Microsoft Surface Pro 3: Kesan Pertama

Surface Pro 3, dipasangkan dengan Faro Free Style Scanner 3 Dimensi.
Surface Pro 3, dipasangkan dengan Faro Free Style Scanner 3 Dimensi.

Microsoft telah meluncurkan Surface Pro 4, 6 Oktober lalu. Tablet 2 in 1 itu merupakan penerus dari Surface Pro 3. Peningkatan dilakukan diberbagai sisi. Lebih cepat, lebih ringan, lebih tipis, lebih rapat (layar pikselnya, juga lebih lebar). Juga type cover-nya (keyboard), lebih nyaman buat ngetik, trackpad nya juga lebih besar dan lebih responsif (terbuat dari kaca apa gitu).

Ngiler? Pasti … tapi, jangankan Surface Pro 4, Surface Pro 3 saja nggak pernah keliatan seliweran di toko-toko. Nggak masuk Indonesia sepertinya. Beruntung saya bisa pegang-pegang itu barang.

***

Unit yang saya pegang speknya begini:

Intel Core i5 4300U (1,9Ghz-2,5Ghz). 8 GB Ram. 256 SSD. Display 12”, 2166×1440. Pakai Pen, tapi tanpa type cover. Bukan spek tertinggi memang, tapi itu saja sudah kenceng banget. (Ya iyalah, selama ini pake prosesor ulv dual core jadul, ram 2gb, hardisk mekanik, hehe).

Itu yang menjadi selling point SP3: Tablet yang bisa jadi laptop, tanpa mengurangi performa. Port di SP3 juga nggak ada yang dikebiri. USB port full. Ada mini display port juga (atau mini hdmi ya). Chargernya sistem magnet, adapternya hanya sebesar telapak tangan. Yang menarik di adapternya terdapat port usb juga. Jadi multi fungsi gitu. Baterai sepertinya sangat awet. Selama pameran mulai dari jam 10 sampai jam 4 sore masih hidup, tersisa 18%, padahal selama itu dipakai untuk memutar movie.

Harga ?

Tidak sampai 10 juta. Belinya di Singapore. Dengan harga segitu mestinya bisa menjadi potensi besar buat pasar Indonesia. Orang-orang dengan mobilitas tinggi tentu pengen punya komputer yang handal tapi tidak boros tempat. Jangankan mereka, saya juga pengen. Hehe.

***

Kesan pertama? Sangat menggoda. Layarnya, performanya, ukurannya. Beratnya saja yang masih bikin tangan rada pegel (kalau lama-lama megangnya). Tapi, itu terselesaikan kick stand yang bisa diatur berbagai sudut. Apalagi tetap compatible dengan type cover punya SP 4.

Surface Pro 3?

Nggak papa deh kalo yang SP 4 belum mau masuk sini. Itu juga udah cukup !

Semoga bermanfaat.

Kick stand bisa diatur hingga seperti ini.
Kick stand bisa diatur hingga seperti ini.

 

salam,

diki septerian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.