Motorola Z2 Play Turun Harga: 4,5 Juta Bisa Dapat Kamera Terbaik di Kelasnya?

Moto Z2 Play Kotak

Kini ia terlihat sangat menarik

Motorola merilis Moto Z2 Play tengah tahun kemarin dengan harga Rp 6.499.000. Mahal sekali untuk ponsel bertenaga Qualcomm Snapdragon 626. Sejak itu saya tidak lagi menaruh perhatian terhadapnya.

Kemarin, seorang teman menanyakan bagus mana antara Moto Z dan Z2 Play. Saya katakan, “tidak tahu.” Karena belum pernah mencoba. Dan “tidak menarik”, karena chipset tanggung dan ukuran 5,5 inchi yang normal.

Handphone besar? I don’t like.

Tapi, promo bulan Februari 2018 sedikit menggeser penilaian saya. Handphone berlayar Amoled Full HD terebut kini bisa dibeli seharga Rp 4.500.000 saja!

promo moto z2 Play

Motorola menggunakan Aksara Z untuk handphone kelas teratasnya. Z tanpa embel-embel untuk Pure Power, Z2 Play untuk Entertainment. Buat saya pilihannya mudah: Coret Moto Z, karena tidak ada colokan audio dan baterai yang (mungkin) lebih boros dari Z2 Play (2600 vs 3000 mAh, QHD vs Full HD).

Jadi, mari kita bahas Moto Z2 Play saja.

moto z2 play harga promo

Moto Z2 Play memiliki profil yang slim: 5,99 milimeter tebalnya, sedangkan panjang dan lebarnya 156,2 x 76,2mm. Sayangnya profil slim itu “dinodai” oleh kamera yang begitu menonjol. Bukan tanpa alasan sih, bagian belakang Moto Z2 Play tadi dimaksudkan untuk di modifikasi dengan berbagai Mods.

motorola moto z2 play gambar

Moto Mods adalah cara motorola memberikan nilai tambah ke handphpone Highend-nya. Sebutan mudahnya adalah Aksesoris. Coba lihat pin magnet di bagian belakang-bawah bodinya, disanalah tempat Moto Mods bersarang.

Misal, tempelkan Moto Mods JBL SoundBoost, maka masalah tonjolan kamera tadi hilang seketika. Sebagai gantinya, kemampuan speaker bertambah pesat.

motorola moto z2 play indonesia

Resolusi layar Moto Z2 Play memang hanya Full HD. Tapi teknologinya berbeda dengan Moto G5S Plus. Ia Amoled, yang menjanjikan kontras yang jelas dan warna yang nge-Pop. Layar 5,5 inchi itu dilindungi oleh Gorilla Glass. Entah seri berapa.

Motorola Moto Z2 Play berjalan di jaringan 4G LTE. Menganut sistem dual sim + micro SD. Bukan Hybrid. Ini yang jadi kelebihan lain dibanding adiknya tadi yang hanya memiliki 2 selot kartu. Secara alami, Moto Z2 Play juga mendukung Voice over LTE, atau VoLTE.

moto z2 play review

Motorola Moto Z2 Play dibekali Chipset Qualcom Snapdragon 626 yang memiliki delapan inti Cortex A53 berkecepatan 2,2Ghz. Chipset itu adalah peningkatan dari Snapdragon 625 yang sama-sama berteknologi pabrikasi 14nm. Artinya? Kinerja untuk pemakaian sehari-hari harusnya tidak menjadi kendala. Daya tahan baterai yang 3000mAh juga bisa kita harapkan lebih.

Apalagi RAM yang dipasangkan juga sudah 4GB. Menjalankan aplikasi sekaligus banyak tidak akan mempengaruhi kinerja. Anti lemot, yang semoga juga anti panas. Dengan memori internal 64GB yang bisa ditambahkan Micro SD, Moto Z2 Play menjadi partner yang bisa diandalkan.

Ah, kalau begitu Moto G5S Plus cukup kok. RAM sama-sama 4GB dan chipset cuma sedikit kalah (SD625).

Tunggu dulu. Tengok kamera-nya. Bagi pecinta fotografi tentu lebih senang dengan spek yang dimiliki Moto Z2 Play.

moto z2 play review indonesia

Kamera belakangnya berelolusi 12MP (besar piksel 1,4 micron), memiliki lensa dengan bukaan f/1,7. Detil lain adalah sensor kamera itu sudah mendukung Dual AutoFocus Pixel seperti pada handphone kelas atas Samsung (Galaxy S7 dan S8 series). Bahkan ada tambahan di CCT, Color Corellated Temperature, fitur untuk mengoreksi warna agar telihat alami/ sesuai aslinya (?).

Entah bagaimana hasilnya nanti. Yang jelas, bagian kamera belakang ini menjadi nilai tambahan yang sulit ditandingi oleh handphone dengan kelas harga yang sama. Samsung A8 dan A8+ saja tidak memiliki fitur Dual Pixel AutoFocus loh!

moto z2 play turun harga

Bila kehabisan baterai, maka TurboPower yang sejatinya Qualcomm QuickCharge 3.0 siap membantu. Klaim Motorola adalah mampu mengisi 50% baterai dalam waktu 30 menit saja. Bahkan ada gsmarena melaporkan bisa mengisi 75% dalam waktu 30 menit!

Ini jelas peningkatan dari TurboPower milik G5S Plus. Mengapa bisa begitu ya? Charger tipe USB-C mungkin salah satu sebabnya.

moto z2 play dual sim + micro sd

Motorola Moto Z2 Play dapat dibeli di gerai-gerai Erafone dengan harga promo Rp 5.000.000, bonus yang ditawarkan adalah pilih 1 dari 3 Mods. Berlangsung 2-11 Februari 2018.

Sedangkan Online silahkan mengecek di toko favorit masing-masing. Harga yang dijual berkisar Rp 4.500.000-4.700.000. Calon pembeli dapat memilih warna emas atau hitam sesuai selera masing-masing.

spesifikasi moto z2 play

Pertanyaan berikutnya, apakah layak beli, atau menunggu saja Moto X4 yang juga direncanakan akan segera masuk ke Indonesia?

Hmmm, lebih ke selera ukuran layar kali ya. Buat penikmat handphone kompak seperti saya, jelas lebih suka dengan ukuran 5,2 inchi milik Moto X4. Kamera plus minus juga. Moto X4 mungkin tidak secanggih Moto Z2 Play, tapi ia memiliki kamera Ultra Wide yang tidak dimiliki oleh Z2 Play.

Tapi, yang pasti Moto X4 tidak mungkin bisa dipasangkan Mods sebagaimana seri Z.

moto z2 play vs moto x4

Spesifikasi Motorola Moto Z2 Play Indonesia, klik di sini ya Kang.

*Sumber foto dari www.gsmaren.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.