Memperbaiki Starter Elektrik Motor

Tanpa ganti aki, tanpa ganti switch, modal obeng doangan.

***

Bila elektrik starter kadang bisa kadang tidak untuk menghidupkan motor kesayangan, artinya perlu ada yang dicurigai. Curiga pertama, AKI. Jelas dong, kalau aki sudah loyo bagaimana mau memberi tenaga pada yang lain. Curiga kedua adalah switch-nya  (tombolnya) sudah tidak main lagi. Curiga berikutnya, hmm apa ya …

Bila masalah nya aki, biasanya ada gejala lain yang muncul. Suara starter ngos-ngosan, tertahan, ngeden, tapi tidak juga hidup itu motor. Klakson ikut-ikutan serek. Lampu redup, atau bahkan tidak menyala, buat motor injeksi malah kadang motor juga ikutan mogok.

Bila sudah begini, pilihannya cas aki atau ganti sekalian.

Bila masalah ada di tombolnya maka gejala-gejala tadi tidak muncul. Klakson nyaring, lampu terang, injeksi aman. Cuma, kok distarter tidak bisa. Itu yang EDA (Suzuki Shooter) alami belakangan ini. Dari dua bengkel yang saya temui solusinya sama: ganti tombol.

Cuma, ada satu bengkel yang nyeleneh. “Ini sih kotor aja”, katanya sambil menyemprotkan udara bertekanan tinggi ke celah tombol starter tadi. Setelah itu, Brruumm. Berhasil.

***

Sayangnya, dipakai beberapa hari, ngambek lagi. Kadang bisa kadang tidak. Akhirnya tidak bisa sama sekali. Saya tetap yakin masalahnya hanya kotor saja. Jadi, bongkar sajalah!.

Congkel perlahan dengan Obeng. Kemudian terlihat soket yang menyambungnya. Buka perlahan.

Setelah tombol terlepas dari soket, lalu buka tombol itu. Congkel juga pakai obeng yang sama.

Lalu lihat lempengan-lempengan yang ada. Gambar di atas setelah saya bersihkan (di kerok pakai obeng juga, harusnya pakai amplas kali ya). Sebelumnya memang terlihat kotoran menumpuk. Jadi listrik yang seharunya terhantarkan jadi tertahan.

Setelah itu, rapatkan, dan pasang kembali ke soket. Dan … Bruummm. Berhasil. Alhamdulillah.

***

Sekian dulu kang. Lumayan bisa hemat Rp 15.000-25.000. Barangkali ada yang mengalami masalah serupa? Punya solusi yang lebih mantap? Bagi dong … 🙂

 

salam,

diki septerian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.