Sirkus Pohon

sirkus pohon ds-03

Tentang buku barunya Andrea Hirata.

***

Bila What the Dog Saw-nya Malcolm Gladwell mengundang senyum. Maka, Sirkus Pohon-nya Andrea Hirata menjadikan tawa terbahak-bahak.

Dari dulu saya selalu menyukai majas personifikasi. Sirkus Pohon menggunakannya dengan sangat alami, kalau tidak disebut indah.

Awalnya saya terganggu dengan sudut pandang orang pertama. Sebagai karakter utama, ia dikenalkan sebagai sosok yang dungu dan bodoh. Tapi, karakter seperti itu kok bisa bercerita dengan lihainya, memiliki kosakata sedemikian beraneka-nya.

Cuma, ternyata ada sesuatu setelahnya …

sirkus pohon ds-05

***

Sirkus Pohon merupakan karya baru Andrea Hirata, cetakan pertama bulan Agustus 2017. Dari sekian buku yang ada di foto status FB istri saya, buku ini yang paling banyak mendapat respon. Karena penulisnya? Karena genre-nya? Karena baru-nya? Entah.

Saya membeli karena Lead dari penulis sendiri. Setelah selesai dengan What the Dog Saw, Sirkus Pohon langsung menemani perjalanan saya ke Sukabumi. Dan ia tuntas terbaca ketika saya sampai kembali di Depok esoknya. Buku setebal tiga ratus delapan puluh tiga halaman itu begitu ringan, baik isi maupun fisiknya.

sirkus pohon ds-02

***

Berawal dari monolog aku tentang pohon Delima yang ada di pekarangan rumahnya, Alur Sirkus Pohon dimulai dari tengah, lalu mundur, kemudian maju terus. Karakternya beragam. Dengan fokus utama pada dua kisah berlatar beda. Namun garisnya kira-kira sama: Hopeless Romantic.

Cerita yang nge-Pop, latar yang eksotik, sosok-sosok yang jarang dilirik, Sirkus Pohon pasti memikat banyak penggemar. Apalagi pada halaman awal, Andrea Hirata telah bersuara, “Fiksi, cara terbaik menceritakan fakta”. Membuat Sirkus Pohon layak diadaptasi menjadi cerita bergerak, alias Film.

Cuma … Lelaki Harimau-nya Eka Kurniawan memang sulit dilawan. Paling tidak oleh selera saya. Buku terbitan 2014 itu masih membekas diingatan. Mungkin karena ujung ceritanya yang sudah diketahui dari awal?

sirkus pohon ds-04

 

salam,

diki septerian

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.