Penyebab Motor Mengeluarkan Asap Putih (Ngebul)

Bekas Oli Pada Knalpot, pertanda ada yang salah di ruang bakar.
Bekas Oli Pada Knalpot, pertanda ada yang salah di ruang bakar.

Telat ganti oli?

Motor dengan mesin 4 langkah (4 tak) harusnya tidak mengeluarkan asap putih. Tidak seperti pada mesin 2 langkah (2 tak) yang memang seher-nya dilumasi oleh oli tambahan. Asap putih artinya oli ikut terbakar di ruang bakar.

Penyebabnya?

Seal klep, ring seher, dan seher itu sendiri.

***

Itulah yang EDA alami. Asap putih keluar di saat umurnya (hampir) genap 40.000 km. Hanya butuh dua setengah tahun untuk mencapai angka itu. Singkat. Sangat singkat.

Tebakan saya bukan seal klep-nya yang rusak. Karena bila itu yang terjadi maka asap putih akan langsung keluar ketika pertama kali mesin dihidupkan. Dugaan saya ada pada ring seher-nya. Karena EDA baru mengeluarkan asap putih ketika sudah berjalan, dan mesin mulai panas.

Hari ini akhirnya ada mekanik yang bisa membongkarnya. “Wah ini sudah merembes, bisa jadi blok nya sudah kena”, begitu kata mekanik sambil mencolek lubang knalpot si EDA.

Blok kena? Saya masih tidak percaya.

***

Ternyata?

Blok Silinder Suzuki Shooter
Blok Silinder Suzuki Shooter

 

Blok silinder suzuki shooter yang lecet.
Blok silinder suzuki shooter yang lecet.

Memang bloknya sudah kena. Bekas gesekan itu begitu jelas. Mekanik bilang penyebabnya karena telat ganti oli.

Benarkah? Pernahkah saya telat ganti oli?

***

EDA menempuh perjalan 70 km tiap harinya. Minimal. Dengan kondisi jalanan yang sangat padat. Sangat padat. Dengan kondisi seperti itu saya menjaganya dengan tiap bulan ganti oli dan servis di bengkel resmi. Kira-kira tiap 2000 km olinya saya ganti. Filter oli 2-3 kali setiap ganti oli. Oli yang saya gunakan standar pabrikan SGO 10w-40.

Pernahkah terlambat?

Saya ingat-ingat …. pernah. Sampai 2500 km belum diganti. Belum juga di servis. Mungkin dua kali seperti itu. Kira-kira saat EDA baru menempuh perjalanan 27.000 km. Saat itu memang saya kena getahnya. EDA ngambek. Dia berhenti sendiri setelah melewati polisi tidur. Tidak mau lagi di ajak jalan. Mogok.

Untungnya saya membawa busi cadangan, saya ganti, saya starter terus. Akhirnya jalan juga. Setelah itu saya langsung membawanya ke Beres. Tapi, belum servis besar. Servis besar baru saya lakukan ketika EDA menempuh km 31.000.

Sudah sangat jauh dari yang disarankan.

Apakah karena luka itu EDA sekarang batuk-batuk?

***

Mari kita tengok kondisi si EDA saat ini.

Lubang exhaust yang sudah banjir dengan oli.
Lubang exhaust yang sudah banjir dengan oli.

 

Dinding seher yang ikut lecet.
Dinding seher yang ikut lecet.

Suzuki Shooter-08

 

 

Suzuki Shooter-09
Rantai keteng yang menjuntai. Entah ikut rusak atau tidak.

 

Knalpot yang sudah penuh dengan kerak oli. Di dalamnya lebih pekat lagi. Hiii...
Knalpot yang sudah penuh dengan kerak oli. Di dalamnya lebih pekat lagi. Hiii…

***

Jadi, bagaimana cara memperbaikinya?

Korter. Atau bubut, oversize silinder dan ganti seher yang sesuai.

Atau… ganti semua dengan yang baru. Seher, blok silinder, seal klep, sampai ke rantai keteng juga. Begini hitung-hitungannya:

Hitung-hitungan mekanik untuk perbaikan asap putih yang mengebul.
Hitung-hitungan mekanik untuk perbaikan asap putih yang mengebul.

Setengah juta lebih. WOW. Wajarkah itu? ternyata murah jawab salah seorang pengunjung yang sedang service juga.

Belum dikerjakan. Karena tidak ada di sana bagian-bagian itu. Harus menunggu sekitar 2 minggu. Si EDA akhirnya menginap. Sebagai gantinya saya diberikan motor cadangan. Shooter juga. Tapi lebih muda. Baru menempuh setengah perjalanan si EDA.

 

 

 

 

12 thoughts on “Penyebab Motor Mengeluarkan Asap Putih (Ngebul)

  1. waw bro, si shooternya udah trun mesin ya… yg saya si ijo masih ok gan skrang udah km 47rb an.. baru mau rencana ganti plat kopling.. bisa sampe luka gitu ya gan blok mesin nya..

  2. 2 minggu di bengkel, kasian si eda gan, ntar kangen… kalo kesusahan nyari part shooter mungkin bisa saya bantu cari di bandung. kbetulan di bandung ada bengkel spesialis part suzuki (denger denger sih beres juga ngambil kbarang ke sana kalo gak ada stok).. shooter ane juga mulai aga gak enak, kalo berasep sih enggak, kata beberapa org katanya coba ganti plat kopling… shooter ane skrang udah 48rb km kmaren di pake mudik 300kman pp jalur selatan touring bareng keluarga, ditanjakan shooter ane gak ada yg bisa nyalip padahal keluarga ada yg pake shoogun sama thunder.. jos deh shooter..

    1. Wah joz itu kang … Ini baru aja dapet sms dari mekaniknya. Sudah selelai katanya. Lama itu karena pabrik baru buka haru rabu kemarin.

      Saya malah sudah test ride Address nih … Ergonomi, tarikan sama utilitasnya mantep banget deh.

  3. saya mengira itu karena telat ganti oli, karena life time nya mesin kendaraan di Kota besar (JABODETABEK) pasti macet parah, kondisi macet berjam jam diam, tapi mesin nyala teruss. maka dari itu harusnya ganti oli minimal 1000km dan pantau selalu ketinggian oli nya. agar tidak sampai tiris.

    1. Kang Vai,

      Perkiraan mekanik juga begitu. Tapi, dia rada keheranan pas saya bilang ganti oli rutin tiap 2000km, paling telat 2500km.

      Masih wajar katanya.

      Cuma ya.. Pas saya tanya sesama depokers di kantor dia ganti oli sebulan dua kali. Sejak ngebul juga. Motornya motor yang banyak banget dipake orang.

      Karena itu.. Saya lebih perhatian sama si Eda. Sesuai di tulisan di atas.

      Oh iya nuhun sudah mampir 🙂

  4. Saya dulu pakai oli sgo untuk motor suzuki shooter, tapi kurang lebih sekitar 100 km tenaga mesin sepeda motor terasa tersendat sendat ketika jalanan macet, Ketika sampai dirumah mesin sudah dingin saya periksa olinya sudah berada pada level low. Sepertinya olinya banyak yang menguap. Kondisi jalan yang saya lalui waktu itu kadang lancar, macet kondisi cuaca panas, dan dibawa ke daerah yang banyak tanjakannya. Mungkin olinya tdiak cocok. Lalu saya putuskan ganti dengan oli merk lain yang memiliki spesifikikasi yang sama. Setelah kejadian tersebut saya sering mengecek ketinggian oli, takut olinya berkurang.

  5. U/ seher/boring lecet, mestinya masih bisa diperbaiki pake XADO EX120, ga perlu turun mesin. Klep yg kotor tinggal masukkan Verylube Anti-carbon ke lubang busi, ga perlu skur. Kalo males ganti oil, masukkan saya XADO small-engine revitalizant tiap kali ganti oli, interval ganti oli bisa lebih panjang, bahkan hingga 2X. Sudah kucoba di Grand’92, sampe sekarang masih kupakai, tarikan bahkan lebih enteng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.