Mencoba Huawei P8 Lite

image

HUAWEI memang belum menancapkan kukunya dalam-dalam di pasar smartphone Indonesia. Brand-nya masih kalah tenar dibanding Samsung, Apple, bahkan dengan saudaranya Oppo, yang begitu agresif memasarkan produknya lewat jalur apapun.

Tapi, 2015 lalu Huawei berhasil menempati posisi ke tiga sebagai vendor dengan penjualan smartphone terbanyak di dunia, hanya kalah dari Samsung dan Apple. Bahkan, Google mempercayakan Nexus-nya kepada raksasa telekomunikasi dari Cina ini.

Nexus 6P yang diluncurkan Oktober 2015 mendapat pujian dari sana sini. Sebelumnya Huawei juga meluncurkan P8, yang juga mendapat penilaian baik dari segi kualitas pengerjaan, kamera, desain dan juga display.

Saya tidak terlalu tertarik dengan itu semua. Utamanya karena harga. Saya berandai kalau saja ada hp Huawei  dengan desain semenarik P8 dengan harga yang lebih bersahabat.

Ternyata ada, dan sudah dapat dibeli di mana-mana, bahkan sekarang sedang promo potongan harga.

Dialah Huawei P8 Lite.

***

image

Spesifikasi Utama

Display 5″ IPS HD 720p | Chipset Kirin 620 1.2GHz delapan inti | Kamera 13MP & 5MP | Ram 2GB | Rom 16GB | Dual Sim* | Micro SD* | Jaringan 2g/3g/4g l NFC | Baterai 2200mAh |

***

Tulisan kali ini bukan review. Sekadar mencoba. Karena unit tidak boleh dibawa pulang tanpa membayar terlebih dahulu.

Jadi bagaimana kesan pertama terhadap versi murah dari P8 ini?

Tidak secantik dan seramping yang saya bayangkan! Huawei p8 lite tergolong fotogenik. Indah dilihat. Tidak begitu menarik ketika disentuh. Utamanya karena layar depannya yang terlalu boros tepi.

image

Tingkat kecerahan layar HD 720p yang berteknologi IPS ini juga tidak istimewa. Cenderung kelam, meski sudah diatur ke tingkat paling cerah sekalipun.

Apa gara-gara Oneplus X ya? Terbiasa dengan bodi ramping dan layar Amoled full HD membuat penilaian saya terhadap huawei p8 lite yang sebenarnya cantik dan ramping itu menjadi tidak lagi menarik.

image

image

Oneplus X yang dijual lebih mahal 1 juta ini tidak menang segala-galanya. Huawei P8 lite punya NFC, kamera belakangnya 13MP dengan f/2.0, ada slot Micro Sd khusus, jaringan 4G-nya juga bisa langsung dinikmati.

***
Bagaimana dengan performa? Ram 2GB, prosesor 8 inti harusnya cukup bila digunakan sebagai handphone harian.

Nyatanya? Lumayan. Perpindahan aplikasi terasa halus dan cepat. Meski masih bisa merasakan jeda. Untuk screenshot juga begitu. Tidak instan. Saya harus menahan tombol Power dan volume bawah secara bersamaan selama 2 detik, gambarnya tidak langsung tersimpan. Waktu jedanya membuat bertanya-tanya.

image

Bagaimana antarmuka software nya?
Huawei menyebut Android 5.0.1 sebagai EMUI 3.1. Tidak ada bau-bau material desain seperti Lollipop biasanya. Huawei menyisipkan unsur IOS ke dalam software ini. Bahkan bukan sekadar menyisipkan tapi memiripkan.

image
Tampilan muktitasking. Geser atas untuk menutup, Geser bawah untuk mengunci aplikasi.
image
Tampilan saat layar terkunci, Geser dari bawah ke atas menampilkan ini.
image
Tema dan lambang dapat diganti ganti

Berbagai gestur
image

image

Bila desain cantik huawei p8 lite nya tidak menarik saya, bagaimana dengan kameranya?

image

image

image

image

Berbagai mode pada kamera huawei p8 lite
image

image

image

image
Perfect selfie

Mode kamera tidak sebanyak kakaknya Huawei P8. Tidak ada manual, tidak ada Light painting dengan segala turunannya, tidak ada Optical Image Stabilization, juga sensor RGBW. Tapi, kamera huawei p8 lite dapat dibilang mumpuni.

Fokusnya cepat, bokehnya dapat, detailnya
juga lumayan meski kondisi kurang cahaya. Ditambah berbagai mode yang memudahkan, seperti menangkap senyum dan swafoto sempurna buat para narsiser.

Jadi?
Silahkan liat sendiri kang sebelum memutuskan. Huawei p8 lite dihargai 2,7 juta. Ada potongan 200rb, hingga total yang harus dibayar adalah 2,5 juta saja.

Saingannya?
Jelas Xiaomi mi4i harus disebut di sini. Dengan banderol harga yang sama, akang mendapatkan hp dengan layar full HD, desain yang kompak, baterai 3000mAh. Kameranya juga tidak kalah. Hanya saja.. Akang harus puas dengan memori 16GB yang tidak bisa ditambah dengan Micro sd.

***
image
image

image

image

***

*ada dua slot kartu pada huawei p8 lite. Ukuran nano dan mikro. Dua-duanya dapat digunakan
Sebagai kartu sim, atau juga sebagai Micro sd. Artinya tidak bisa dual sim tambah Micro sd sekaligus.

image

Salam,
diki septerian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.