Memasang Selang Mesin Cuci Otomatis

image

MALU sebenarnya membagi cerita ini. Saya baru tahu kalau ujung selang mesin cuci otomatis dapat dilepas! Padahal 2,5 tahun sudah mesin cuci bukaan atas itu  menemani saya dan keluarga.

Bayangkan! Betapa sibuknya saya…  Hehehe…

Ceritanya dimulai dari curhatan Mama-nya Fakih yang dibuat Bete dengan air yang bocor dari sambungan selang mesin cuci. “Dapat satu ember A!”, serunya bersemangat. “Padahal sudah diputar sana sini, masih saja bocor.” Tambahnya.

“Lah, bukan diputar, tapi digoyang agar level (sejajar antara keran dan selang) “, jawab saya. Ia masih pundung, tidak puas dengan jawaban yang saya berikan.

Entah sejak kapan keran dan selang mulai tidak akur. Selalu saja bocor. Kadang sedikit, seringnya banyak. Yang saya lakukan selama ini hanya mengencangkan baut lalu meratakan posisi selang dan keran itu. Tidak selalu berhasil, merepotkan sekali memang.

Sempat saya berpikir untuk mengganti lagi keran air. Tidak cocok mungkin. Tapi, ternyata …

Solusinya begitu mudah. Copot kepala selang, pasangkan langsung ke keran air!

Hasilnya? Aman kang! Jepitan kepala selang lebih kuat. Tidak mudah longgar bila selang diputar-putar, ataupun dicopot pasang. Ternyata fitur itu juga berguna bila kita ingin menambah panjang selang.

Ini yang saya lakukan:

1. Buka selang dari keran.

image

2. Tarik bagian bawah yang ada pengaitnya ke arah bawah (ke arah selang).

image

3. Bagian atas akan lepas sendiri.

image

4. Pasang selang yang telah dilepas ke keran air. Caranya sama dengan saat melepas bagian atas kepala. Tarik ke bawah, pasang, pastikan mentok, kemudian lepas hingga bunyi klik.

image

Begitu saja. Catatanya adalah keran yang saya gunakan berbentuk ulir. Tidak langsam. Berbahan logam bukan plastik. Uniknya selang mesin cuci benar-benar pas mengunci keran air itu.

Memang pasangannya kali ya… Haha.. dasar. Masa yang kayak beginian saja baru tahu!

Sekian dulu kang. Semoga bermanfaat.

Salam,
diki septerian

31 thoughts on “Memasang Selang Mesin Cuci Otomatis

  1. makasih mas infone sangat bermanfaat, aku sendiri kadang pusing kalo air kran netes terus diotak-atik tetep aja. Jadi ngerti rahasianya

  2. Klo posisi kran bwt mesin cuci nya hrus lebih tinggi dr mesin cuci nya ga ?? Kta yg kirim nya msti lbh tinggi..bnr ga ?? Sy blum cba soalnya kran nya 3/4 dr tinggi mesin cuci nya..

  3. Makasiiiiiiiih sangat membantu sekali. Padahal suami saya sudah menyerah gak bisa betulin. Alhamdulillah saya bisa betulin sendiri akhirnya.

  4. Cara memasang yg bagian bawah untuk pengahang tikus bagaimana ya? Disitu kan hatus di sekrup tapi lubang untuk skrupnya kok tidak ada ya? Terus gunanya plastik penyangga buat apa ya?

  5. Mas mau nanya fungsi dari plastik penyangga itu untuk apa ya? Terus cara masang bagian bawah yg untuk anti tikus bagaimana? Di petunjuk suruh kencangkan pakai sekrup tapi pas saya liat tidak ada lubangnya untuk memasang sekrupnya

  6. Kang, selang sudah saya pasang sesuai petunjuk di atas, tapi masih bocor dari bagian kepala besi nya. Yang di pisisi telunjuk gambar 3. Apa nyekrupnya kurang kenceng ya

  7. Waaaaaaaaaaaaaaaa……makasiiiihhh……
    Selama ini saya juga utak Atik itu baut selang tetep aja bocor.
    Saya sudah ngerti dari awal klo kepala bisa dicopot, tapi saya pikir itu memang satu kesatuan yg tidak bisa dipisahkan…
    Setelah baca postingan ini….dan pagi ini saya coba..taraaaaaa…..bisa dan gak ada air menetes sedikitpun…
    Makasih banyak….

  8. terima kasih info sangat jelas, ada lampiran gambar okey deh pokoknya,
    sebelumnya saya pernah baca artikel seperti ini tapi tanpa ada lampiran gambar jadi malah
    membuat binggung,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.