Sekarang Rp2 Jutaan, Ini Pengalaman Saya Menggunakan Lenovo ThinkPad X230 di Tahun 2020

Di luar sana banyak laptop yang lebih tipis. Lebih ramping, lebih ringan, lebih kencang, namun adakah yang seperti Lenovo ThinkPad X230?

Harga Lenovo ThinkPad X230 sekarang Rp2 jutaan. Dengan konfigurasi CPU Intel Core i5 Ivy Bridge (Gen 3), RAM 4GB dan HDD 320GB. Sedangkan yang ditangan saya ini RAM-nya 8GB, hanya tambah Rp400 ribuan saja.

Awalnya saya ragu membelinya, karena harganya mendekati Lenovo ThinkPad X240. Namun ternyata, Lenovo ThinkPad X230 mempunyai beberapa kelebihan dibanding ThinkPad X240 atau bahkan X250 sekalipun.

lenovo thinkpad x230 diki septerian

Bodi Lenovo ThinkPad X230

Kelebihan pertama datang dari konstruksi bodi. Bodi kuat dan engsel kokoh sudah menjadi jati diri ThinkPad. Sasis dari magnesium dan cover dari plastik berserat kaca  (Glass Fiber Reinforced Plastic) sudah jadi langganan. Dengan bahan seperti itu beratnya hanya 1,35 kg. Ditambah lagi ThinkPad X230 ini bodinya masih 3 lapis. Atas, tengah dan bawah.

lenovo thinkpad x230 back cover

Mau ganti keyboard? Gampang, buka saja dua baut di bawah, lalu copot. Mau ganti HDD? Buka saja slot bagian samping, tanpa perlu membuka seluruh cover belakang. Mau tambah SSD? Buka saja palm rest-nya, ada slot mSATA di sana. Mau tambah RAM? Buka saja pintu kecil di belakang itu. Mudah.

Dan jangan kaget, kalau di sana ada 2 slot! Ya 2 kang! ThinkPad X240, X250, dan seterusnya hanya memiliki 1 slot. Bagusnya lagi kapasitas maksimun RAM yang dapat dipasang adalah 16GB (up to 1600 MHz DDR3). Coba bandingkan dengan X240 yang hanya 8GB!

upgrade ssd thinkpad x230

Keyboard Lenovo ThinkPad X230

Kelebihan kedua ada pada keyboard. Keyboard laptop ThinkPad itu bikin susah pindah kelain hati. Namun sejak menggunakan ThinkPad X250 saya tahu ada sesuatu yang kurang dari keyboard-nya itu: terlalu empuk. Tidak dengan ThinkPad X230. Keyboard-nya surga. Key travel-nya lebih jauh daripada X250. Tetap empuk saat ditekan tapi lebih firm.

Pengguna seri X220 atau T420 tidak perlu khawatir dengan pergantian gaya keyboard ini. Semua terasa lembut dan krispi.

keyboard thinkpad x230

Kelebihan lain yang melekat pada ThinkPad tentu spill resistant keyboard dan pentil merah di tengah itu. Saya memang bukan generasi trackpoint, tapi kadang menyenangkan juga memainkan yang merah-merah itu.

Masih ada lagi, keyboard Lenovo ThinkPad X230 ini punya beberapa tombol langsung: Mute, Volume Up & Down, Mic Mute, dan akses ke ThinkVantage.

Lubang port Lenovo ThinkPad X230

Meski ThinkPad X230 digolongkan sebagai Ultrabook, tapi ia sama sekali tidak pelit port. Ini yang menjadi kelebihan ketiga Laptop yang telah lulus uji militer itu.

usb vga smart card reader thinkpad

Lubang USB ada 3 (2x USB 3.0 dan 1x USB 2.0 Always ON), lubang VGA ada, Mini Display Port ada, Micro SD ada (kecepatan 90 MB/s), RJ-45 (LAN) ada, bahkan ia masih punya slot Express Card 54, yang katanya bisa dipasangkan dengan GPU Eksternal.

sd card reader, usb 2.0 thinkpad x230

Lampu Keyboard dan Indikator LED

Keyboard Lenovo ThinkPad X230 ada yang model backlit ada yang tidak. Tapi jangan khawatir, bila keyboard tidak bisa menyala, masih ada ThinkLight! Tekan tombol Fn+keyboard, maka lampu dari posisi webcam akan menyala.

Fungsinya sama dengan backlit pada keyboard untuk menerangi saat kondisi kurang cahaya. Jadi, buat akang yang terbiasa bekerja hingga larut malam, tenang saja si Boxy Sexy siap menemani.

thinklight lenovo

Lalu ada lampu indikator baterai. ThinkPad X240 atau X250 tidak memilikinya. Ada di bagian luar cover, dan memang seharusnya seperti itu. Lampu itu akan berkedip-kedip saat pengisian daya. Dan berhenti berkedip ketika kapasitas penuh. Saat kapasitas baterai kurang dari 20% berwarna oranye.

Di tambah ada lambang bulan sabit, itu maksudnya sebagai penanda bila laptop sedang dalam mode sleep. Indikator wireless dan harddisk juga ada di bagian bawah layar.

indikator baterai laptop

Masih ada juga LED lainnya. Misal akang sedang meeting online, maka tombol mic coret di sisi atas kiri keyboard sangat berguna. Bila lampu merahnya menyala, tandanya sedang senyap, aman tidak akan ada suara yang masuk.

tombol volume, mic thinkpad x230

Audio Lenovo ThinkPad X230

Dolby Advanced Audio 2.0. Begitu saja laman spesifikasi resmi Lenovo mengabarkan. Terjemahan dari saya: Loud Speaker jangan diharapkan. Nyaring sih, ada dua sih, tapi kering banget. Bass-nya nyaris tak terdengar. Sedih? Jangan dulu. Karena coba colokkan earphone/ headphone yang akang punya di lubang combo 3.5mm di sisi kanan (kirinya laptop) itu…

berat lenovo thinkpad x230

Sudah? Sudah? Ya, seperti pada ThinkPad seri lainnya, audio ThinkPad X230 ini tidak mengecewakan, bagus kalau boleh dibilang. Dia bertenaga, detil, luas, dan dalam. Separasi instrumen bisa kita rasakan. Bass yang nyaris tak terdengar tadi tiba-tiba berdentum bulat di telinga. Tidak beleber, tetap rapi. Seru!

Baterai Lenovo ThinkPad X230

Bagaimana dengan baterai laptop yang beratnya hanya 1,35 kg ini? Kabar baik, saya mendapatkan yang 9 cell. Kapasitas tertinggi, yang ada tonjolan dibelakangnya itu. Bagusnya baterai itu dapat di copot pasang, tidak seperti kebanyakan laptop baru yang tertanam di dalam.

Jadi, bila akang ingin punya baterai cadangan tidak masalah. Beli saja yang kapasitas 6 cell atau bahkan yang rata bodi 4 cell.

baterai lenovo thinkpad x230

Lalu bagaimana dengan daya tahannya?

Masih bagus kang, saya gunakan untuk kerja seharian (jam 07.00-17.00) dari kondisi 94% masih bersisa 20%. Berapa jam tuh? Bisa dapat 5 jam lebih sudah bonus menurut saya.

Catatanya begini: kecerahan layar mungkin 30-40%, mode baterai better performance. Kebanyakan yang saya kerjakan: Browsing (via chrome), berbalas email, konek ke server kantor, dan beberapa MS. Office. Tambahan lain spotify kadang berputar, kadang juga lihat YouTube.

baterai thinkpad x220 x230

Catatan lainnya, catu daya—charger—yang saya dapatkan adalah model 65W, atau 20V 3.25A, bukan yang 45W. Mau yang lebih cepat? Tersedia charger yang 90W. Wow nggak tuh kang!

charger lenovo thinkpad

charger bulat laptop

Display 12,5 Inci HD (1366×768) TN

Boleh jadi, display yang jadi kekurangan Lenovo ThinkPad X230. Karena display 12,5 inci ThinkPad X230 ini berteknologi TN dan sebatas HD. Tidak ada yang Full HD. Adakah yang IPS? Ada, tapi resolusi tetap saja HD.

webcam lenovo

Bagaimana dengan sebaran warnanya? Tingkat kecerahannya, kontrasnya, sudut pandangnya?

Karena ini panel TN, kira-kira hanya sekitar 40-60% warna sRGB yang tercakup. Sedangkan tingkat kecerahannya baik, bahkan sedikit lebih terang daripada X250. Dari situs resmi saya mendapati tingkat kecerahan 200nit.

Untuk dipakai diluar ruangan, layar Matte-nya ini sungguh sangat membantu. Matte asli, bukan sekadar lapisan pelindung layar lho kang. Dan warnanya, hmmm sepertinya putihnya lebih putih daripada X250.

Sedangkan sudut pandangnya jangan terlalu diharapkan. TN is TN, kang. Huhu.

Software

Lenovo ThinkPad X230 asilnya dipaketkan dengan Windows 7 Ultimate. Kita bisa melihat kode registrasi asli di tempat baterai. Jadi aman bila misalnya kita ingin melakukan install ulang. Lalu, windows 7 kan sudah lewat masanya, ThinkPad X230 aman tidak dipakai ke Windows 10?

Aman saja kang. Driver masih tersedia hingga sekarang. Tidak ada peringatan sama sekali pada device manager.

Ada sih 1, saat laptop ini baru saya terima. Kaitannya dengan Radio, tapi itu dengan cepat saya temukan driver-nya. Lancar saja hingga sekarang.

Performa, panas dan tingkat kebisingan

Ini yang ditunggu-tunggu, bukan? Apakah laptop tua ini lemot, seperti yang ditanyakan teman saya? Apakah ThinkPad X230 ini sanggup memainkan game berat? Sanggup buat editing video? Buat CAD dan sejenisnya?

CPU yang tersolder pada motherboard Lenovo ThinkPad X230 ini hanya sebatas Intel Core-i5 3320M. Namun di situ juga menariknya. Karena, CPU ini memiliki TDP 35W tidak seperti X240, X250 yang hanya 15W. Bahkan clock speed-nya juga lebih tinggi, dari 2,6 GHz hingga 3,3 GHz.

intel core i5 3320m

Lalu apakah ini artinya RAW Power dari Intel Ivy Bridge lebih baik daripada Haswell-U dan Broadwell-U?

Itu juga yang ingin saya ketahui. Singkatnya sih Intel Core i5 generasi ke-3 ini aman-aman saja bila hanya digunakan untuk web browsing, nonton video Full HD, dan pekerjaan office sederhana.

Sedangakan untuk editing video? Proses rendering video Full HD berdurasi 2:28 menit memakan waktu hampir 6 menit.

Untuk performa gaming Intel HD 4000 silakan cek di sini ya.

Apakah laptop ini cepet panas dan berisik? Sayang sekali… jawabannya tidak kang! Jarang sekali saya menemukan saat-saat dia throttling. Selama penggunaan dia tetap hening dan dingin. Good job Legend!

Touchpad

Touchpad Lenovo ThinkPad X230 itu sempit dan bertekstur. Mereka yang belum pernah lihat ThinkPad bakalan bingung, mengapa tombol klik kanan kiri ada di atas, kan jadi memakan tempat. Tapi buat yang terbiasa melihat Legacy ThinkPad ya… tetap saja sempit. Hehe.

Touchpad berukuran (sekitar) 8 x 4 cm itu yang saya rasa menjadi kelemahan terbesar Lenovo ThinkPad X230. Mau diapakan juga ya tetap terasa sempit. Namun apakah touchpad dari Synaptics itu jelek? Tidak presisi? Dan lambat responnya? Ya nggak begitu kang. Bahkan driver terbaru Synaptics Touchpad itu baru dirilis bulan Maret 2020 kemarin!

touchpad lenovo thinkpad x230

Bagusnya lagi smart gesture tetap bisa digunakan (scroll dengan 2 jari, zoom-in zoom-out), walau saya belum bisa menggunakan gesture 3 jari seperti layaknya pada precision touchpad Windows 10.

Kekurangan lainnya

Unit yang saya terima tidak memiliki bluetooth. Walau sudah saya note penjualnya, tetap dikirimkan yang tanpa bluetooth. Ya… saya masih bisa terima karena kondisi keseluruhan Lenovo X230 ini sangat baik. Mulus, nyaris seperti baru.

back cover thinkpad

Beberapa unit mungkin ada yang tidak memiliki Webcam. Fitur yang saat ini rasanya diperlukan lagi. Buat ZOOM, Google MEET, Microsoft TEAMS, atau aplikasi meeting lainnya.

Beberapa unit juga mungkin memiliki layout keyboard yang tidak biasa. Ada yang spasi-nya kecil enter-nya besar (keyboard Jepang), atau ada juga yang model UK (tombol enter-nya besar).

Hal-hal begini yang perlu diperhatikan buat akang yang akan membeli laptop ini lewat loka pasar (market place).  

logo thinkpad

Lalu apakah palmrest terlalu kecil seperti pada X220?

Nah ini yang aneh. Saya tidak merasakannya. Apa bedanya ya, itu yang membuat saya bingung. Mungkin karena keyboard 7 baris pada ThinkPad X220 itu? Bisa jadi. Tapi yang jelas, mengetik lama-lama dengan X230 tetaplah menyenangkan, ditambah ada lekukan pada tepi palmrest itu yang membuat posisi telapak tangan semakin nyaman.

Kemudian kekurangan kecil tapi lumayan bikin deg-degan: rubber feet baterai sudah hilang. Dan penjual minta saya memaklumi. Karet di bawah laptop masih utuh 4 sebenarnya. Cuma karena baterai yang model 9 cell itu membuat laptop sedikit terangkat (ergonomis), jadi 2 karet laptop tadi tidak terpakai. Efeknya? Kalau di permukaan yang licin, laptop mudah bergeser.

rubber feet baterai

Itu saja sih.

Beli di mana?

Biasanya ada yang komentar begini, “link pembelian”. Tenang kang, silahkan klik tautan di bawah:

Laptop Lenovo ThinkPad X230 Intel Core i5 3320M, RAM 8GB (dengan konfigurasi RAM 2 x 4GB), dan HDD 320GB.

Oh iya ada satu lagi catatannya, Lenovo ThinkPad X230 dijual dengan berbagai macam konfigurasi. Bila akang mendapati RAM 4GB, pastikan lagi ke penjual itu konfigurasinya bagaimana (2x2GB atau 4x1GB).

model lubang charger thinkpad x230

Mengapa itu menjadi penting? Ya 4+8 tentu lebih baik dari 2+8, bukan? Maksudnya saat akan melakukan upgrade nanti, dan akang hanya ada uang untuk upgrade 1 keping RAM 8GB, maka akang sudah punya laptop intel Core i5 RAM 12GB yang harganya tidak sampai Rp3,5 juta!

TL;DR

Baiklah kang, saya harus mengucapkan terima kasih karena telah berkunjung dan mengikuti tulisan panjang ini hingga akhirnya. Ide awalnya sih sekadar “mencari rekomendasi laptop Rp2 jutaan”. Nah buat yang tidak suka membaca panjang-panjang, saya sudah menyiapkan rangkuman kelebihan dan kekurangan Lenovo ThinkPad X230.

windows di lenovo thinkpad

Kelebihan

  • Harga Rp2-3 jutaan
  • Bodi kokoh (magnesium + plastik berserat kaca)
  • Mudah di upgrade dan ganti part, tanpa perlu buka semua cover
  • Slot RAM ada 2
  • HDD model ultra bay (di samping)
  • Ada slot mSATA (untuk SSD atau WWAN)
  • Keyboard SURGA, ada lampunya lagi!
  • Port banyak (3x USB, VGA, SD Card, RJ45, Express Card, Combo audio)
  • Baterai dapat dilepas, dengan 3 pilihan kapasitas (4-9 cell)
  • Performa bisa diandalkan
  • Hening dan dingin
  • Wi-Fi sudah dual band(2,4 dan 5 GHz) lhoo!

Kekurangan

  • Profil bodi tebal (305 x 206 x 19-26 mm), hey ini selera sebenarnya !
  • DisplayTN HD (dan tidak ada pilihan IPS FHD)
  • Touchpad sempit dan keset
  • Ada yang tidak ada bluetooth/ webcam
  • Beredar juga keyboard model selain US (Jepang, UK)

 

 

 

 

 

Terima kasih dan Salam,

diki septerian

6 thoughts on “Sekarang Rp2 Jutaan, Ini Pengalaman Saya Menggunakan Lenovo ThinkPad X230 di Tahun 2020

  1. Siang, kang
    mau minta saran nih, kang
    Saya sudah 3 bulan ini pake x230, i5, ram 4, 320GB
    pengen upgrade:
    1. ram nya, lebih baik jadi 16 (8-8) atau 12 (4-8)?
    2. ssd, lebih baik ganti HDD ke ssd, atau pasang ssd di msata -nya? atau seperti apa?
    nuhun, kang

    1. Kang Fathoni,
      1. RAM yang ada sekarang 1×4? Kalau iya coba aja dulu 4+8 GB.
      2. SSD mSATA oke2 aja kang. Keuntungannya bisa dual drive, nggak repot cabut-pasang hdd eksternal. Cuma, pilihannya sedikit. Nggak sebanyak SSD SATA 2,5 inci.

      1. Siyap, kang
        Jadi,
        1. Ga masalah aja ya Ram 4+8? Karena ada temen yg bilang bagusnya besar ramnya sama.
        2. Kayaknya lebih prefer di SATA
        ..
        Pertanyaan selanjutnya, kang.
        Kalau disuruh milih (terbatas budget) Baiknya upgrade ram dulu, atau ssd dulu? Buat dongkrak kerja laptopnya. Kejadian laptopku, buka xcel, word, pdf, chrome-browsing+youtube, arcmap, langsung ngelag -.-‘

  2. mau nanya kang, saya juga baru beli x230.. dari sellernya udah win 10.. tapi ketika dipake dan nyambung internet, terdeteksi win 10 bajakan.. nah saya pengen balikin ke win 7 pro sesuai yang tertulis dibalik baterai.. apakah tinggal instal ulang win 7 pro dan memasukan key dibalik baterai aja ya bisa dapet win 7 orinya kang?
    nuhun kang

Tinggalkan Balasan