Shockbreaker Alternatif Untuk Suzuki Shooter

Suzuki Shooter Shockbreaker -1

Kapan peredam kejut mencapai umurnya?

PEREDAM kejut memiliki umur. Seperti komponen sepeda motor pada umumnya. Untuk motor bebek biasanya ada empat. Dua di belakang dua di depan. Kecuali mereka yang menyandang predikat sebagai bebek super, peredam kejut bagian belakang biasanya sendirian.

***

EDA telah berumur 2,5 tahun. Peredam kejut Suzuki Shooter yang saya pinang Februari 2014 dulu itu sedikit banyak telah berubah. Rasanya sekarang lebih keras. Pantulannya tidak seempuk dulu. Bila berboncengan lalu melewati polisi tidur, biasanya akan terasa sampai ke pangkal. Mentok.

Apakah itu pertanda peredam kejut Suzuki Shooter saya sudah mencapai umurnya? Mungkin iya. Mungkin tidak. Meski begitu saya terus mencari referensi tentang peredam kejut yang kira-kira pas untuk menggantikannya.

Beruntung ada Kang Avegates yang setia memberi informasi mengenai Suzuki Shooter-nya. Kang Avegates mengganti peredam kejut suzuki shooter dengan Kayaba Zeto 340mm. Lebih keras, tapi lebih stabil katanya. Ceritanya lengkapnya bisa lihat di sini.

Saya? Malah terpikir untuk menggantinya dengan peredam kejut milik Shogun 125. Karena desainnya mirip, karakter juga tidak terlalu jauh seharusnya. Beruntung sudah ada yang mengaplikasikannya.

Suzuki Shooter Shockbreaker -2

Hasilnya seperti pada gambar. Ternyata memang tidak pas buat mata saya. Bagian pangkal atas terlihat mengecil. Bagian ini tidak terlihat di Shogun, dilahap bodi. Pangkal bawah juga ternyata lebih tinggi dari peredam kejut Shooter.

Apakah ini membuat Suzuki Shooter menjadi lebih tinggi? Mungkin. Saya belum mencoba. Sebenarnya ingin, cuma saya tidak menemukan pemilik Si Merah itu.

Jadinya? Saya malah terpikir untuk memasangkannya dengan shockbreaker milik Yamaha Jupiter Z generasi 2. Itu tuh, keluaran tahun 2004-2005.

Shockbreaker Yamaha Jupiter Z 2004-1

Alasannya, karena pangkalnya sama-sama tidak masuk ke bodi. Balutan warna chrome juga serasi dengan si Eda. Ukurannya? Sama sekali belum coba. Begitu juga dengan rasanya.

Hmmm…. Bagaimana dengan akang-akang sekalian? Sudah ada yang mengganti peredam kejut dengan yang baru?

 

salam,

diki septerian

 

8 thoughts on “Shockbreaker Alternatif Untuk Suzuki Shooter

  1. shock bebek yamaha 275 mm.
    shooter bakalan mendelep kalo pake shock yamaha.
    yg pas ya 340 mm.
    coba merk kitaco (ktc), desain n warnanya lebih elegan dr yss n kyb

  2. oiya lupa, sedikit info buat piringan cakram shooter bisa kanibal sama punya smash ato titan (pengalaman pribadi) untuk info part yang lain segera menyusul.. hee..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.