Umur Aki Suzuki Shooter

aki-suzuki-shooter-01

Akhirnya ganti juga.

***

SETELAH menempuh jarak 43.462 Km akhirnya Aki NS admiral NTZ4V milik EDA berhenti bernafas. Bila dihitung jarak waktu maka ia telah menghidupi EDA selama 2 tahun lebih 7 bulan. Impresif? Buat saya iya, karena membaca beberapa cerita tentang aki NS umurnya rata-rata 1 tahun.

EDA menolak untuk hidup saat Jum’at kemarin. Sore saat pulang kantor, EDA saya perlakukan seperti biasa: starter elektrik untuk menghidupkan dan memanaskan. Namun sayang, distarter tidak bisa menyala, di tengah tarikan malah putus. Semua kelistrikan mati. Tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Di engkol pun sama saja. Tidak pernah bisa menghidupkannya kembali.

Hari mendekati maghrib. Hujan juga mulai turun. Tidak ada lagi beres yang buka, bengkel pinggir jalan pun letaknya cukup membuat badan berkeringat untuk mencapainya. Pilihan saya? Menelepon HALO SUZUKI 0800-1100-800 (bebas pulsa). Sayang disayang. Tidak pernah berhasil, sibuk, dan tidak ada yang melayani.

Akhirnya? Menelepon Shop & Drive. Menanyakan apakah bisa melihat dan membawa aki untuk si EDA. Namun, sayang disayang juga, untuk motor belum ada pelayanan seperti itu. Pelanggan tetap harus membeli dan memasangnya sendiri.

Baiklah kalau begitu. Saya putuskan untuk membelinya setelah maghriban. Dan, ternyata tidak jadi juga. Karena hujan begitu derasnya. Terlalu beresiko untuk menembusnya dengan Ojeg. Lagi pula Shop and drive tutup jam 19.00. Akhirnya? Saya tinggalkan EDA di kantor.

***

Hari ini baru sempat saya melihat EDA lagi. Betapa bahagianya saya. Ia masih di sana, meski tidak lagi bisa berjalan. Saya segera membeli aki pengganti. Tujuan utama ke shop & drive, tapi ternyata lagi-lagi tidak jadi. Karena belum buka. Padahal sudah jam 8 lebih. Saya maju sedikit di jalan Garuda, ingat pernah service EDA di beres sana.

Namun? Tutup juga. Dan bahkan (sepertinya) untuk selamanya. T_T

Untungnya, bengkel di sekitran Ketan Susu Kemayoran sudah ada yang buka. Pernah juga saya ganti oli di sana. Dan, untungnya lagi aki yang dimaksud ada, harganya lebih murah pula!

injektor-cleaner-dan-aki-suzuki-shooter-05

AKi GS GTZ5S. 12V 3,5A. Sedikit berbeda dengan NS admiral tadi. Beda 0,5A. Mudah-mudahan tidak kenapa-kenapa. Harga yang ditawarkan Shop & Drive Rp 219.000 sedangkan di bengkel itu Rp 185.000 saja. Lumayan, kang!

Saya bawa ke tempat EDA, saya bongkar dan pasang sendiri. Lalu deg-degan …

Putar kunci kontak, indikator speedo menyala. Saya engkol, hidup ! Alhamdulillah. Saya sempat berpikir, jangan-jangan seperti Vario 125 milik teman saya yang mengalami gejala sama, tapi masalahnya di kabel, bukan di aki.

Untungnya tidak.

***

Setelah itu EDA saya ganti olinya, juga service. Di bengkel itu juga. Bersih-bersih injektor, dan minta ganti filter oli (yang ternyata tidak perlu, masih bersih katanya).

injektor-cleaner-dan-aki-suzuki-shooter-02

injektor-cleaner-dan-aki-suzuki-shooter-03

injektor-cleaner-dan-aki-suzuki-shooter-04

Jadi, bagaimana dengan akang-akang sekalian? Berapa umur aki si Suzuki Shooter? Jangan ragu untuk berbagi ya 🙂

 

salam,

diki septerian

 

2 thoughts on “Umur Aki Suzuki Shooter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.