Vivo V5: Ponsel dengan Kamera Depan 20MP + Sinar Bulan Pertama di Dunia

vivo-v5-india-launch-7

Ponsel seharga 3,5 juta yang menjadi awal perubahan Vivo.

***

Vivo V5 menjadi penanda perusahan asal negeri tirai bambu itu memantapkan haluan. Tidak lagi ada tagline Hi-Fi & Smart yang di usung sejak 2009 2012 lalu. Kini tagline Camera & Music menjadi dasar produk-produk yang akan diluncurkan kemudian.

Melegakan memang. Vivo tidak meninggalkan DNA Hi-Fi nya pada Vivo V5. Buktinya DAC khusus tetap disematkan, bahkan mengalami peningkatan. Bila Vivo V3 membuat perbedaan dengan AK4375, kini V5 lebih mentereng dengan AK4376.


vivo-v5-india-launch-11

Bagian yang menjadi sorotan tentu kamera depannya yang lebih baik daripada kamera belakang. Tren ini jelas bukan Vivo yang memulai. Saudara kandung yang juga sekaligus penantang terdekatnya si “Selfie Expert” OPPO yang menjadi anutan. Tapi, Vivo melangkah lebih jauh. Ia tidak sekadar menempatkan kamera dengan resolusi 20MP dan ukuran sensor 1/2.78 inchi serta bukaan F/2.0 pada bagian depan, tapi melengkapinya dengan sinar bulan “Moonlight” yang lembut. Bahkan Kang Kent Cheng (CEO Vivo India, atau si Manager ya yang bilang, hilap euy ^^) menyebutnya sebagai yang pertama di dunia!

Beberapa ponsel memang memiliki LED Flash pada bagian depannya. Hal itu dimaksudkan agar wajah tetap terlihat meski dalam keadaan gelap. Tapi ini bukan solusi terbaik. Seringkali wajah terpapar cahaya berlebihan dan latar belakang gelap sama sekali. Vivo menghadirkan solusi lebih baik: cahaya lembut atau Vivo memasarkannya dengan Moonlight (errmm…tentu klaim ini perlu pembuktian).

Tidak berhenti pada perangkat keras. Vivo V5 juga dilengkapi dengan Face Beauty 6.0, sebuah perangkat lunak kulikan Vivo sendiri agar kulit wajah terlihat lebih natural.

Vivo V5 bisa saja menjadi penantang serius di kelas menengah. Lihat saja spesifikasi lainnya: Ram 4GB, internal memori 32 GB yang bisa ditambahkan dengan micro SD, Chipsetnya 8 inti 64-bit, Kamera belakang 13 MP dengan Phase Detect Auto Focus, baterai 3000mAh, layar IPS 5.5 inchi, pemindai sidik jari, jaringan 4G-LTE, desain elegan dengan bahan dasar logam serta layar melengkung 2.5D.

Apalagi yang kurang?

Ternyata ada bagian yang memang Vivo pangkas. Amatan saya ada pada kerapatan layar yang hanya HD saja. Xiaomi Redmi Note 3 yang dijual resmi sekitar 2.4 juta bahkan layarnya sudah Full HD. Juga chipsetnya: bukan Qualcomm SD 652 seperti pada Vivo V3 Max, melainkan Mediatek 6750.

Kabar baiknya?

Ada versi grey dengan tampilan depan hitam gelap tanpa label apapun! (Vivo akhirnya mendengar jeritan saya).

vivo-v5-india-launch-20

Selain perangkat keras yang membuat perasaan campur aduk. Kabar baik lainnya ada pada sisi sistem operasi. Vivo V5 sudah menganut Android 6.0 Marshmallow dengan Funtouch OS 2.6. Bukan paling baru memang, setidaknya tidak lagi tertinggal seperti V3 yang masih saja Lollipop. Fitur Eye care dan Split screen yang menjadi andalan pada seri ini.

vivo-v5-india-launch-16

 

Vivo V5 dijual di India dengan harga 17,980 Rupee. Bila dirupiahkan menjadi 3.5 juta. Tentu OPPO F1s dengan harga 3.8 juta menjadi sasaran empuk. Belum lagi Huawei P9 Lite yang memiliki harga sama. Asus Zenfone 3 versi Ram 3GB dan Internal 32GB juga harap-harap cemas.

***

Vivo V5 baru akan dilaunching di Indonesia tanggal 18 19 November (dan 23 November untuk acara peluncurannya) nanti. Tapi, peluncuran di Mumbai India hari ini sudah membuka semua tabirnya. Vivo V5 melengkapi jajaran ponsel kelas menengah Vivo. Cuma punya uang 2.5 juta, ambil Vivo Y55. Punya 3 juta, Ambil V3. Punya 3.5 juta dan kebelet pengin memiliki swafoto sempurna? Jelas pilihannya: Vivo V5.

salam,

diki septerian

***

vivo-v5-india-launch-17

 

vivo-v5-split-screen

Spesifikasi Vivo V5

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.