Komparasi Motor Bebek Injeksi Entry Level Suzuki, Yamaha, dan Honda …. Mangga di Intip Kang !

Akang-akang sekalian lagi cari-cari tunggangan baru? Buat yang suka motor bebek, tahun ini pilihannya udah banyak loh. Eh, bukannya tahun-tahun sebelumnya juga banyak? Ada Giring yang pake Revo, Slank yang unggulin Vega, dan Sule yang banggain Titan.

Betul kang, tahun-tahun sebelumnya segmen bebek entry level emang udah rame banget. Tapi sistem pengabutan mesinnya masih pake karburator semua. Nah, tahun ini semua bebek dari pabrikan besar sudah di-injeksikan. Biar lebih irit dan ramah lingkungan katanya …

 

Dilihat dari gambar, ganteng-ganteng semua kan kang? Jujur saya sempet galau. Bingung milih tunggangan pengganti si EMY (motor yang udah 5 tahun menemani aktivitas saya). Suzuki Shooter Powernya yahud banget, Yamaha Force Sporty dan tarikannya dahsyat, sedangkan si Revi (eh Revo Fi), guanteng poolll !!!.

Karena ingin segera mengakhiri masa galau, saya pun bertindak. Cari info sana-sini, sampe datengin ke dealer masing-masing. Untuk Yamaha Force dan New Revo Fi kang Iwanbanaran udah ngasih ulasannya akang bisa cek di sini dan di sini. Sayang kang iwan nggak ikut ngetes suzuki shooter, padahal udah dipantengin. (eh atau emang ada tapi kelewat ya ^^). Untuk Suzuki Shooter bisa baca ulasannya otomotif.net di sini. Terus sayabanding-bandingin spek dari official web masing-masing pabrikan. Ringkasanya bisa akang lihat di bawah.

Suzuki Shooter 115 Fi

Saya udah samperin dealer masing-masing (daerah depok). Suzuki Shooter yang brojol duluan ternyata lebih susah dicari. Dealer males nyetok gara-gara jarang yang cari katanya. Ada juga hanya satu unit. Biar begitu, yang mantep diskonnya sadis !!!. Kalo akang ambil cash diskon 1 juta, kalau cicil 2 juta !!! Misal DP Rp 2.750.000 bearti cukup dengan Rp. 750.000 kangmas udah bisa bawa pulang tuh motor. Cicilannya pun bersahabat.

 

Saya cobain dah nyemplak di motor itu. Ergonominya enak, walau kaki rada jinjit. Desain speedometernya, imho, juga realtif lebih fresh daripada Smash Titan ataupun Shogun Axelo. Desain buntutnya meruncing kayak sang legenda, Satria. Overall Menurut saya sih desainnya oke, sporty tapi tetep elegan.

 

Yamaha Force

Lain dengan Force, motor ini udah banyak tersedia di dealer-dealer yamaha.  Saya pun coba naikin salah satunya. Ergonominya enak juga, stangnya rada patah ke dalem. Buat nyelip-nyelip di kemacetan bakalan lincah banget jadinya. Force ini cuma 1 tipe, harga pun berasaing dengan shooternya suzuki. Cuma, diskon kalah jauh kang ! Kalo cicil 300 ribu doangan, sedangkan cash mba salesnya enggan menjawab.

Honda New Revo Fi

Nah, ini yang bikin saya galau. Desainnya ciamik banget. Tajam, ramping, elegan. Nggak kayak revo karbu yang rada ndut. Cuma, saya nggak pergi ke dealer honda, rasanya udah cukup baca test ride dari mas iwan yang bilang ergonomi duduknya sama plek dengan revo generasi karbu. Soale, saya pernah pake Revo karbu, jadi udah nggak penasaran lagi.

Kalau menurut akang sekalian bagaimana? Shooter, Force, atau Revo Fi ?

Segitu dulu kang. Semoga bermanfaat.

Baca juga Konsumsi BBM suzuki Shooter dan Review Suzuki shooter setelah 20.000 km lebih.

 

Salam.

Diki Septerian

***

Tabel Komparasi Motor Bebek Injeksi Entry Level

Satuan

Suzuki Shooter SR

Yamaha Force

Honda Revo Fi

Jenis Mesin

4 tak, 1 silinder, pendingin udara

4 tak, 1 silinder, pendingin udara

4 tak, 1 silinder, pendingin udara

Diameter Piston

mm

51,0

50,0

50

Langkah Piston

mm

55,4

57,9

55,6

Isi Cilinder

cc

113

114

109,7

Daya maksimum

Ps/rpm

9,3 / 8000

8,72 / 7500

8,91 / 7500

Torsi Maksimum

Nm/rpm

9,1 / 6000

9,53 / 5500

Transmisi

4 kecepatan rotasi

4 kecepatan non rotasi

4 kecepatan rotasi

Berat

94 kg

93 kg

97,5

Kapasitas bensin

L

3,7

3,9

4,0

Klaim Konsumsi BBM

km/L

52

62,2

Harga

Rp

13.250.000

13.300.000

13.825.000

0 thoughts on “Komparasi Motor Bebek Injeksi Entry Level Suzuki, Yamaha, dan Honda …. Mangga di Intip Kang !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.