vivo V5 Plus VS nubia M2

Sama-sama Qualcomm Snapdragon 625, sama-sama memiliki 3 kamera.

***

Masih perlukah vivo V5 Plus diperkenalkan? Handphone dengan kemera depan 20+8MP ditambah dengan sinar yang lembut, di poles dengan fitur blur “Bokeh” hingga membuat selfie tampak seperti jepretan kamera DSLR itu memang memesona. (hoossshh…panjang betul ini kalimat).

Bahkan vivo V5 Plus boleh berbangga, karena kemudian saudara dekatnya—OPPO F3 Series—mengikuti jejaknya. Tapi, bagaimana bila ada yang menginginkan kamera ganda itu ada di belakang?

Huawei P9 (sekarang malah sudah muncul P10) dan Iphone 7 Plus jawabannya.

Tapi, mihil kang!

Di sinilah Nubia M2 mengisi celah. Harga perkenalan Rp 4,4 juta dirasa pantas.

***

Nubia apaan sih?

Awalnya brand di bawah raksasa jaringan dari China ZTE. Jangan tanya lagi ZTE apaan yah. Hehe. Nubia hadir sebagai pelengkap. Seperti halnya Huawei dengan Honor-nya. Lenovo dengan ZUK-nya. Nubia fokus pada jalur distribusi daring (online). Buat apa? Supaya bisa menahan laju Xiaomi, Oneplus, dan beberapa brand lain yang memang mengokohkan diri sebagai brand dengan ponsel flagship harga terjangkau.

Saya pribadi memang menantikan brand ini untuk ikut nimbrung di Indonesia. Karena, Nubia rasanya mampu menghadirkan ponsel yang saya inginkan. Coba tengok Nubia Z11, ponsel tanpa tepi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820 itu tidak hanya cantik, ehm, ia juga memadukan dua hal yang menjadi perhatian saya: audio dan kamera.

Cuma sayang, handphone flagship itu tidak ikut diboyong saat peluncuran Nubia M2, M2 Lite, dan N1 Lite kemarin.

Oke deh, cukup pelajaran sejarahnya. Kita lanjut ke komparasi.

***

Ukuran, Desain, Ergonomi

Dua-duanya sama-sama berlayar 5.5 inchi. Dimensi-nya yang berbeda. V5 Plus lebih ramping (74 vs 75.9 mm), sedangkan M2 lebih tipis (7.26 vs 7mm). Ya elah segitu aja kang! Eits… tunggu dulu. Tahu Galaxy terbaru itu? Layar 5.8 inchi tapi tidak lebih lebar dari Oneplus X yang berlayar 5.0 inchi (68 vs 69mm)! Semakin ramping, semakin nyaman digenggam. Untuk urusan ini, vivo V5 lebih unggul?

Belum tentu. Harus ada pembuktian, ukuran di atas, saya dapatkan dari laman lain, laman Nubia tidak mencantumkan berapa dimensi-nya. Oh, iya.. dua-duanya juga sudah menganut tepian layar yang hampir tanpa tepi. Hampir loh ya.

Performa

Ini tidak perlu dibahas dulu. Sama-sama menggunakan bintang kelas menengah: Qualcomm Snapdragon 625. Ditambah dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB (V5 Plus tidak ada slot khusus micro SD?). Yang akan membedakan nanti adalah rasanya, OS-nya. Dari awal, saya penikmat Funtouch OS. Nubia UI? Belum pernah coba. Tapi kayaknya tidak kalah simpel, lancar dan berlimpah fitur seperti Funtouch OS.

Selfie atau Asli

Coba cek album kamera handphone sekarang. Objek apa yang paling banyak di foto? Bila wajah sendiri, maka pilihannya mudah: V5 Plus. Tapi, bila kebanyakan foto objek atau orang lain, maka M2 lebih pas. Saya lebih tertarik dengan tawaran M2, karena selain kamera dengan sensor monokrom (yang katanya akan menangkap cahaya lebih banyak dari sensor RGB) ada fitur lain: DNG. Iya, dari seabrek fitur yang ada di Nubia M2 mata saya tertuju ke satu itu. Benarkah kita bisa memotret RAW dengan Nubia M2. Bila iya, maka nilai plus jadinya.

RAW? vivo V5 Plus bisa bikin Bokeh loh! Nubia M2 juga bisa. Sama-sama ada fitur untuk mengatur aperture. Jadi sama-sama bisa mengatur tingkat ketidakjelasan objek yang kita foto. Kamera handphone sekarang canggih-canggih yeuh!

Audio

Nubia M2 tidak memakai chip bawaan untuk mengolah file digital menjadi analog. TAS2555, amply dari Texas Instrumen dipercaya M2 untuk menyajikan pengalaman audio terbaik. Ditambah fitur DTS 7.1 untuk pengeras suaranya. Sedangakan V5 Plus? Masih setia dengan AK4376 dari Asahi Kasei Microdevice sebagai DAC istimewanya.

Pelayanan, Garansi, dan Lainnya

vivo belum menghadirkan warna HITAM sebagai pelengkap V5 Plus, sedangkan kita (eh, saya) bisa memilih mau Nubia M2 berwarna hitam ataupun emas. Nubia masih sangat baru di sini, jadi cakupan area garansi yang ditawarkan (mungkin) tidak seluas vivo. Cuma, menariknya ada layanan pick up service yang disediakan. Tapi, vivo V5 Plus garansi-nya 2 tahun loh!

M2 sajalah kalau begitu, lebih murah 200 ribu!

Tunggu dulu. Isi di dalam kotak Nubia M2 begitu polosnya. Bandingkan dengan vivo V5 Plus! Belum lagi ada kotak gift gratis yang isinya macam-macam itu. Perbedaan 200 ribu tidak lagi terasa.

Oke.. jadi, mau lihat review yang mana?

Hehe, sekian catatan saya sebelum membeli sesuatu.

***

[Update 12 Mei 2017]!!! Pre Order sudah dibuka sekarang. Ada promonya lagi! Nubia M2 bisa dibawa pulang 4 juta doangan. Aiiih…

nubia pre oreder lazada

***

 

***

Tabel Komparasi vivo V5 Plus VS Nubia M2

 

Vivo V5 Plus

Nubia M2

Harga

Rp 4,6 Juta

Rp 4,4 Juta

Display

5.5 Inchi

IPS Full HD

Gorila Glass 5, 2.5D

5.5 Inchi

Amoled Full HD

Gorila Glass 5?

Ukuran

152.58 x 74 x 7.26 mm

154.5 x 75.9 x 7.0 mm

Chipset

Qualcomm SD 625

Qualcomm SD 625

Memori

RAM 4 GB

Internal 64 GB

RAM 4GB

Internal 64GB

Slot

Dual Nano Sim, tanpa slot micro SD

Dual Sim, bisa tambah micro SD

Jaringan

Hingga 4G LTE GSM+ CDMA band 40

Hingga 4G LTE GSM+CDMA Band 38/39/40/41

Koneksi

Bluetooth 4.0

USB 2.0

OTG

Wi-Fi 2.4Ghz/ 5Ghz

Bluetooth 4.1

USB C

OTG?

Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac 2.4Ghz dan 5Ghz

Kamera

Belakang 16MP, f2.2, 4K

Depan (20+8)MP f2.0 moonlight

 

Belakang (13+13)MP f2.2, sensor warna RGB dan Monokrom

Depan 16MP f2.0

Audio

DAC AK4376, Smart AMP

AMP TAS2555, DTS 7.1

Baterai

3160mAh

Quick Charging

3630mAh

Quick Charging

Warna

Emas (depan putih)

Hitam emas (depan hitam)

Emas (depan putih)

OS

Android 6.0 Marshmallow

Funtouch OS 3.0

Android 6.0

Neo Vision 6.5 Nubia UI 4.0

Sensor

Kompas Elektronik

Ambien Light

Proximity

Accelerometer

Gyro

Kompas Elektronik

G-Sensor

Proximity

Gyro

Hall Sensor

Isi Kotak

V5Plus

Headphone XE680

Dokumen

Kabel micro USB to USB

Charger

SIM Ejector

Protective Case

Screen Prtektor (1 terpasang+1 cadangan)

Nubia M2

Charger

Kabel USB tipe C

Kartu Garansi

Eject tool

Service

Tersebar seluruh Indonesia

Pick-up Service. (belum tahu daerah mana saja yang
dapat dijangkau)