Jaket Respiro Free Flow R1.3 … Benarkah Anti Angin dan Air?

AKHIRNYA saya bertemu dengan hujan. Selama perjalanan pulang 3 hari ke belakang, hujan memang selalu turun. Cuma, seperti tahu saya sedang menuju rumah, hujan itu enggan membasahi saya.

He …

Sore kemarin lain, hujan sepertinya mulai mengenali saya yang telah mengenakan jaket baru. Ehm …

***

Saya tidak pernah memiliki ekspektasi tinggi terhadap jaket anti air. Karena jas hujan sekalipun akan basah jika terus menerus dihujani dalam waktu yang lama. Cuma menunggu waktu saja sampai dia basah. Apalagi ada jahitan, air bisa merembes masuk. Yang anti air betul-betul… pasti panasnya ampun-ampun.

Mungkin saya salah… Mungkin ada yang berpengalaman hujan-hujanan dari Depok-Kemayoran atau jarak yang lebih jauh, deras-deras ,perjalanan 1.5 jam, dengan motor. Tanpa kebasahan, kering sama sekali?

Pake mobil dong makanye !!

Berdasar pengalaman itu, saya tidak ber-ekspektasi tinggi terhadap jaket respiro free flow R1.3. Kalau hujan, ya… pakai jas hujan. Beres. Ekspektasi saya, agar jaket itu anti angin dan tidak gerah. Itu saja. Tersampaikan kah?

Ya … dan tidak.

***

Dipakai Pagi, Siang, Malam Tanpa Hujan

Saya baru mengenakan jaket itu selama 4 hari. Rute pagi Depok-Kemayoran. Rute siang Kemayoran-Ciledug. Malamnya Kemayoran-Depok, atau Ciledug-Depok. Paginya antara jam 6 sampai jam 8. Siangnya antara jam 2 sampai jam 4. Malamnya jam 5 sampai jam 8. Bagaimana rasanya?

Untuk pagi dan siang rasanya sama. Adem saat berjalan, mulai gerah bila berhenti lama. Ademnya dari pori-pori di sekujur tangan dan pinggang. Apalagi kalau pakai lengan pendek. Udah deh, nyess …. Tapi, hebatnya angin tidak serta merta masuk. Ehmm… kalau pakai jaket biasa kan, kadang angin masuk dari lubang tangan …wuss…. bukan, bukan begitu rasanya. Anginnya sudah tersaring, membuat nyaman setelah macet-macetan.

Sampai di kantor atau tempat tujuan, kadang punggung basah. Sedikit. Tidak seperti saat saya mengenakan jaket berbahan katun dual layer yang ditambah dengan protektor dada. Itu juga yang membuat saya berpikir … Aahh.. lain kali cari jaket yang ada exhaust nya di punggung. Biar lebih nyess … hehe.

Anti anginnya berfungsi. Saya tidak merasa sesak meski kecepatan 80 km/ jam sekalipun. Rasanya berbeda dengan jaket saya sebelumnya, yang harus ditambah protektor agar tidak sesak.

Bila Hujan Datang

Nah … ini yang seru. Kemarin motoris-motoris mulai menepi ketika di pasar minggu. Merasakan hawa dingin, dan angin sepoi-sepoi pertanda hujan. Mereka tidak mau ambil resiko. Menepi, buka jok, pasang jas hujan. Biasanya saya juga begitu. Kali ini tidak. Saya membiarkan jaket baru merasakan air hujan itu. Benar saja, air mulai turun setelah terowongan pasar minggu. Cukup deras.

Saya jalan terus. Air mulai terasa membasahi lengan bagian bawah. Celana jangan ditanya, jibrug kang! Sampai di Shell Margonda, saya menepi, mengisi bensin. Sambil melihat jaket. Air menggenang di lengan bagian atas. Juga dada.

Sampai di rumah, saya buka jaket. Dan … luar biasa! Bagian depan kering ! Basah terdeteksi sedikit di bagian dada kiri, lengan bawah, dan baju bawah. Selebihnya kering. Air masuk melalui pori-pori jaket. Kalau hujan lebih lama dan lebih deras, pasti basah sudah merembet ke mana-mana.

***

Jadi? Ini yang saya rasakan … Jaket Respiro Free Flow R1.3 Nyaman dipakai harian, apalagi kalau ada exhaust di punggung. Bila hujan datang, amannya tetap memakai jas hujan. Selain lebih hangat, basah juga dapat dihindari sepenuhnya. Tapi, kalau hujan tidak terlalu deras, jalan saja terus! Dingin-dingin sedikit nggak papa-kan, kang … hehe.

Sampai di shell margonda setelah (dan sedang) hujan dari pasar minggu.
Sampai di shell margonda setelah (dan sedang) hujan dari pasar minggu. Air tidak merembes.

 

Sampai di rumah, baju bagian depan kering. Basah di bagian bawah, lengan atas, dada kanan.
Sampai di rumah, baju bagian depan kering. Basah di bagian bawah, lengan atas, dada kanan.

Sekian dulu. Semoga bermanfaat.

Baca juga kesan pertama saya dengan jaket ini.

 

salam,

diki septerian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.