Oneplus X vs Samsung Galaxy A3 2017 vs A5 2017 vs LG Q6 vs Motorola Moto X4

oneplus x vs hisense pureshot (6)

Pencarian saya terhadap Handphone Android yang PAS digenggaman.

***

Setelah sebulan lebih menguji pakai handphone berlayar 5,5 inchi (Xiaomi Mi A1 dan Motorola Moto G5s Plus) saya semakin yakin: handphone dengan lebar 75mm (atau lebih) itu terlalu besar.

Jangan dulu bicara performa, kamera, daya tahan baterai dan fitur-fitur lainnya. Lihat dulu dimensinya. Biarkan dulu tangan mengenggamnya. Biarkan dulu kantong baju dan celana merasakannya. Setelah itu baru lihat ini itu-nya.

Oneplus X merebut hati saya kembali karena Dimensi “mungil” tadi. Operasi satu tangan terasa mudah. Saya suka itu. Benar-benar suka.

Lalu, mengapa dulu bisa mencampakkannya?

oneplus x indonesia-01

Alasannya ini: Kapasitas ROM yang hanya 16GB. Tidak ada selot khusus micro SD. Belum lagi Stamina, sehari bisa 2-4 kali saya mengisi daya.

Akhir tahun ini, apakah sudah ada calon kuat penggantinya?

samsung-galaxy-s8-2
sumber: www.gsmarena.com

Samsung Galaxy S8

Layarnya 5,8 inchi. Tapi …. lebarnya sama dengan Oneplus X yang berlayar 5,0 inchi. Saya juga sudah mencobanya. Betul, nyaman sekali digenggam. Belum lagi AUDIO-nya: Juara! Dia Bening, 3 dimensi, detil, cakep dah pokoknya. Spek lain tidak perlu dilihat lagi, karena sudah pasti sulit untuk dilawan. Begitu juga dengan harganya. Yang membuat saya cepat-cepat melupakan.

lg-q6-3.jpg
sumber: www.gsmarena.com

LG Q6

Ini menarik sekali. Layarnya 5,5 inchi tapi lebarnya tidak sampai 70mm. Dimensi-nya sangat mirip Oneplus X hanya saja lebih gemuk. Layarnya juga sudah Full HD. Sayangnya, segala kelebihan itu berhenti sampai di sana. Chipsetnya jadul (Snapdragon 435 yang masih berproses pabrikasi 28nm), Baterai 3000mAH-nya belum Fast Charging, kameranya biasa saja. Dengan harga yang bertengger di 3 juta-an membuatnya tidak menarik lagi.

samsung-galaxy-a3-2017-3.jpg
sumber: www.gsmarena.com

Samsung Galaxy A3 2017

Ini handphone yang tidak ada lawannya, kecuali Iphone. Layarnya 4,7 inchi saja. Dimensi-nya jelas paling kompak. Cuma, begitu juga dengan spesifikasinya: ikut-ikutan nge-pas. Chipset-nya Exynos 7870 yang efisien walau kurang tenaga (14nm juga loh ini). RAM-nya 2GB saja. ROM-nya 16GB dan tidak ada selot khusus micro SD. Tidak berbeda dengan Oneplus X. Harga? Harusnya 2 juta saja. Haha.

samsung galaxy a5 2017
sumber: www.gsmarena.com

Samsung Galaxy A5 2017 (dan 2016)

Lagi-lagi Samsung. Harus diakui mereka jago banget membuat handphone ukuran normal menjadi begitu kompaknya. Samsung Galaxy A7 2017 (dan 2016) sama-sama berlayar 5,2 inchi. Lebarnya tidak sampai 72mm. Performa sudah lebih baik dengan Chipset Exynos 7880 yang kini efisien sekaligus bertenaga. RAM 3GB dan ROM 32GB harusnya cukup untuk pemakaian sehari-hari. Tidak cukup? Tambah saja micro SD. Ada selot khususnya kok. Sayang … kamera 16MP kini tidak lagi didukung OIS. Padahal itu yang membuat generasi A berbeda dari handphone kebanyakan.

samsung galaxy a5 2016.jpg
sumber: www.gsmarena.com

Jadi, lebih baik pendahulunya dong? Kamera iya, harga juga iya (4,3 juta vs 3 juta). Tapi … performa dan stamina tunggu dulu. Versi 2016 masih menggunakan Snapdragon 615/616 (atau Exynos 7580) sebagai daya pikir utamanya (masih 28nm). Belum lagi RAM-nya yang cuma 2GB dan ROM-nya yang hanya 16GB.

motorola moto x4.jpg
sumber: www.gsmarena.com

Motorola Moto X4

Ini memang belum masuk di Indonesia. Tapi akan masuk, entah kapan. Yang membuatnya menarik adalah dimensinya: 5,2 inchi. Chipsetnya juga lebih kekinian Snapdragon 630. Sayang, ia tidak lebih kompak dari Samsung A series tadi. Lebarnya nyaris 74mm. Harga? Mungkin 4 juta lebih.

***

Ukuran display tidak lagi menjadi patokan seberapa besar handphone sekarang. Pergeseran rasio 16:9 ke 18:9-lah penyebabnya. Kita harus jeli lagi melihat ukuran sebenarnya.

Dari semua pilihan tadi, masih ada harapan lainkah kira-kira?

Ada … diam-diam saya menantikan Samsung Galaxy A3 versi 2018. Bila Samsung mempertahankan dimensi mungil lalu menanamkan Infinity Display-nya? Mau banget.

Apalagi bila otaknya ikut diperbarui, ditambah kemampuan Fast Charging, dan dukungan tiga selot kartu.

Wuiiih … Sedap sekali pasti.

samsung-galaxy-a5-2018r
Rumor Samsung galaxy A5 2018. Sumber: www.gsmarena.com

Eeh … tau-tau harganya tinggi. Ah, selalu begitu …

Berbahagialah Oneplus X ! Semoga umurmu kian panjang. 

Huhu..

***

Saya tidak membuatkan matriks komparasi-nya, karena belum bisa rapi jika dimasukkan banyak-banyak di sini.

Punten ya, silakan lanjut saja mampir ke situs di bawah.

Samsung Galaxy A3 2017 vs A5 2017 vs Motorola Moto X4

2 thoughts on “Oneplus X vs Samsung Galaxy A3 2017 vs A5 2017 vs LG Q6 vs Motorola Moto X4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.