisi jaringan yang lemah.
  • Keyboard dan keypad-nya nyaman digunakan. Tata letak keyboardnya baik, empuk, memberi umpan balik yang pas, mengetik lama tidak masalah, mengetik cepat juga ok. Keypad nya lebar dengan desain seperti pada macbook, di tambah dengan smartgesture memudahkan dalam bekerja. Tidak ada jeda / lag yang saya rasakan dari keypadnya. Responsif, dan luas.Asus k401lb-08
  • Kecepatan hardisk internal dengan kapasitas 1 TB sesuai harapan. Cuma sangat berisik. Terdengar suara menggelitik, krik… krik… krik dari putaran hardisknya. ASus K401LB HDD Speed
  • Suhu relatif terjaga. Apalagi laptop ditinggal dalam ruangan berpendingin. Jadi, ketika akan digunakan lagi permukaannya yang logam (alumunium) membantu melepaskan sensasi dingin di telapak tangan.
  • Baterai mampu bertahan setengah hari kerja. Misalkan laptop terisi full lalu saya gunakan dari jam 8 pagi, maka saya baru akan mengisi lagi ketika jam 2 siang. Penggunaannya? Utamanya browsing dan ms office. Sesekali editing gambar.
  • Bobotnya lebih ringan daripada Asus A46 series. Mungkin akibat tidak adanya drive optik (dvd driver).

***

Asus k401lb-02

Jadi mengapa ingin Zenbook? Meski sama-sama mengusung resolusi Ful HD, tapi teknologi yang dimiliki berbeda. K401LB masih TN, sedangkan Zenbook sudah IPS. Hal ini menjadi penting, karena saya suka mengotak-atik gambar. Sudut pandang dan keluaran warna dari layar IPS tentu lebih baik daripada TN. Buat yang lebih suka main game, tentu bukan jadi soal.

Mengapa ingin upgrade? Uniknya Asus K401LB dilengkapi dengan slot SSD tambahan. Meski hanya setengah dari m.Sata, tapi setidaknya bisa mengakomodir mereka yang ingin tetap memasang hardisk sebagai media peyimpanan dan SSD sebagai tempat memasang OS serta aplikasi.

Asus k401lb upgrade-01
Bagian dalam dari Asus K401LB. Di bawah kipas ada tulisan SSD, nah di sanalah tempat untuk memasang SSD yang ukurannya hanya setengah dari m.Sata.

Tapi, karena saya tidak ingin setengah-setengah, jadinya saya tetap memilih SSD dengan ukuran sebenarnya. Saya akan melepas harddisk keluaran HGST yang berisik itu. Biar lebih mantap, slot Ram yang masih mengganggur juga akan saya isi.

Agar lebih jelas lagi melihat slot SSD yang ada di bawah kipas.
Agar lebih jelas lagi melihat slot SSD yang ada di bawah kipas.

 

Slot Ram yang tersedia hanya satu. Speknya seperti pada screenshot ram yang ada di atas.
Slot Ram yang tersedia hanya satu. Speknya seperti pada screenshot ram yang ada di atas.

Jadi seperti ini persiapannya …

SSD Samsung 850 Pro, RAM Corsair Value Select CMSO4GX3M1C1600C11 Low Voltage, Orico 2588 US3 HDD enclosure, Mouse kabel Logitech m100. (nggak ada hubungannya sih si tikus ini).
SSD Samsung 850 Pro, RAM Corsair Value Select CMSO4GX3M1C1600C11 Low Voltage, Orico 2588 US3 HDD enclosure, Mouse kabel Logitech m100. (nggak ada hubungannya sih si tikus ini).

***

Karena tekad sudah bulat, jadinya tidak akan menukar si K401LB ini dengan Zenbook series. Mencoba untuk menikmati yang ada dulu, sambil tambah sana sini.

Spesifikasi Asus K401LB

  • Prosesor Intel® Core™ i5 5200U Processor
  • Sistem Operasi DOS
  • Chipset Integrated Intel® CPU
  • Memori DDR3L 1600 MHz SDRAM, OnBoard Memory 4 GB , 1 x SO-DIMM socket for expansion up to 12 GB SDRAM
  • Display 14.0″ 16:9 Full HD (1920×1080)
  • Grafis NVIDIA® GeForce® 940M 2GB DDR3
  • Storage  1TB 5400 RPM
  • Card Reader 3 -in-1 card reader ( SD/ SDHC/ SDXC)
  • Kamera VGA Web Camera
  • Networking Terintegrasi 802.11 a/b/g/n/ac, Built-in Bluetooth™ V4.0
  • Interface
    1 x COMBO audio jack
    2 x USB 3.0 port(s)
    2 x USB 2.0 port(s)
    1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
    1 x HDMI
  • Audio
    Built-in Speakers And Microphone
    ASUS SonicMaster Technology
  • Baterai 3Cells 48 Whrs
  • Adaptor Daya
    Output :
    19 V DC, 3.42 A, 65 W
    Input :
    100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
    3/ 2 pin compact power supply system
  • Dimensi 34.3 x 24.1 x 2.09 cm (WxDxH) (w/ 3cell battery)
  • Berat 1.65 kg
  • Sekuritas
    BIOS Booting User Password Protection
    HDD User Password Protection and Security
  • Jaminan 2 tahun garansi hardware global.

 

Salam,

diki septerian

 

5 thoughts on “Ingin Beli Asus Zenbook, Tapi ….

  1. om.. mau nanya.. memungkinkan tidak ditambah 2 buah flat heat pipe dari cpu ke gpu trus ke heatsink nya? biar lebih adem laptopnya.. saya berencana mau beli laptop ini juga..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.