Komparasi Kecepatan Baca dan Tulis SD Card Sandisk

Tertulis Kecepatan baca 90Mb/s dan Tulis 40Mb/s

Pembuktian kebenaran tulisan kecepatan pada SD CARD Sandisk.

SAYA lagi iseng. Ingin membuktikan kebenaran dari informasi yang tersaji pada sebuah SD Card. Media penyimpanan yang lumrah dipakai oleh kamera itu ternyata banyak macamnya. Setiap brand memiliki versi tersendiri. Seperti Sandisk, ada yang OEM, Ultra, Extrem, Hingga Pro.

Saat membeli kamera saya mendapatkan SD Card gratis dengan kapasitas 8 GB. Cukup untuk menyimpan 200 lebih gambar yang diambil dari kamera itu. Saya gunakan, dan saya tidak puas. Karena kecepatan mengambil gambar dan melihat gambar yang telah diambil terasa lambat. Kamera saya memiliki resolusi 20 MP, dengan ukuran sensor 1 inchi, dan dapat mengambil gambar RAW (belum terolah, jadi besar gambar yang tersimpan sekitar 20MB juga, bukan pemampatan seperti pada JPEG).

Dengan spesifikasi seperti itu ternyata SD card OEM dari Sandisk yang setara dengan kelas 4 itu tidak mampu mengikuti. Saya kemudian mencari SD Card lain. Pilihan saya jatuh ke Sandisk Extreme dengan kecepatan baca hingga 80 MB/s. Entah berapa kecepatan tulisnya.

Saya gunakan, dan terasa lebih cepat dari Sandisk OEM itu. Meski saat mengambil gambar RAW masih terasa jedanya. Setelah satu tahun membersamai, SD Card itu coba saya cari temannya. Pilihan saya kali ini agak tinggi: SAMSUNG SD Card Pro dengan kapasitas 32 GB dan kecepatan tulis dan bacanya di kisaran 90 MB/s.

Namun, sayang di sayang… saat itu stoknya sedang habis. Akhirnya saya kembali membeli Sandisk Extreme dengan kapasitas 32 GB dan kecepatan baca 90 MB/s dan tulis 40 MB/s. Tidak ingin itu juga sebenarnya, lagi-lagi edisi Sandisk Extreme Pro sedang tidak ada stoknya.

Sandisk 8 gb vs 16 gb extreme vs 32 gb extreme-01

Ketika saya gunakan dengan kamera yang sama. Rasanya tidak ada perbedaan nyata antara Sandisk Extreme 16 GB 60 MB/s dan Sandisk Extreme 32 GB 90 MB/s itu. Mengapa bisa begitu? Saya coba mengeceknya dengan salah satu alat untuk mengukur kecepatan memori penyimpanan.

Ternyata memang tidak ada berbeda sama sekali. Bahkan Sandisk Extreme 16 GB memiliki kecepatan tulis yang sedikit lebih cepat dari versi terbarunya itu. Tidak seperti klaim pada tulisan kartu yang menyatakan kecepatan dapat dicapai hingga 90 MB/s untuk baca dan 40 MB/s untuk tulisnya. Sedangkan untuk versi OEM jelas sekali perbedaan kecepatan tulis yang hanya di kisaran 6 MB/s.

Sebelum membeli SD Card saya juga sempat mampir ke laman Sandisk, seperti ini keterangannya.

Komparasi Sandisk SD Card Extreme Series
Sandisk SD Card Extreme Series

Untuk versi Pronya seperti berikut:

Komparasi Sandisk SD Card Extreme Pro Series
Komparasi Sandisk SD Card Extreme Pro Series

***

Kecepatan Baca VS Kecepatan Tulis

Bila kita lihat tabel perbandingan SD Card Sandisk antara Extreme Series dengan Extreme Pro Series maka akan terlihat kesamaan pada kecepatan baca. Tapi sangat berbeda dengan kecepatan tulisnya. Pabrikan sangat menyenangi bagian ini. Biasanya mereka lebih menonjolkan kemampuan baca daripada kemampuan tulis sebuah media penyimpanan. Padahal aplikasi keduanya berbeda. Baca untuk perpindahan/transfer data, sedangkan tulis untuk proses data. Dan … untuk mengambil gambar, kecepatan tulislah yang berpengaruh. Bukan baca.

Makanya kita akan menemukan perbedaan harga yang nyata antara versi-versi tersebut. Karena target pasarnya juga berbeda. Sandisk saja membagi hingga beberapa segmen: OEM, Ultra, Ultra plus, Extreme, Extreme Pro. Dengan yang tertinggi Extreme Pro UHS kelas 2 dengan kecepatan baca hingga 275 MB/s dan tulis mencapai 100 MB/s.

Apakah saya merasa dibohongi?

Dengan kecepatan baca dan tulis yang saya dapatkan tidak seperti apa yang tertera pada keterangan, jawabnya … Ya, sedikit. Tapi memang saya tidak pernah berharap lebih dari SD card yang memang peruntukkannya untuk kelas di bawah profesional itu.

Uji kecepatan yang saya lakukan itu juga bisa jadi salah. Atau berbeda dengan orang lain yang melakukan tes yang sama. Karena, berbeda perangkat keras juga perangkat lunaknya. Banyak variable lain tentunya. Untuk menguji kecepatan SD Card itu saya menggunakan perangkat keras ASUS K401LB dengan spesifikasi seperti ini dan perangkat lunak Crystal Disk Mark versi 5.1.2.

Jadi?

Inginnya memang kita memiliki barang-barang yang terbaik. Terbaik bukan berarti termahal. Terbaik dapat berarti cocok, klop dengan apa yang kita inginkan. Sesuai budget juga tentunya. Untungnya, pabrikan mengerti itu, jadinya kita memiliki pilihan. Untuk urusan SD Card (ataupun micro sd yang dipasangkan ke Smartphone) usahakan untuk selalu mencari tahu berapa kecepatan tulisnya. Dan carilah yang terbaik antara harga dan performa-nya.

Itu. (Sambil mengikuti gaya salah seorang motivator terkenal) :).

***

catatan terbaru (14 Desember 2017): kecepatan transfer (read/write) sangat dipengaruhi oleh Card Reader Asus K401LB yang hanya mampu mentransfer maksimal 30MB/s.

 

Salam,

diki septerian

 

2 thoughts on “Komparasi Kecepatan Baca dan Tulis SD Card Sandisk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.