Memperbaiki Mi Power Bank yang Kadang Mengisi Kadang Tidak

MI Powerbank 5200 mAh
MI Powerbank 5200 mAh

MI POWERBANK menjadi andalan saya jika baterai hp mulai sekarat. Harga yang murah, namun kualitas pengerjaan yang tidak murahan menjadi alasan mengapa saya memilihnya. Rasanya sudah lama sekali dia menemani saya. Sejak 2014 lalu. Hampir saja saya pensiunkan, karena dia mulai sakit-sakitan. Kadang bisa mengisi dan diisi, seringnya tidak. Akhirnya saya memberanikan diri untuk membedahnya.

***

diperbarui (25/02/16): saya menambahkan tanda pada gambar.

Cerita aslinya:

Membedah MI Powerbank 5200 mAh ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan. Modalnya obeng philip (kembang) ukuran #0 saja, juga obeng – untuk mengangkat tempelannya (lebih bagus pry tool yang terbuat dari plastik). Langkah awalnya adalah membuka penutup putih yang menempel pada sisi-sisi powerbank itu. Cara membukanya adalah dengan mencongkelnya saja. Bagian yang ada lampunya relatif mudah, ada celah yang dapat kita manfaatkan, yaitu lubang usb. Jangan ragu-ragu, tapi jangan juga terlalu kuat, pelan-pelan saja. Bagian itu hanya ditempel dengan lem seperti double tip. 

Buka stiker dari celah usb ini.
Buka stiker dari celah usb ini.
Bagian dalamnya seperti ini
Bagian dalamnya seperti ini

Kemudian sisi lainnya. Di sisi ini lebih sulit, karena tidak ada celah yang dapat kita manfaatkan. Bila mempunyai pry tools tentu akan lebih mudah (atau pick gitar juga bisa), dapat masuk ke celah yang sempit lalu mencongkelnya. Setelah dibuka, kita akan melihat ada 2 lubang. Nah, di sana bersemayam 2 baut yang menjaga komponen tetap pada tempatnya.

Membuka bagian ini yang sulit. Saya terpaksa melubangkannya. Maklum, pry tools belum punya ^^
Membuka bagian ini yang sulit. Saya terpaksa melubangkannya. Maklum, pry tools belum punya ^^

Setelah membuka baut, maka isi powerbank akan bisa kita keluarkan dengan mudah. Seperti gambar di bawah. Terdapat dua lubang di pojok kiri atas dan kanan bawah, itu adalah baut yang sudah saya buka.

Bagian dalam mi powerbank
Bagian dalam mi powerbank

Dengan hati-hati angkat komponen itu. Caranya adalah, melepas baut, kemudian mengangkat rangkaian dengan obeng – (Atau pry tools) dari sebelah kiri dan kanan. Setelah diangkat ketemu lah penyakitnya:

Salah satu kawat putus. Sambungkan kembali dengan cara menempelkannya di lempegan bawah dekat rangkaian.

Entah bagaimana kawat itu bisa patah, dugaan saya karena sering cabut-pasang kabel. Saya melakukan berbagai macam percobaan, hingga akhirnya yakin, hal itu yang menjadi penyebab mi powerbank saya kadang mengisi kadang tidak.

Lalu bagaimana cara menyambungkannya? Dengan solder? Nggak punya kang ! Pakai apa ya …

Akhirnya saya tempel dengan perekat luka
Akhirnya saya tempel dengan perekat luka

Ide untuk merekatkan dengan perekat luka datangnya dari teman saya. Dia bilang coba aja pakai itu, potong jadi kecil. Aahh… brilian ! Tanpa ribet, saya gunting perekat luka menjadi kecil, kemudian saya rekatkan baik-baik. Setelah itu saya mencoba mencolokkan kabel data kemudian mencabutnya kembali. Lampunya hidup dan berhasil mengisi hp saya dengan stabil.

Setelah yakin, saya memasangkan kembali baut pada rangkaian.
Setelah yakin, saya memasangkan kembali baut pada rangkaian.

Akhirnya saya pasangkan lagi baju besi mi powerbank, kemudia mulai menggunakannya kembali.

Mi powerbank yang sakit (rusak), sehat kembali.
Mi powerbank yang sakit (rusak), sehat kembali. Kabel pinjem punya Huawei.

 

Seberapa lama dia dapat bertahan? Semoga selama-lama-nya .. hehe. Sekian dulu kang, semoga bermanfaat

 

salam,

diki septerian

0 thoughts on “Memperbaiki Mi Power Bank yang Kadang Mengisi Kadang Tidak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.