Isi di dalam Kotak Motorola Moto G5s Plus

motorola moto g5s plus ds-01

Unboxing terburuk yang pernah saya alami.

***

Motorola Moto G5s Plus ternyata dijual dengan harga promo lagi. Tanpa pikir panjang, saya langsung ikutan flash sale di Lazada. Handphone yang memiliki sistem kamera ganda di belakang dengan dukungan Turbo Charging itu berhasil saya dapatkan.

Pesan Rabu, Jumat datang. Ternyata kondisinya tidak prima. Kotaknya lusuh, tanpa plastik wrapping, hanya selotip sebagai penutup agar kotak tidak terbuka sendiri. Di dalam juga sama, Moto G5s Plus tidak dilengkapi oleh plastik di bagian belakang, hanya di depan.

Parahnya, ada bekas sidik jari menempel di kamera belakangnya!

Mestinya barang baru tidak begini. Entah kelakuan Lazada atau Motorola-nya. Maafkan bila pembuka kalimat isinya komplen. Sekadar mengabarkan kondisi sebenarnya, barangkali Akang sekalian juga mengalami yang sama.

Sekarang, mari kita lihat seperti apa handphone seharga Rp 2.999.000 itu.

***

motorola moto g5s plus ds-03

Isi di dalam kotak Motorola Moto G5s Plus:

  • Moto G5s Plus itu sendiri.
  • Charger dengan keluaran daya 5V 3A; 9V 1.6A; 12V 1.2A. Dengan kata lain 15W. Turbo power Motorola menyebutnya, padahal (tebakan) saya ini adalah Qualcomm QuickCharge 2.0.
  • Earphone, earbuds bewarna putih dengan plastik sebagai material utama. Kualitasnya, parah banget.
  • Kabel data MicroUSB. Ya betul, bukan tipe-C yang simetris itu.
  • Kartu petunjuk garansi dan cara penggunaan.
  • Kartu Perdana IM3 Ooredoo. Tidak seperti bonusan Xiaomi Mi A1, wilayahnya betul JABODETABEK.
  • Sim Ejector.

***

Kesan Pertama

Mengenggam Handphone berlayar 5,5 inchi rasanya penuh. Ini karena bezel HP berdimensi 153,5 x 76,2 x 8,0 mm itu tidak bisa dibilang tipis. Tepi atas dan bawah lebar, tepi samping juga begitu. Untungnya tepi-tepi itu berwarna hitam, menyatu dengan hitamnya layar.

Beratnya 168g, bodinya terbuat dari logam. Rasanya kokoh, pejal, tapi nyaman. Karena sisi bagian belakang melengkung sedikit mengikuti garis tangan. Dan lagi, bagian pinggir handphone itu rata, tidak tipis dan tidak licin. Benar-benar meningkatkan kenyamanan saat mengenggam.

Layarnya enak dipandang. Teknologinya IPS LCD dengan resolusi Full HD (1920×1080) dengan kerapatan piksel sekitar 403ppi. Warna sedikit pucat, tapi sudut pandang luas. Layar itu dilindungi oleh Gorilla Glass 3. Menyentuhnya tidak perlu tenaga. Mulus dan lancar.

motorola moto g5s plus ds-04

Di bagian depan juga ada kejutan: Kamera 8MP ditemani oleh lampu LED Flash. Dalam penggunaan ia bisa dipilih sebagai lampu kilat atau senter (selalu menyala). Selain itu ada proximity sensor, dan di sebelah kanan kamera ada bulatan kecil tak terlihat, seperti lampu notifikasi, tapi sayangnya tidak bisa menyala.

Di bawah ada pemindai sidik jari yang tidak membal bila ditekan. Ia kaku. Tidak bisa di-klik. Untungnya serba guna: bisa untuk navigasi, menghidupkan dan mematikan layar. Tidak ada tombol back atau recent. Hanya pemindai sidik jari berbentuk oval itu. Seperti Iphone?

Tombol volume dan power disebelah kiri. Letaknya pas. Rasa klik-nya enak, tapi suaranya terlalu kencang, seperti plastik. Bagusnya, tombol power ada tekstur bergaris, jadi saat menyentuh tanpa melihat kita tahu beda antara tombol-tombol tadi.

 

 

motorola moto g5s plus ds-08

Sisa Memori

Motorola Moto G5S yang dijual di Indonesia berseri XT1805. Memiliki konfigurasi: 4GB RAM dan 32GB ROM. Sisa RAM yang dapat digunakan saat handphone itu baru digunakan sebesar 2.5 GB, sedangkan untuk memori internalnya sudah terpakai 8.95GB untuk sistem dan aplikasi.

Kamera

Salah satu fitur andalan Motorola G5s Plus adalah kamera ganda-nya. Sekarang, dipasaran ada 4 konfigurasi kamera yang ada: Pertama, Sensor Warna + Sensor Hitam Putih (Huawei, Nubia, CoolPad), Kedua, Lensa Wide + Lensa Ultra Wide (LG, Asus, OPPO), Ketiga, Lensa Wide + Tele (Iphone, Xiaomi, Asus, Samsung),

dan yang ke-Empat adalah …

Tidak bisa menggunakan kamera kedua-nya. Kamera kedua hanya sebagai pembantu agar dapat memproses jarak gambar. Dulu dipopulerkan oleh HTC. Sekarang vivo melanjutkannya dengan memindahkan kamera itu ke depan, bokeh selfie!

Bagaimana dengan Moto G5s Plus ini?

motorola moto g5s plus ds-07

Ia masuk kategori 4. Kamera keduanya hanya sebagai kalkulator. Sebagai teman, daripada bulatan besar di belakang itu hanya memiliki satu mata, lebih baik dua, lalu tambahkan LED Flash dua warna juga (supaya hasil terlihat alami gitu), lalu susunlah yang rapi hingga membentuk EMOJI!

Bagaimana hasil kamera-nya? Lumayan. Saya suka dengan mode profesional-nya. Tunggu review lengkapnya ya kang … sabar.

screenshot motorola moto g5s plus ds-32

Android Nougat 7.1.1 dengan Skin Motorola

Motorola G5s Plus hadir hampir polos. Segala kebaikan Android Nougat ada di sini: Split screen, bundel notifikasi, ikon bulat, 3D menu, Google Assistant, dan juga Doze to Go tentunya. Tampilannya juga masih berasa Android.

Motorola G5s Plus tidak disesaki oleh berbagai aplikasi bawaan yang tidak berguna. Beberapa aplikasi tidak bisa di hapus, seperti Microsoft Outlook, Google Docs, Sheet, Slide, Duo,dan Linkdn. Ada yang bisa di hapus, seperti BaBe. Selebihnya ada tambahan Moto Action! Ini yang membedakan ia dari Xiaomi Mi A1.

screenshot motorola moto g5s plus ds-15

Moto Action bahasa lain dari gesture sebenarnya. Hampir semua terpakai dan sangat membantu, contohnya begini:

  • Mengaktifkan kamera dengan memutar balik (twist) handphone dua kali.
  • Menyalakan senter dengan membuat gerakan memotong dua kali.
  • Tombol pemindai sidik jari yang serba guna. Bisa Swipe kiri, swipe kanan, tahan sebentar, tahan lama.
  • Geser ke pojok kiri atau kanan untuk mengecilkan layar (mode satu tangan).
  • Glance Screen ala Motorola. Moto Display sebutannya. Ini super menarik. Praktiknya begini: Dalam keadaan layar padam, sentuh saja handphone itu maka ia akan menampilkan notifikasi bulat yang berisi waktu, daya baterai, dan tanggal. Di bawahnya ada ikon aplikasi yang memiliki notifikasi. Asiknya, bila ikon itu kita sentuh, maka ia akan menampilkan isi lebih lengkap. Bila itu dari Whatsapp, maka akan menampilkan pesan sekaligus membalasnya langsung!

motorola moto g5s plus ds-05

***

Meski pengalaman unboxing kali ini mengecewakan, tapi Motorola G5s Plus ternyata menyenangkan. Secara umum ia lebih enak digunakan daripada Xiaomi Mi A1. Hanya saja, memang minus ROM yang ‘sekadar’ 32GB, absennya Lampu LED Notifikasi, sensor magnetik, dan IR Blaster.

Tapi ia punya NFC (meski saya belum menggunakan).

Ini belum selesai ya. Saya baru menggunakan Motorola G5s Plus selama 5 hari. Satu fitur yang masih saya pantau: Turbo Charging. Itulah fitur yang membuat saya memilih Motorola G5s Plus.

Sesuai harapan-kah, atau malah mengecewakan?

***

Spesifikasi Motorola Moto G5s Plus (Harga Pre-Order Rp 2.999.000)

 

 

 

One thought on “Isi di dalam Kotak Motorola Moto G5s Plus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.