Kampas Rem Alternatif Untuk Suzuki Shooter

kampas rem alternatif suzuki shooter (2)

 

PUNYA motor langka memang kadang merepotkan. Suku cadang tidak mudah didapat. Apa-apa mengandalkan Bengkel Resmi (beres). Mau ganti kampas rem saja harus ke beres. Padahal, bila kampas rem sudah menunjukkan suara-suara gesekan atau bahkan lengkingan, maka tidak boleh dibiarkan. Ganti segera!

***

Apesnya, bila tidak ketemu dengan bengkel resmi. Bengkel-bengkel pinggir jalan harusnya bisa menjadi andalan. Memang begitu, mereka langsung sigap mengganti kampas rem, setelah kita menanyakan apa masalahnya. Setelah diganti, selesai? Belum … ketika dipakai tidak pas. Bunyi malah tambah parah.

Loh kok bisa?

Sangat bisa, karena bengkel pinggir jalan tidak punya stok kampas rem khusus motor langka ini. Main pasang saja, cocok-cocokin sendiri. Kala itu kampas rem Honda Revo yang dipasang untuk menggantikan kampas rem Si Eda, Suzuki Shooter yang kian hari kian sulit saja ditemui.

Tapi, hari minggu kemarin ceritanya lain. Saya memberanikan diri untuk mengganti kampas rem di bengkel pinggir jalan. Saya katakan ke montirnya, kalau tidak ada pakai saja punya Blade. Dan benar, memang tidak ada stok, kemudian dipasangkanlah kampas rem cakram milik Honda Blade.

kampas rem alternatif suzuki shooter (1)

Hasilnya?

AMAN. Setidaknya selama tiga hari pergi-pulang Depok-Kemayoran tidak ada keluhan apapun. Tidak ada bunyi melengking, tidak juga suara gesekkan yang mengganggu. Pengereman juga seperti biasa. Empuk dan lembut. Memang belum terlalu pakem. Tapi memang begitu karakter rem suzuki shooter pada awal-awal saya gunakan dulu. Kian lama kian pakem.

Keuntungan lainnya adalah harga lebih murah. Saya hanya membayar Rp 45.000 sudah termasuk ongkos pasang. Bandingkan bila menggantinya di beres. Rp 60.000 untuk kampasnya saja. Biaya pasang, Rp 25.000. Total 85 ribu, hampir dua kalinya kang!

***

Terima kasih kepada Akang avegates yang telah memberikan informasi yang sangat berguna ini. Sebagai sesama penikmat barang langka (baca: Suzuki Shooter) memang kudu-nya kita saling tolong menolong yak!

Hehe, bagaimana dengan yang lain? Ada juga kah yang mencoba suku cadang alternatif. Shock breaker gitu? Jangan ragu untuk berbagi kang …

suzuki shooter_kanvas rem
Bila dibandingkan dengan milik Honda Revo (sebelah kiri).
Bila dibandingkan dengan milik Honda Revo (sebelah kiri).

salam,

diki septerian

12 thoughts on “Kampas Rem Alternatif Untuk Suzuki Shooter

  1. wihh, dibikin review khusus… mantap kang… ada cerita baru lagi tentang perjalanan saya sama si shooter ijo.. 2 minggu yang lalu kejadian kabel kilometer putus, seperti biasa nasib motor langka, datang ke bengkel pinggir jln gak ada yang punya kabelnya… akhirnya kasak kusuk tanya sana sini baca ini itu, ketemulah kalo kabel kilometer shooter sejenis sama skydrive,titan, atao next. untuk tromol depan belakang kolp sama shogun 110, smash.. nambah” referensi kang..yang belum nemu tuch rantai, bisa sepake sama apa.. hee..

    1. Nah.. ini, Infonya mantap banget. kayaknya si ijo sedang mengalami masa pergantian kulit ya… hehe

      kalau rantai dan gear ukurannya beda sama smash sih ya, shogun juga.

  2. kejadian baru banget tadi kang, shockbreaker ane bocor dan olinya rembes kluar. karena gak dapet referensi dan nanya ke bengkel pada bingung sama ni motor, saya coba ke toko maju di daerah pungkur bandung (sgala macem part original suzuki ada di toko ini). dan dar kaget dengan harga shock shooter spasang 500rb.. karena udah pusing bulak balik gak nemu, akhirnya mlipir lah ke toko variasi di daerah pungkur juga. kepincut sama kayaba zeto seharga 390rb karena merk kayaba udah familiar banget buat saya (sbagai perbandingan shock yss to up dengan ukuran yang sama harganya 370rb). akhirnya di tebus lah ni kayaba zeto ukuran 340mm (ori shooter kalo gak salah 310/320mm). beuh kang, mantep deh karakternya lbh keras dari ori shooter tapi bikin jadi lebih mantep di jalan (kalo bahasa sundanya gak krasa ajul ajulan) hee,,,. sekiap laporan saya sama suhu empunya satu” blog diskusi suzuki shooter..

    1. epart suzuki lagi error sih ya dari kemarin-kemarin.

      Wah… lebih seneng sama yang karakter keras begitu yak. Memang bener sih kang, shock breaker shooter buat belak-belok, miring agak rebah juga tetap anteng.

      saya juga pengen karakter itu tetep ada, tapi yang lebih soft. Kalau ada kesempatan deh, saya cari-cari shock alternatif.

      sekali lagi, nuhun infonya yak kang 🙂

  3. Saya juga pakai shooter, pas ganti rantai sama ger depan blakang di kasih punya nya honda absolute revo dan ganti kampas rem depan di ganti punya e absolute revo juga dan alhamdulillah aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.