Mencoba Magic Com Yong Ma YMC 211

Kotak Yong Ma YMC 211

Apa saja isi di dalam kotak dan bagaimana pengalaman saya menggunakan Magic Com Yong Ma YMC 211

Persis dua tahun lalu, saya membeli Magic Com Yong Ma Klasik. Ceritanya bisa Akang sekalian ikuti di sini. Alat penanak nasi itu masih ada, dan masih berfungsi dengan baik hingga sekarang. Inner Pot yang terbuat dari “Titanium” dilapis teflon itu masih sangat baik. Belum ada tanda-tanda mengelupas di bagian dalamnya. Hasil tanakan nasinya juga masih seperti sedia kala, tidak ada gejala nasi menjadi kering apalagi sampai basi.

Tidak seperti milik saya sebelumnya (Cosmos, entah seri apa) dan milik mertua saya Miyako (sama, entah seri apa).

Karena itu, ketika muncul keinginan untuk membeli Magic Com baru, yang diingat hanyalah Yong Ma. namun, kali ini begitu gencar iklan Magic Com Digital. Serba bisa katanya. Masak Nasi Goreng, masak kue, masak bubur, dll, jadi ikutan juga deh beli begituan.

Yong Ma YMC211

Jujur, saya sama sekali tidak tertarik dengan fitur serba bisa itu. Pesan saya kepada Mamahnya anak-anak sebelum membeli cuma ini: Inner Pot-nya apa? Kalau bisa yang keramik. Untuk fitur lain bonus saja, dan jangan sampai mengalahkan fungsi utama tadi.

Bahan keramik, yang ada dipikiran saya lebih aman dan sehat. Tidak ada lagi lapisan tambahan yang bisa-bisa ikut larut karena panas dan terlalu sering digunakan.

Itu saja. Meski, dalam spesifikasi Yong Ma YMC 211 hanya disebutkan Inner Pot, Panci bagian dalam itu berbahan Eco Ceramic. Ini yang abu-abu dan membuat ragu. Pasti ini bukan keramik seperti pembuat bubur Baby Safe  yang sehari-hari digunakan untuk membuat bubur bayi.

Kenyataanya begitu,

Memang bukan keramik semua, tapi inner pot ini khas-nya Yong Ma: Tebal dan Kokoh

Isi di dalam Kotak

Ulasan ini dibuat kira-kira setelah saya menggunakan Yong Ma YMC211 selama 1 minggu. Foto dan gambar diambil juga bukan pada hari kedatangan unit ini. Jadi beberapa bagian entah kemana, dan tidak disertakan.

Ditambah lagi kardus sudah menjadi surga mainnya bocah, duh lengkap sudah.

Isi di dalam kotak: Centong nasi dan sayur, buku garansi

Ada yang tidak ada pada gambar itu: Buku resep dan mangkuk (cup) untuk mengambil beras. Selebihnya isi di dalam dus Yong Ma YMC 211 begitu adanya. Tidak ada tambahan Multi Pot seperti pada seri Klasik nya.

Jadi, kita sudahi saja sampai di sini?

Membahas barang aneh begini harusnya menarik. Apalagi ada fitur yang bisa dicoba. Sayangnya, belum saya kuliti. Kali ini saya sekadar memberi gambaran penggunaannya.

Cara Menggunakan

Tidak ada yang sulit dan berbeda dari Magic Com Manual. Pasang kabel power, siapkan beras, masukkan inner pot, lalu pilih mau masak apa. Sesederhana itu. Bagusnya tipe digital begini ada ilustrasi, ada indikator proses pemasakan.

cara menggunakan yong ma ymc 211
grafik indikator yong ma ymc 211, garis-garis kotak itu akan berubah menjadi jam digital nantinya

Bagaimana untuk memasak Nasi Goreng, yang memang jadi corong jualan dari produk ini? Ya belum dicoba kang.

Kesimpulan Sementara

Buat saya, yang menjadi daya tarik dari Yong Ma YMC 211 adalah Inner Pot keramiknya. Tapi, sayangnya setelah digunakan, ternyata berbeda dari seri Klasik: Nasinya lengket, menempel.

Namun, kelebihan dan saya tarik bagi emak-emak jaman now itu memang bukan di sini sih. Tapi ada di potensi-nya untuk membuat ini itu. Tidak perlu punya banyak alat, tapi bisa masak macam-macam.

kelebihan yang lain adalah: desain. Lihat saja bentuknya! Lucu menggemaskan bukan. Huhuhu

desainnya cute banget kan, hehe

Yong Ma YMC 211 istri beli secara daring. Harganya Rp 500 ribu lebih sedikit. Harga sesuai dengan dus box, yang menyatakan harga sama dengan tipe manualnya. Garansi 1 tahun dan berlaku untuk di seluruh service center resmi. Di Depok sih katanya ada di Kartini, entah juga. Selama dua tahun belakangan belum pernah saya ke sana.

Alternatif Lain

Magic Com pilihan istri ini, ternyata masih menyisakan misteri, karena Tipe YMC 211 ada adik kakaknya: YMC 116 dan 801. Lalu apa bedanya? Sekilas amatan saya: YMC 116 tidak bisa untuk masak Nasi Goreng, YMC 801 bisa semua dan di tambah Inner Potnya sudah memiliki gagang.

Yang sudah mencoba, barangkali bisa membantu?

Hehe, sekian dulu kang. Silahkan dipilah-pilih, mau seri klasik yang simpel atau digital yang serba guna.

___

Spesifikasi Yong Ma YMC 211

  • Berat : 6 kg
  • Warna : Merah, Krem
  • Kapasitas : 2.0 L / 11 orang
  • Inner Pot : Eco Ceramic
  • Daya Konsumsi : 400 W
  • Garansi : Garansi Resmi Yong Ma 1 Tahun
  • Dapat digunakan memasak nasi, menghangatkan, dan mengukus
  • Kapasitas : 2 liter
  • Graph LED
  • Fungsi One Touch
  • Daya : 400 watt

*Update Artikel 09 November 2018

Saya menyatakan di kolom komentar kalau Yong Ma Digital ini tidak memiliki tempat untuk membuang air. Ternyata …

tutup yong ma digital tips yong ma digital bua=ka tutup yong ma digital

Tetap ada, Kang!

 

salam,

diki septerian

 

 

 

 

 

12 thoughts on “Mencoba Magic Com Yong Ma YMC 211

  1. Saya beli tipe 801, lengkap banget fungsinya tapi baru dipake masak nasi aja hehe

    semua mudah dan bagus, nasi pun tidak lengket

    uniknya, nasi lebih cepat kering setelah 18 jam dibanding dengan yg konvensional. memang baiknya nasi cuma boleh bertahan max 24 jam, tp kan lumayan yaa. semoga membantu dan share klo ada tips n trick tambahan yaa. makasih

  2. Mas, pas mode warm, kok di saya ada air gitu ya di bagian bawah tutupnya, jd pas dibuka ada air bekas uap menggenang gitu di ujung dekat tuas buka tutupnya.. lama2 jd takut airnya masuk ke bawah panci keramiknya.. apa ada yg salah yak sm produk saya atau emg semuanya begitu..

    1. Punya saya juga begitu. Ada air, kayaknya memang karena nggak ada wadah tempat buang airnya.

      Kan, yang klasik ada tabung bening kecil di luar. Yang ini nggak ada.

      Kira2 begitu.

      Mungkin ada yang punya jawaban lebih ilmiah?

      Hehe

  3. Kalo abis mati lampu gimana cara spy nasinya hangat lagi??? D situ cm ada pilihan cancel warm. Saya suka cb ke pemasakan cepat adakah cara lain???

  4. maaf mau berkomentar,
    saya tadi sudah nelfon service centernya mengenai mengapa nasi menjadi kering seperti itu.
    kata SS nya kalau porsi nasinya tinggal dikit seperti itu karena kan itu untuk masak 2L sehingga ketika untuk menghangatkan tapi kondisi nasi sedikit maka akan kering bawahnya. karena terlalu panas. cara mencegahnya kalau kondisi nasi dikit dimatikan saja nah kalau mau makan baru di hangatkan,
    semoga membantu

  5. sy baru beli magic com yong ma sekitar satu minggu lalu . pertama x coba masak setelah memasak nasi knpa banyak bgt air yg keluar pas kita membuka tutupnya. apa memang seperti itu atau gimna ya . (sampe2 barang sy return ke toko dan Alhamdulillah d ganti dengan yg baru) tetapi ttp aja sprt itu ,ttp airnya banyak yg keluar. dan knpa nasi jd cpt menguning ya .. .waktu pake magic com merek lain walaupun nasi ampe 2 hari ga terlalu kuning . ini baru smlm aja diemin cpt bgt kuningnya. apa ada yg punya pengalaman sprt sy. mohon solusinya

    1. Bu Riecke,

      Yong Ma Digital juga? Kalau iya, sama punya saya juga begitu. Amatan saya sih karena nggak ada tempat untuk membuang airnya. Lain dengan Yong Ma Klasik.

      Kalau nasi sampai kuning, saya sih nggak. Kering iya. Solusinya: Pas nasi sudah matang, buka tutup, aduk2, tutup lagi, terus matikan power-nya. Nanti nasi dingin, dong? Kalau mau makan lagi baru nyalakan dan pilih warm/hangatkan.

      Sekali lagi, yang digital ya. Kalau klasik aman, saya nggak pernah ada keluhan nasi kering, air banyak, dll.

  6. Kalau tipe ini juga bisa mengatur jam memasaknya ga ? Misalnya ingin nasi masak jam 6 pagi tapi ga harus bangun untuk masak subuh sbuh jadi di atur set jamnya gtu .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.