Mencicipi Premium Dates

Bedanya kurma Khalas, Lulu, Madinah, Mesir, dan Tunisia.

***

Ahli cicip profesional punya kosa kata sendiri dalam menilai makanan. Mereka tidak sekadar mencicipi, mereka berpikir tentang makanan. Berbeda sekali dengan saya yang tidak sebegitunya terhadap makanan. Kosakata cuma dikisaran Ke- dan kurang saja.

Ke-asinan, ke-manisan, kurang garam, kurang gurih. Sudah begitu saja.

Tapi, kali ini saya mencoba makan sambil berpikir. Hidangannya? Kurma. Cemilan yang sebentar lagi kembali populer.

***

Ceritanya bermula dari istri saya yang bilang bahwa pesanan kurma-nya sudah sampai. Tidak tanggung-tanggung ada 6 jenis yang berbeda. Lulu, Khalas, Madinah, Mesir, dan Tunisia. Tunisia sendiri ada dua macamnya, yang ada tangkainya, dengan yang tidak.

Semua dari importir yang sama, dengan PREMIUMDATES sebagai brand-nya.

Lulu

Tampilannya paling imut dari yang lain. Bentuknya bulat, dengan warna mendekati hitam gelap. Teksturnya kering, daging buah tebal dan mudah terpisah dari biji saat dimakan. Manisnya sedang.

Khalas

Mirip Lulu, kecil. Hanya saja lebih lonjong dan warnanya tidak hitam gelap, melainkan coklat terang. Teksturnya kering, bahkan ada beberapa buah yang kulitnya hampir terkelupas. Tapi rasanya … beuuhh! Mantap kang. Manis kayak permen, ditambah tekstur daging yang tebal dan kenyal. Menurut saya, khalas ini sangat cocok buat dijadikan cemilan.

Madinah

Inilah kurma paling rata-rata. Tampilannya bulat lonjong. Warnanya coklat. Teksturnya kering, dagingnya juga begitu: tipis dan kering. Manisnya paling hambar diantara yang lain, mendekati tawar.

Mesir

Tampilannya mirip Madinah. Hanya saja Mesir lebih gemuk dan warnanya lebih gelap. Dagingnya tebal dan sedikit basah. Manisnya biasa saja.

Tunisia Madu (tanpa tangkai)

Tampilannya mungkin paling menarik dari jenis kurma lainnya. Lonjong, besar, berwarna coklat keemasan. Teksturnya kering, dagingnya kraus-kraus kalau dikunyah. Manisnya pas dilidah.

Tunisia Tangkai

Kurma favorit saya berikutnya. Mirip Tunisia madu, hanya saja ia lebih besar dan lebih basah. Dagingnya kraus-kraus juga kalau dikunyah. Cuma bedanya, ia terasa lebih basah. Juicy bahasa kekiniannya. Tunisia tangkai ini paling pas buat teman buka puasa.

***

Kira-kira begitu hasil pemikiran saya mengenai kurma premiumdates. Sederhana banget ya, hehe. Punten akang-akang sadayana, biasanya mengulas barang yang nggak bisa dikunyah sih. Beginilah jadinya 🙂

 

One thought on “Mencicipi Premium Dates

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.