Review Smartphone Vivo Y21 Bagian 2

Funtouch OS, Performa, dan Isi dalam Kotak.

***

PADA bagian 1 saya telah mengulas tentang kualitas pengerjaan, layar, audio, daya tahan, juga kamera dari Vivo Y21. Berikutnya, saya akan mencoba mengulas tentang Funtouch OS yang menjadi dasar pengoperasian dari Smartphone asli Tiongkok ini.

Paket pembelian Vivo Y21 dapat dikatakan lengkap: pengisi daya dengan keluaran 5 Watt, kabel data, juga headphone standar yang dilengkapi dengan mic (juga tombolnya). Ada bonus Micro SD berkapasitas 8GB dengan kecepatan baca 48Mb/s dari Sandisk. Selebihnya adalah petunjuk pemakaian dan kartu garansi.

Bagian 1 dari ulasan Vivo Y21 ini terasa begitu panjang, karena itu, pada bagian 2 ini saya coba menyajikannya dalam bentuk yang lain.

***

Hal-Hal yang Saya Sukai

  • Kualitas pengerjaan yang sangat baik.
  • Ukuran yang pas di kantong. Juga di tangan, membuatnya mudah digunakan dengan satu tangan.
  • Funtouch OS yang benar-benar menyenangkan.
  • Stamina yang di luar dugaan. Pemakaian sehari-semalam tidak masalah.
  • Baterai dapat dilepas. 
  • Tidak Panas. Meski dipakai kerja keras.
  • Mudah memasang aplikasi di Micro SD.
  • Dual Sim yang sesungguhnya. Tidak harus memilih antara Sim 2 dan Micro SD.
  • Kapasitas ROM yang 16GB, termasuk lega dikelasnya.

 

Hal-hal yang Tidak Saya Sukai

  • Funtouch OS belum bebas dari kutu (bug).
    • Ada kutu indikator baterai. Kadang baterai di isi ulang, tapi indikator tidak berjalan semestinya. Bila di reboot baru ketahuan sudah terisi berapa sebenarnya.
    • Notifikasi judul email yang bernada gelap seperti latar, jadi susah membaca judul email yang masuk lewat notifikasi.
    • Tanda merah pesan masuk pada WhatsApp yang tidak menunjukkan angka apa-apa, hanya titik tiga di dalam lingkaran merah. Beda dengan tanda masuk email, line, sms, phone yang menunjukkan angka.

Meski begitu Funtouch OS tetap menyenangkan. Versi yang terpasang saat ini adalah Funtouch OS 2.1 versi 1.10.4. Dasarnya Android Lollipop 5.1. Sudah pembaruan 2 kali semenjak pembelian. Berikut hal-hal yang membuat Funtouch OS menarik:

  • Mengaktifkan layar dengan berbagai cara. Ketuk dua kali, menyala otomatis ketika dikeluarkan dari kantong, berbagai variasi gesture, juga terdapat black screen glance  yang dapat diaktifkan tanpa menyentuh layar, seperti pada Smartphone Lumia.
  • Gerakan geser pada layar utama yang meniru Iphone: Geser dari bawah ke atas untuk pengerjaan paralel, mengatur tingkat kecerahan layar, juga pengaturan cepat. Geser dari atas ke bawah akan menampilkan pemberitahuan umum, kegiatan, atau mengeksekusi aplikasi yang sedang berjalan. Geser dari atas ke bawah tanpa menyentuh sisi atas, maka akan menampilkan kotak pencarian yang tidak hanya dapat mencari apapun di memori handphone, melainkan juga terhubung dengan internet. Menjepit dua jari, akan menampilkan semua halaman yang digunakan. Menahan salah satu aplikasi untuk memindahkan atau membuang aplikasi dengan cukup menekan tanda silang yang muncul.
  • Perpindahan aplikasi yang mudah. Karena setelah kita menahan salah satu aplikasi, maka halaman-halaman lain yang kita gunakan akan tampil dalam bentuk yang kecil. Tinggal meletakkan aplikasi pada kotak-kotak kecil itu maka aplikasi otomatis berpindah.

  • Berpindah antar halaman juga mudah. Tidak hanya bisa geser kanan kiri atau menjepit, tetapi tiga buah titik yang ada di layar dapat ditekan dan digeser! Fitur ini adalah antisipasi dari funtouch os yang tidak memiliki laci aplikasi. Tinggal tekan, lalu geser, dengan sangat cepat kita dapat berada di halaman yang kita inginkan.
  • Fitur S-capture yang sangat membantu. Apalagi Long Screenshot, yang memungkinkan kita menangkap layar sepanjang apapun yang kita mau. Juga Screen Recording fitur untuk merekam kejadian di Smartphone, sangat berguna ketika akan membuat video tutorial.
  • Aplikasi bawaan yang sedikit tapi berguna. Note-nya selalu saya gunakan untuk mencatat apapun. i Manager yang sangat handal. FM Radio yang sederhana tapi selalu dapat diandalkan. Dan Lock yang selalu saya gunakan untuk mematikan layar pada handphone.
  • Bisa OTG (USB on The Go). Meski harus diaktifkan terlebih dahulu dari menu pengaturan.
  • vivo y21 screenshot (40)

 

  • Fitur kamera profesional seperti pada Lumia. Fitur Palm memudahkan saat swafoto.
  • Fitur Smart Keep Bright, seperti Smart Stay pada Seri Samsung Galaxy. Itu loh fitur untuk menyesuaikan layar secara otomatis ketika kita menatapnya.
  • vivo y21 screenshot (33)

 

Performa

Vivo Y21 tergolong gesit. Walaupun tidak sangat. Terasa jeda saat membuka aplikasi untuk pertama kalinya. Setelah aplikasi berjalan, maka membuka aplikasi itu lagi terasa lebih cepat. Menjalankan banyak aplikasi sekaligus juga tidak menjadi masalah. Berpindah-pindah aplikasi tidak sampai menutup ataupun mengulang dari awal aplikasi yang telah dibuka. Kecuali diendapkan dalam waktu yang lama. Kapasitas RAM yang 1GB terasa batasannya di sini.

Dari semua fitur yang ada, i Manager-lah yang menjadi pemimpinnya. Aplikasi ini sederhana sekaligus bertenaga. “Manager” ini mampu membersihkan file-file sampah, memonitor (dan mengatur) pemakaian data, mengatur baterai dan kemampuan handphone (seperti pada PC bisa diatur tingkat kekuatannya: Extreme performance, Default, ataupun General saver), melihat pesan dan telepon yang kita tolak,mengatur privasi, juga mengatur aplikasi secara cerdas.

Bila kita menekan App manager maka akan tersedia beberapa pilihan. Untuk memindahkan aplikasi ke Micro SD juga bisa, tinggal pilih App mover. Lalu pilih aplikasi yang ingin kita pindahkan ke micro sd (ada beberapa developer aplikasi yang tidak ingin aplikasinya dipindah, seperti WhatsApp).

Bagaimana bila digunakan untuk gaming? Saya belum mencoba game dengan grafis tingkat dewa. Saya hanya memasang Rayman Adventure, Plant vs. Zombie, Criminal Case, Vector, Piano Tiles, dan Fish vs. Pirates. Semua game tersebut berjalan lancar. Kecuali Fish vs. Pirates yang seringkali crash. Teman saya bilang sih, memang dari game-nya seperti itu. Tapi, saya lihat dia memainkan di Galaxy A5 versi 2016-nya aman-aman saja.

 

Akhirnya?

Vivo Y21 sudah hampir 1 bulan menjadi HP utama saya. Tidak ada komplain berarti. Baterai awet, antar muka (User Interface) menarik dan berdaya guna. Bila di suruh memilih antar muka dari Hisense Pureshot, Vivo Y21, atau Lenovo a2010, maka dengan yakin saya memilih Vivo Y21.

Adakah pesaingnya? Bila dasar pembandingnya harga, maka Meizu M2 menjadi penghalang utama. Acer Z330 yang baru masuk dan dijual resmi seharga 1,2 juta juga tidak kalah menghambat. Belum lagi Redmi 2, Lenovo a6000, yang harganya sudah beranjak turun.

Tapi, bila ukuran layar menjadi dasarnya, dan akang-akang sekalian tidak suka dengan handphone lebih dari 4,5 inchi. Rasanya harus mencoba sendiri Acer Z330, namun harus merelakan kapasitas ROM yang hanya 8GB.

***

Vivo memang sayup-sayup terdengar di jagat maya Indonesia. Strategi penjualannya juga tidak semasif OPPO, apalagi Xiaomi dengan jurus pangkasan harganya. Vivo memilih jalur gerilya di tiap sudut jalan, mall, dan toko-toko handphone. Dengan modal penjualan ke 4 terbesar di negeri asalnya tahun 2015 kemarin, tentu Vivo tidak bisa dipandang sebelah-sebelah. Dan Vivo Y21 menjadi duta Smartphone kelas bawah yang menggambarkan strategi itu: Mudah dicari, bisa dicoba-coba, dan dapat diandalkan!

***

Sekian dulu kang, jangan ragu bila ingin berbagi cerita, atau sekadar berbagi salam. 🙂

***

Pembaruan artikel 02 Agustus 2016: Vivo nyatanya sangat rajin melakukan pembaruan terhadap sistem operasi Funtouch OS-nya. Hingga tulisan ini dibuat sudah ada beberapa pembaruan pada Vivo Y21 ini, dan yang sekarang digunakan adalah versi 1.10.15. Bedanya? Yang paling terlihat adalah: Sekarang notifikasi merah pada whatsapp tidak lagi berupa titik tiga, tetapi sudah menunjukkan angka, berapa pesan yang masuk dan belum dibaca.

Ada lagi yang tahu perbedaannya?

***

Pembaruan artikel 23 September 2016: Beberapa pengunjung blog tidak bisa update ke versi 1.10.21. Entah kenapa. Saya berhasil,

Katanya download berhasil tapi selalu gagal ketika verifikasi dan akan di pasang.

Coba cara ini: local upgrade.

Masuk ke setting>system update>more(pojok kanan atas)> local upgrade.

Nah.. Sebelum itu, filenya download dulu DI SINI. 

Semoga berhasil 🙂

 

salam,

diki septerian

 

289 thoughts on “Review Smartphone Vivo Y21 Bagian 2

  1. Mantap sekali review nya kang, mau nambahin kang, kalau masalah gaming, main gta san andreas jga lancar jaya Kang, mantap!
    Mau nanya kang , ada bbrapa aplikasi notifikasinya tdk muncul, contoh aplikasi salaam, untuk pengingat adzan nya tdk pernah muncul. Akang pernah ngalamin?

      1. bbm juga kalau kita close di recent aplikasi langsung ngeclose kang, mungkin itu kekurangannya kang, apliaksi yang seharusnya nyala di background service, tpi prosesnya malah di kill.

      2. mau bertanya nihh???kenapa yah tadi hp vivi y21 saya saya perbaharui funtouch os nya???terus kenapa kalau pas mau di kasi menyala langsung warna hitam layarnya???

      3. kang, gimna y cra benerin vivo y21
        saya sering keluar iklan yg g’jelas gitu terus klu lg internetan gitu pasti keluar bacaan chrome, apa terkena virus y…sering keluar tulisan klu vivo y21 anda mengalami kerusakan terindeteksi virus…
        tolong bantuan nya dong.. trims

      4. Mba Tika,

        Biasanya itu dari laman/situsnya. Mereka membuat seolah-olah hp kita kena virus, padahal sih nggak.

        Coba pasang (atau aktifkan) adblock atau yang semacamnya di browser yang dipakai.

        Semoga membantu 🙂

      5. mw tnya beberapa hari ini knpa ya vivo y21 saya setiap kali saya muter music musiknya brhnti2 sndiri pdhl blom waktunya habis satu lagu aja brhnti 3 kali mohon bantuannya,apa krna kemaren saya sempet isi memori sd cuman 2GB penuh langsung eror,

      1. mw tnya beberapa hari ini knpa ya vivo y21 saya setiap kali saya muter music musiknya brhnti2 sndiri pdhl blom waktunya habis satu lagu aja brhnti 3 kali mohon bantuannya,apa krna kemaren saya sempet isi memori sd cuman 2GB penuh langsung eror,

      2. Kang/ Mbak inda,

        pernah cek sleep modenya? di i music tekan tombol menu (paling kiri), cek di sana. Jangan-jangan tidak sengaja terpasang waktu sleep-nya.

        Bagaimana kalau file lagunya di ganti? Atau dipindah ke memori internal.

        Mungkin juga micro sd nya error, atau file lagunya yang error.

    1. Kang Reza,

      Bisa pakai kabel data bawaan. Atau Bluetooth. Kalau pakai kabel data, lihat di notifikasi hape, ada pilihan photo atau files. Terserah aja. Di komputer nanti ada icon vivo, klik. Selebihnya seperti pakai flashdisk.

    1. Hemat baterai maksudnya?
      1. Pastikan GPS dalam keadaan off. aktifkan ketika butuh saja.
      2. Atur tingkat kecerahan layar serendah mungkin, naikkan bila hanay sulit membaca. (bahkan saya menurunkannya sampai paling bawah, lalu menyalakan auto brightness).
      3. Pakai jaringan Wi-Fi. Data di off-kan. Bila tidak ada Wi-Fi, Data nyalakan seperlunya.
      4. Masuk ke mode super saver, jamin baterai bakalan awet.
      5. Update ke versi terbaru, di sana jelas tertulis ada peningkatan di sisi baterai.
      6. Hmmm.. mungkin ada yang mau menambahkan?

      semoga membantu. terima kasih sdah berkunjung 🙂

      1. kenapa vivo y21 saya ketika dimatikan lalu dihupkan layarnya hitam vivo camera&music bukan biru vivo hi-fi &smart lagi saya sudah berusaha benerin tpi blom bisa

  2. Mas. Hpku jg vivoy21 baru beli bebrapa hari yg lalu. Akhir akhir ini kalo hp di nyalakan kan ada logo vivo setelah itu gak langsung ada tampilan layar home tp malah skrang layarnya minta di geser dulu baru muncul tmpilan home.. Itu ada masalah gak sebenarnya?

    1. Nggak ada. Itu bisa di atur di pengaturan. Coba masuk ke setting>security>screenshot lock>pilih none untuk langsung masuk ke home. Pilihan slide, pattern, password yang nggak langsung masuk.

      Begitu 🙂

      Terima kasih sudah berkunjung ya..

    2. iyya terima kasih kak,terus jaringan datanya hanya terlintas H+ bukan 3Gh+ apha bisa 3G apha didaerah saya jaringan 3G nya sulit atau pengaturannya

    1. Maksudnya notifikasi ya?
      Masuk setting > status bar and notification > manage notification > pilih aplikasi, misalkan whatsapp > matikan badge desktop app.

      Semoga membantu 🙂

      1. Kalau sekadar memindahkan file, bisa pakai file manager. Itu aplikasi bawaan yang bentuknya kayak folder.

        Tapi, kalau pindah aplikasi pakai imanager. Pilih app manager, terus app mover.

    1. Bisa dengan Hangouts. Itu aplikasi dari Google yang menjadi bawaan dari vivo y21.
      Caranya: masuk ke aplikasi, daftar (bila belum pernah, seperti whatsapp), kemudian pilih New Video Call, cari kontak yang diinginkan.

      Syaratnya orang yang akan kita kontak harus sudah terdaftar juga di Hangouts. Biasanya sih, aplikasi ini sudah terpasang pada hp-hp Android. Jadi tidak perlu install apa-apa lagi.

      Semoga membantu

  3. Ulasan nya menarik mas, awalnya sempat nyesel beli pas tau kalo kamera depan gak paket flash, pas di kaji lebih dalam emang nih HP lumayan om.

    1. Geser jari dari bawah ke atas (dari tempat tombol 3 itu), terus nanti kan muncul 3 baris pilihan. Nah pilih rotation lock dari tempat paling bawah tadi. Di geser geser bisa itu.
      Kayak iphone banget deh.

      Hehehe 🙂

      1. mantap sempat bingung nyari rotate otomatis di vivo Y28 hp mantap betah pakenya baterenya awet pisan kang hahhaahha

  4. Mas mau nanya dong, vivo y21 aku kok ga bisa 3g ya? Pdahal 3g sama roaming datanya udah dinyalain, kok jaringannya masih E, padahal jaringan di daerah saya mendukung 3g kok, mohon bantuannya

    1. Sudah coba ganti dengan kartu lain? Kalau kartu lain bisa 3G berarti bukan pengaturannya.

      Kalau memang diganti masih sama.. Coba cek dipengaturan>mobile network>di sim setting geser 3G jadi aktif.

      Kalau belum bisa juga cek apn nya. Atau search network.. Liat network apa yang tersedia.

      Semoga membantu 🙂

    1. Sepanas apa? Dan habis diapakai buat apa?
      Sepanas-panasnya Vivo Y21, tidak pernah lebih panas dari Oneplus X yang sekarang menemani saya. Levelnya sampai hangat saja dan tetap nyaman digenggam.

      Punten baru balas,

  5. Kang, mau nanya cara menonaktifkan kunci layar gimana ya ? Soalnya waktu kita mau menonaktifkan, disitu tulisannya telah diamankan oleh administrator. Nuhun kang

  6. Mas mau nanya kenapa kalo v call di line camera depan saya gelap? Malah vcallnya masih bagus yg y15? Apa ada pengaturan khusus?

  7. nuhun yah mas.. ini tadi kn sempet mampir ke vivo center.. trs mbak2nya bilang kalo vivo y21dipasangin krtu yg udah support 4G itu jringannya udah bisa support 4G juga.. gmna mnurut mas..??

    1. Saya minta bonus… Hehehe. Memang untuk bonus tiap region beda-beda katanya.

      Tapi, kalo sales nya ‘dipaksa’ biasanya ngasih. Soalnya harga-kan udah gak bisa turun, jadi saya minta yang lain.

      1. Q dspat langsung dr tempat x kang…. Klo y21 q jamin baguss cm itu madalh x…. Notification x untuk adzann…. Mgkin ni hp x gg mw masuk islam kang…. Hehehehehe

  8. Mas mau tanya pada status bar hp saya tidak tercantum lambang2 untuk aktifin data, bluetooth dll nya?? Kaya hp android lainnya?

    apakah itu udah bawaan atau bisa disetting?

    Makasih

    1. Maksudnya pas turunin dari atas ke bawah ya? Fungsi itu memang untuk sekadar notifikasi saja.

      Tapi, kalau geser dari bawah ke atas, akan terlihat lambang2 untuk mengaktifkan macam-macam.

      Nah.. Kalau yang dimaksud apa saja yang ingin ditampilkan di status bar, bisa diatur di setting terus kebagian status bar and notification.

      Vivo lebih mirip ke IOS daripada Android 🙂

  9. Mas mau tanya…
    D halaman depan saat d kunci kan ada namanya. Itu untuk mengatur atau merubah nama dmna ya?
    Mkasih sbelumnya…

      1. Sudah bisa mas… Trima ksih.. Sangat membantu. Kmaren saya otak atik d setting g ktemu trnyta lngsung gser bwah aja

  10. Kang mau tanya, gunanya samping kamera depan hape vivo y 21 ya? Saya pikir itu led tapi ternyata waktu ada notifikasi gak nyala, kira2 gunanya apa ya kang?

    1. Itu sensor cahaya. Gunanya untuk gesture. Misal kita mau nyalain hape tanpa sentuh apapun, cukup kibaskan aja tangan di atas sensor hitam itu, nanti akan nyala glance screen.. Kibas sekali lagi langsung masuk ke halaman utama

  11. Mas mau Tanya kira2 apa aja Kelebihan dr Versi 1.10.17 soalnya rencananya mau Up.
    Tp takut krna bnyak yg Coment klo versi baru itu Boros Batre, Sama Jaringan Lemot dan suka Hilang Sendiri.

      1. Mas ver pnya gw skarang 1.11.9..awalnya shi 1.10.15 lntaran ada pembaruan sistem jdi brubah ke versi 1.11.9 mna yg pling bagus mas.

      2. Kang Edhy,

        Di versi 1.11.9 saya sudah dua kali mengalami ini: gambar dan musik yang ada di micro sd tidak terbaca otomatis. Sebelumnya belum pernah.

        Masih belum pasti sih faktornya. Dari sistem atau memang micro sd nya. Tapi, itu yang saya alami.

  12. Permisi, saya mau nanya kalo misalkan mau matikan data yang jarang dinpakai dan.meng aktifkan data yg perlu saja untuk vivo y 28 cara nya gmna yah ? Mohon.bantuannya

  13. Mo tx kang… Kan q pernah memperbarui sistem x yg menjadi 1.10.17.. Skrng versi terbarux apa y kang… Ni lg memperbarui n pgen ngeroot

  14. mas saya pake vivo y21,ada keluhan kok penggunaan hp harus selalu ditempat terang,kalo gelap hp nggak nyala padahal udah ditekan tombol lock nya

  15. Mas sy pakai juga y21. Tp pas saya mau mindahkan data dari hp ke pc melalui usb disuruh install. gimana biar muncul data2 di hp kayak flshdisk itu? mksh

  16. kang kenapa vivo y21 sy sering muncul notifikasi pembaharuan sistem dan disarankan untuk unduh dan memasang nya tp sewaktu selesai sy unduh dan mau memasang nya sistem mengatakan “VERIFIKASI GAGAL” silahkan unduh dan instal kembali
    mohon pencerahan nya kaang mksh bnyk sebelum nya

  17. itu sudah berulang kali muncul notifikasi dan setelah unduh lalu pasang selalu gagal verifikasi
    apakah ada yg salah dengan pengaturan hp vivo sy

    1. Saya masih belum tau penyebabnya. Karena saya berhasil download dan install. Tapi dugaan saya mungkin memori yang tidak cukup atau hasil unduhan yang tidak sempurna. Atau memang dari Vivo nya sendiri.

      Teman-teman di atas mungkin sudah bisa mengakalinya tuh?

  18. klo ruang memory msh cukup luas Kang
    internal nya msh tersisa banyak
    karna aplikasi sy taruh di memory external 16gb pun msh tersisa banyak ruang

  19. Iya kang sampai skrg sy blm bisa2,pdhl batre full,kuota full.malahan sy coba pake wifi ditambah charger dicolokin jg sama.pa gk bs ya ma versi 1.10.21?

  20. Mas mau nanya, saya kan mau upgrade ke system terbaru nih terus kan didownload pas udah selesai ngedownload kan dsuruh verifikasi lg kan, nah pas verifikasi kok gagal ya mas? Trus saya coba unduh lg sampe verifikasi gagal lagi, kenapa ya mas?

  21. Permisi mas .. Mau nanya aku kan aktifin kunci layar pola / geser terus sekarang mau matiin kunci layarnya soalnya ribet kalo pake kunci layar, tapi kok malah nggak bisa yah ubah ke “tidak ada/geser” ? Katanya sih “dinonaktifkan oleh administrator” terus tulisannya kabur gitu nggak bisa diklik .. Mohon bantuannya yah ?

    1. Kang jaka bantu jawab di review bagian 1,

      Kang diki, tentang mengembalikan kunci layar seperti semula Udh ketemu nih saya ulik sendiri. Heheh. Masuk pengaturan > keamanan> hapus kredensial> klik hapus>masuk kunci layar, pilihan nya udh visa do pilih semua. Hehe semoga bermanfaat bagi yg mengalami hal seperti ini.

      🙂

      1. Tapi takutnya kalo di hapus kredensial sebagian aplikasi maupun sistem yang memerlukan kredensial akan tidak bekerja sebagaimana mestinya mas .. Gimana yah ?

  22. Terima kasih pak atas review-nya.. sangat membantu saya memahami fitur2 ponsel pintar ini..
    saya mau tanya gimana caranya ubah notifikasi suara untuk email ya? saya cari di setting gak ketemu.. terima kasih

      1. terimakasih mas atas reviewnya, sangat membantu…
        tp saya sdikit menyesal telah beli vivo y21, di karenakan hasil kameranya…
        tp saya minta bantuan nya untuk kasih tau cara penggunaan fitur kamera profesionalnya…
        supaya sesal yang sedikit itu bisa hilang…hehehe

      2. Sedari awal saya nggak pernah berharap lebih sama kamera vivo y21. Jadi, nggak pernah ada kata sesal, hehehe…

        Untuk hasil kamera ada dua faktor utama: Cahaya sama Komposisi. Ada juga Emosi, atau keintiman. Setting Iso, shutter speed, eksposure, de el el, belakangan deh…

        Semoga tidak membantu XD

        (serius, pake kamera beneran juga nggak bakalan dapet hasil bagus, kalo nggak merhatiin hal2 tadi. Oh iya, pengaturan sudah saya tulis di artikel)

  23. Reviewnya mantap bgt kang.
    Sy jg pake vivo y21. Cuma ada sdkit masalah nih kang. Waktu pake aplikasi chat yg mnggunakan lokasi, sperti wechat atau ygrt, gadgetnya gk bisa menampilkan orang2 yg berada dsekitar saya. Padahal sdh otak atik pengaturan lokasi. Pas googling jg ttg lokasi, pengaturan android pada umumnya tdk sama dgn vivo y21, akhirnya masalahnya tdk trselesaikan.

    Jdi, utk bisa mnampilkan org dsekitar saya, gimana caranya kang? Tetimakasih

  24. Mas mau tanya, ini sy mau ngatur dual sim gmn ya? Udah cek disetting mobile network ga ada option nya, jadi gini sy pengennya utk sms&telfon pakai sim 1 sedangkan utk internet pakai sim 2, gimana mas setting nya?

    1. Untuk telpon begini: masuk ke telepon, tekan tombol menu (sebelah kiri tombol home), pilih Call setting, default Call card setting, nah pilih deh di sana.

      Untuk data masuk ke setting umum, mobile network, data card, pilih deh.

      Untuk sms kan tinggal klik sim 1 atau 2 ketika mau mengirim.

      Semoga membantu 🙂

  25. ka diki aku tanya dong .. kan aku barusan perbaharui sistem jadi 21, tapi kok malah skarang udah nggak bisa download ? biasanya juga aku downloadnya lancar” sebelum perbaharui, skarang downloadnya jadi lelet gitu , trus jaringan internetnya nyala seperlunya padahal lagi download tapi tanda panah atas dan panah bawah yang dibawah tulisan H+2 nya nyala kalo pake aja .. ada solusinya ka ?

  26. Mas mau nanya kenapa pas di bag versi android 5.1 di klik ga muncul bentuk lolipop nya yah
    Ga sama kaya android lain d klik 7 kali langsung keluar versi ” nya

    1. Setelah memastikan sim card terpasang dengan baik di slot-nya. Cek ke bagian setting>mobile network lihat bagian sim 2, kalau belum aktif, klik slider untuk mengaktifkan.

      Bila belum berhasil, silahkan reboot vivo nya.

      Semoga membantu 🙂

    1. Mbak Anggie,

      1. Multi tasking? Geser jempol dari bawah ke atas. Nanti muncul semua aplikasi yang pernah dijalankan.

      2. Screenshot simple: tekan tombol Power dan Home secara bersamaan.

      Semoga membantu 🙂

  27. Mas ini tadi habis instal pembaruan kok malah macet ya …. Dari tadi app starting up …. Ada apa dengan hape ku ya … Ada yang bisa bantu …

  28. Mas, seru ya baca review Dan komentar nya sisini, agresif banet. Btw, says mau minta pendapat dong, kalau punya budget 3jt, lebih baik pilih hp apa ya? Rencana nya baru kepikiran vivo V3 Dan K4 note. Trims

    1. Kang Daniels,

      Saya sama sekali tidak tertarik dengan K4 note. Bentuk dan ukurannya kurang sreg.

      Vivo V3 lagi saya tungguin turun harga lagi, hehehe. Tapi kalau sudah tidak tahan, buat saya tidak ada keraguan V3 jawabannya.

      Alasan? kualitas pengerjaan oke, hi-fi sebagai pembeda, OS nya luar biasa, juga fitur kamera kayak lumia.

      Semoga semakin bingung 🙂

      1. bingung mau beli yg mna soalnya kmren liat tmen beli a37 kameranya kece .. kalo v3 kan kamera selfienya cuman 5mp ..

        qlo skg sih udah punya y21 yg kamera selfienya 2mp yg udah kece , gmna kalo d v3 yg 5mp yah ? tp ragu jga sih kak , slx blm ad tmn” yg punya smartphone v3 ?? bingung ??

  29. Mas kalau kita pencet tombol paling kanan, trus pilih sembunyikan aplikasi, trus suruh masukkan pasword, lha kok gak ada yang cocok ya…salah melulu..

  30. Kang, cara menampilkan waktu download gmna, dlu saya bisa bisa di tampilkan nge download di layar belakang (notifikasi) , tp sekarng kalau di klik Download anya . gk mau kebuka. itu gmna solusinya kang??
    Terimakasih….

  31. Sory Kang numpang tanYa vivo y21 bisa di root? ? Dan menggunakan apk Apah rootnya? ?
    Hampir semua apps Root di cobaa Ga ada Yg work 🙂 tq

      1. Emng udah smooth kang.. Cuman saya ingin membuka apps yg di block.. Baru x ini saya pake hp dan susah buat di root hheeheehe
        Maklum hobi utak atik kang diki 🙂

    1. Kang Wahyudi,

      Mungkin ada unduhan yang sedang berjalan. Atau aplikasi yang berjalan di latar. Atau sambil di cas, atau browsing juga..

      Seharusnya sih nggak panas ya. Kalau panas artinya ada kerja berlebih yang lagi dilakukan.

  32. Mas, hpe vivo y21 ada lampu led untuk notifikasinya gak sih? Klo ada gimana penganturan nya biar tiap ada notif lampunya idup. Makasih

  33. Kang, mo tanya nih, knp ya di vivo y21 untuk buka email yahoo di aplikasi email selalu ditolak dg keterangan harus mengaktifkan pop3/imap/smtp. Basicnya saya pakai akun google di hp, dan saya mo mengaktifkan akun yahoo juga tp selalu ditolak. Saya gak tau pengaturan pop3/imal/smtp vivo. Makasih kang

    1. Mae,

      Bisa lewat setting > Account & sync > add Account > personal imap > selebihnya masukkan nama email nya, password.

      Nah nanti di aplikasi Gmail nya ada dua email yang aktif.

      Begitu.. Oh iya, data harus ada ya 🙂

    1. Kang Ilham P,

      Saya lebih suka funtouch OS nya Vivo y21. Belum lagi fitur glance screen dan mode kamera profesional nya.

      Vivo Y31 sudah turun harga juga tuh. Layarnya sudah HD, harga beda seratus ribu daripada y21.

  34. Ka tolong respon dan bantu ya ka, aku ga sengaja install funtouch os.. pas udah jd mlah jlek gini tampilan warna layar + fotonya, jd jlek dan ga jernih, aku bingung. Pengen balik ke yg sblumnya, caranya gmna ya ka, tolong di bantu dan respon, makasih ka ???

  35. Permisi mas .. Mau nanya aku
    kan aktifin kunci layar pola /
    geser terus sekarang mau matiin
    kunci layarnya soalnya ribet kalo
    pake kunci layar, tapi kok malah
    nggak bisa yah ubah ke “tidak
    ada/geser” ? Katanya sih
    “dinonaktifkan oleh
    administrator” terus tulisannya
    kabur gitu nggak bisa diklik ..
    Mohon bantuannya yah

  36. Kak ini aku instal bbm trs pass buka mau login kok nggak bisa ya knpa?
    Kok malah ada tulisan kalo data atau koneksi gabisa harus pake wifi.
    Tapi chat line sama wa lanccar terus.
    Trs pass aku pake wifi juga tetep nggak bisa.
    Itu gmna ya kak??
    Mohon dibantu ya kak.

  37. Mas mau nanya aku pake vivo Y55. Aku kan udah ngirim pesan ke temenku, itu terkirim. Trs temenku mbales, padahal dihapenya mereka terkirim tapi dihapeku engga ada sms masuk. Trs aku coba kartunya tak lepas aku ganti ke hape biasa, smsnya masuk. Gimana ya mas biar kaya pertama lagi? Smsnya pada masuk ke Hapeku gitu.

  38. Gara-gara baca tulisan ini sy beli Vivo Y21, puas banget
    Batrai awet, layar cerah, musik oke, fitur seabrek, kamera yahud, performa top,
    Jd gak ragu lagi rekomendasikan Vivo buat teman/keluarga 🙂

  39. Mohon bantuannya kang untuk jaringan vivo y21 ini kenapa tidak bisa stabil sering menghilang kedua-duanya bahkan tidak ada sama sekali asluhu gelap haha, padahal waktu baru beli jaringanya masih normal meskipun tidak sampai full, kalau sekarang untuk nelpon saja tidak bisa, di tempat saya support jaringan (4G LTE, 3G dan 2G) terimakasih kang

    1. Kang Adein,

      1. Coba masuk ke network mode. Lihat di sana preferensi-nya apa. Dicoba gonta-ganti saja antara 3G dan 2G.

      2. Coba ganti kartu sim dengan operator berbeda, atau bahkan dengan operator sama. Bisa jadi jaringan lagi error, atau sim nya yang error.

      Mungkin itu kang …

  40. mas dikki, versi funtouch yang baru 1.12.3 sekarang tuh pas restart tulisannya bukan hi-fi n smart, malah camera n music…bedanya apa ya?
    baiknya kembali ke versi lama atau tetap yang baru y???

      1. emang sich gk ada perubahan yang begitu terasa saat pemakaian, cm perubahan tagline vivo ya…
        ok terimakasih…

  41. Assalamualaikum …
    Kak mau nanyak nih, kok kamera blakang vivo y21 sya mulai agak rabun hasilnya pdahal awal beli gambarnya jernih aja. Apakah blakangan ini ada pengaturannya sy rubah kak.. Mohon bantuannya kak?

    1. Waalaikumsalam Marki,

      Pastikan pencahayaan cukup dan auto fokus yang bekerja, bukan manual.

      Kalau masih buram juga lihat detil fotonya, berapa iso nya, berapa shutter speed (s) nya. Iso 100 paling jernih, shutter speed di bawah 1/50 biasanya objek yang bergerak jadi blur.

  42. Kang dikiiii…makasih bnyk review nya kang,,, huh untung ada kang diki,,, sekarang pola yg dulu ngga bisa dinonaktifin sekarang udah bisa

  43. Ka mau tanya lagi dong, fungsi pembaruan vivo itu untuk apa? Pengaruh nya dimana? Dan klo udh di perbarui apa bsa kmbali ke awal lgi?

  44. Saya pake Y28 kalo cara matiin waktu pemakean sih caranya gimana yah soalnya karo waktu pemakeannya udah berjam jam hpnya selalu mati sendiri mohon tanggapannya yah

    1. maaf kalo boleh saya balas, masuk setting(pengaturan)>more setting(pengaturan lainnya)>task timer(timer tugas)>scheduled power on/of (daya hidup/mati terjadwal) dari situ silahkan atur sendiri atau pun di matikan schedule nya…hehehe

  45. Mas hp saya v y51. Agak nyeleweng maaf.
    Vivo kan ada cleaner sendiri i meneger nah setiap di bersihkan aplikasinya kan ke apus semua yg ada di ram.
    Nah kan ada yg gx ke apus seperti bbm dan facebook.
    Nah cara nambahinnya gimna aku mau ame saya jugak gx bisa ke apus seperti bbm Mass.
    Klok gx salah di daftar putih tapi saya gx tau di mna pengaturannya. .?

    1. Kang/Mba Rizky,

      Ada dua caranya, (1) tekan lama aplikasi di akses cepat, nanti muncul pilihan add to whitelist. (2) masuk ke imanager>setting>speedup whitelist> nah pilih aplikasi yang mau di-whitelist-in.

    1. Mba Pink,

      Pembaruan biasanya ada penambahan fitur, pembasmian kutu (bug), dan perbaikan sistem keamanan. Biasanya sih dikasih tau apa-apa yang diperbarui.

      Kembali seperti semula masih sangat bisa. Tenang saja 🙂

      1. Mas mau nanya, vivo y21 saya versi 1.12.5 tapi mengembalikan ke versi sebelumnya yaitu 1.11.7 soalnya batreiku boros sejak pake versi yg skrg.
        Bagiamana caranya?

  46. Mas mau nanya dong kenapa ya kok perekam layar saya gak bisa di gunain tiba tiba ngilang gitu aja, padahal memori kosong. Terus munculnya di status bar pas di pencet stop lalu saya putar videonya malah error. Bisa di bantu mas?

  47. assalamualaikum kang…saya baru beli vivi J21 dapat 1 bulan mintak upgrade…prosesnya kok lama ya kang, hampir lebih dari 3 jam. baterai aku cabut…apa pengaruh kang…terima kasih atas saran dan ilmunya kang

    1. Wa’alaikumsalam Kang Abdul Rohman,

      Seingat saya memang ada update terbaru bulan februari ini. Tapi prosesnya paling 20 menit (instalasi ya bukan download).

      Kalau cabut batere, paling ulang lagi dari awal instalasinya.

      1. assalamulaikumm

        mas mau tayak
        mengapa layar sudah 3 jam tapi muncul app starting up terus tidak bisa dibuka masih seperti layarnya hitam vivo camera dan music

  48. Mau nanyaa,cara restartnya gimana mas kalo abis install terus app starting up terus,udah sejam layarnya item kaya gitu?kalo cabut baterai apa pengaruhnya?kira kira datanya ilang semua gak?makasih sebelumnyaa mas…

  49. Mas mau nanya, vivo y21 saya versi 1.12.5 tapi mengembalikan ke versi sebelumnya yaitu 1.11.7 soalnya batreiku boros sejak pake versi yg skrg.
    Bagiamana caranya?

  50. Assalamualaikum kang mau tanyaa. itu kan suka muncul pembaharuan yang ijo ijo gitu di notification, kalo kayak gitu harus kita perbaharui atau enggak sii??
    terimaka kasih.

  51. Kang maaf ganggu mau tanya kalau munculin fitur tlp dan sms sama fitur2 yg lain kayak bbm,wa gitu gmn ya bang tks ya Jbu

  52. kak diki, aku kan baru beli hp vivo y21 dan funtouch nya versi 1.12.3
    itu lebih baik di update lagi tidak? kalo misal di update, naik ke versi berapa?
    dan apa efeknya jika tidak di update?
    terimakasih

    1. Wah..

      Sudah berapa lama?

      Kalau bisa jangan langsung dinyalain. Tapi buka semua dulu (termasuk batere), terus jemur+angin-anginin.

      Kalau belum terlalu lama semoga masih ada harapan.

  53. Mas, saya agak kebingungan. Setting keamanan biasanya ada pilihan pola & sandi tp malah g da, knp y? Trz d saat bersamaan album gallery & video jg hilang, knp tuh? Sebelumnya saya tes, lwt aplkasi WA saya langsung save pas liat galeri tp hasilnya g nampak.. Mohon bantuannya, makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.