Konsumsi BBM Suzuki Shooter Setelah 40.000 KM

suzuki shooter setelah 40 ribu km-01

Jantung baru untuk EDA tercinta.

Setelah mengalami operasi di kilometer 39.000, kini EDA kembali menemani hari-hari saya. Di kala umurnya masih 20.000 kilo, ia mampu menempuh 55-62 km sekali minum. Bagaimana sekarang? Ia memang semakin renta, tapi …

Ada jantung baru yang siap menjadikannya seperti anak kemarin sore …

***

Saya melakukan beberapa uji. Metodenya tetap sama. Mencatat dan mengisi. Mencatat kilometer sebelum dan sesudah mengisi bbm. Kemudian mengisi tangkinya hingga hampir penuh. Hasil yang saya dapatkan? Berbeda-beda.

Paling jelek EDA hanya mampu berlari 46 km saja. Paling baik 57 km. Pernah juga 52 km. Semua itu dicoba dengan BBM Shell Super. Kondisi jalanan seringnya padat sangat. Rute yang dilewati adalah Depok-Kemayoran-Depok, dengan segala keruwetan dan kondisi cuacanya.

Mengapa bisa 46 km? Ban kempes biang keladinya. Setelah ban diganti dan diperhatikan kondisnya, hasilnya seperti tadi.

Bagaimana dengan kecepatannya? Sama sekali tidak saya tahan-tahan. Bila dapat menarik gas dalam-dalam, maka EDA saya biarkan melesat tangguh. Tidak lagi ada menahan gas dikisaran 40-60 km/jam.

Eco riding? Tidak ada indikatornya seperti BEAT baru itu kang!

Rasanya setelah 40.000 Kilometer

Tidak ada yang berubah. Suara knalpot masih berdebum rendah. Suara mesin halus seperti sedia kala. Tidak ada orkestra dari bodi. Lampu depan memang telah meredup, tapi kelistrikan masih sangat baik. Performa masih bisa diandalkan: diajak santai dan agak tidak santai juga masih ok. Suspensi, hmmm …. masih bisa diterima.

 

Lebih Perhatian

Memang harusnya saya lebih perhatian dari awal. Jalan jauh, tapi mengganti oli menunggu si EDA benar-benar kehausan. Kini saya jadi rajin mengecek kondisi oli. Kedepannya saya akan mengganti oli dan filter sekaligus setiap 1500 km atau minimal 1 bulan sekali. Atau 2 kali sebulan ya, seperti revo salah seorang depokers di sini.

Seperti tertulis pada buku manual. Kondisi oli harusnya berada ditengah-tengah batas awah dan bawah stik itu.
Seperti tertulis pada buku manual. Kondisi oli harusnya berada ditengah-tengah batas atas dan bawah stik itu. Yang penting masih berada di daerah xxx.

 

Filter oli sekalian diganti saat mengganti oli. Dulu setelah 3 kali ganti oli baru diganti.
Filter oli sekalian diganti saat mengganti oli. Dulu setelah 3 kali ganti oli baru diganti. Kapasitas oli Suzuki Shooter hanya 650 ml, bila filter diganti disarankan memenuhi hingga 800 ml.

Bagaimana dengan akang-akang sekalian? Pernah coba menghitung konsumsi BBM masing-masing kendaraan setelah dipakai hingga 40 ribu km atau lebih?

 

salam,

diki septerian

 

 

 

 

 

 

 

20 thoughts on “Konsumsi BBM Suzuki Shooter Setelah 40.000 KM

  1. Suzuki thunder n smash n hayate saya. Blok masihh mulus.. gantinoli jgn pke ago.. oli sgo encer. Liat aj pas ganti oli.. apa bnyk oli yg berkurang..

    Sya pke oli prima xp. Awet smpe sekarang

  2. Gan diki, shooter saat di bawa melaju 80kmph apakah bergetar? Soalnya jupiter z terasa bgt getarannya. Apalagi supra 100cc, baru 50kmph udah getar banget

  3. Kang Dennis,

    Bergetar, kalo ganti gigi-nya nggak pas. Suzuki rada beda karakternya. Jadi, pastiin rpm optimal baru ganti.. Nah, kalo dapet … Lancar jaya, anteng.

    Setuju sama supra 100cc … Pernah punya juga soalnya. Hehe

    1. Gan diki, minta sarannya, untuk pemakaian harian, perjalanan 20km x4 (2x bolak balik)
      Mau cari yg enak di kendarai, dalam artian tidak seperti supra yg vibratornya terasa banget, atau jupiter yg vibra nya terasa di 80km/h
      Pengennya beli second hand, tapi bingung antara shooter ato shogun yg type FL (karena ada engine balancernya)

  4. Sudah ada hayate di rmh gan, jadi gak mau nambah matic lagi, ini hayate lumayan boros, 33kmpl dapetnya, tapi enak dipake, sudah 50,000 km sih, blm service besar, hehehe
    Pengennya beli yg transmisi kang diki, cuma test unit nya blm ada, jadi ga tau mesti pilih shooter atau shogun FL

  5. kalo shogun fl mesti mirip hayate.. anteng dan boros. Hehe. Shooter iritnya nggak nahan …

    Coba aja ke dealer kang, pasti ada tuh barang buat di coba2. Ane juga begitu pas mau nyoba address.

    Oh iya, shooter udah ganti nama jadi smash fi ya sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.