vivo V5s Pure White Edition Menurut Saya

Plastik fantastik.

***

vivo V5s berhasil membuat saya terkejut. Bukan spesifikasinya. Tapi, build quality-nya. Kulitas pengerjaannya. Bodinya memang dari plastik. Sama seperti kakak dan adiknya V5 dan V5 lite. Cuma, rasanya … Pejal!

Plastik vivo V5 memang bisa mengecoh mata. Warna emas-nya mengesankan bodi handphone itu terbuat dari metal. Begitu juga dengan V5 Lite, sama-sama metal wanna be. Namun, tidak dengan vivo V5s Pure White Edition. Dia tidak lagi “menipu”. Sekali lihat kita akan yakin handphone itu terbuat dari plastik.

Handphone Rp 3,6 juta tapi plastik???

Memangnya kenapa? Nokia Lumia dulu juga begitu. Seringnya plastik. Tapi bukan sembarang plastik. Semua sepakat Lumia 920 itu kokoh minta ampun. Tank baja beberapa menyebutnya. Itu juga yang saya rasakan ketika menggenggam vivo V5s Pure White Edition: plastik tapi fantastik.

Cat-nya mengkilat. Ada ukiran seperti kaligrafi di belakangnya. Bagusnya, ukiran itu bukan pada lapisan terluarnya. Dia ada di dalam, vivo mengaplikasikan cat yang berlapis-lapis. Hasilnya rapi juga indah. Tidak ada kesan murah sama sekali.

***

isi di dalam kotak vivo v5s pure white edition

Tulisan kali ini memang bukan review seperti biasa. Sekadar kesan pertama. Urusan Display, Performa, Funtouch OS, Kamera, Daya tahan baterai, Audio dan lain-lain tidak akan saya bahas detil.

Cuma, kesan saya selama menggunakan begini. Performa gegas. Funtouch OS berbasis Android 6.0 Marshmallow masih menjadi favorit saya seperti biasanya (ada tambahan app clone yang bisa membuat WhatsApp jadi dua). Kamera selfie jernih. Baterai 3000mAh ditunjang dengan charger 10W (5V;2A).

Paket pembelian juga lengkap. Ada jelly case, pelindung layar sudah terpasang. Tambahannya? Bonus hardcase serta garansi panjang 2 tahun.

Kalau diminta menyebut kekurangan, maka … saya menyayangkan pilihan chipset jadul yang masih menggunakan proses pabrikasi 28nm (Mediatek 6750), layar yang belum Full HD dan baterai yang belum Fast Charging. Itu saja.

***

Bila sasaran vivo V5s adalah ABeGeh dan Mamah-Mamah Muda (ehmm…), maka vivo tidak salah jalan. Handphone itu memikat. Layanan purna jualnya juga tidak membuat harap-harap cemas. Namun, vivo V5s tetap bukan handphone untuk semua orang. Para penikmat game berkantong pas-pasan tentu sulit menjadikan handphone ini sebagai incaran.

***

Catatan lain

Oh iya, ketika terhubung dengan internet, maka ada pembaruan sistem. Bukan naik OS ke seri atasnya (Nougat), tapi pembaruan anti virus ke versi Juni, juga beberapa peningkatan performa dan pemberantasan kutu.

***

Spesifikasi vivo V5s Pure White Edition (harga Rp 3.599.000)

Dimensi 153.8 x 75.5 x 7.55mm Berat 154g

Prosesor Mediatek 6750 Octa-core 64bit RAM 4GB Penyimpanan 64GB ROM (mendukung kartu microSD hingga 256GB)

Baterai 3000mAh

Sistem Operasi Funtouch OS 3.0 (berdasarkan Android 6.0)

Layar 5.5” Resolusi 1280 x 720 HD Jenis Sentuh Kapasitif IPS Layar Sentuh Gorilla Glass 3/2.5D/Force Touch

Kamera Depan 20MP / Belakang 13MP Aperture f2.2 (Belakang) / f2.0 (Depan)

Flash Mendukung Selfie Softlight dan Rear Flash

Scene ModesRear Mode:  Normal, Face Beauty, Panorama, HDR, Night, PPT, Pro, Videos, Fast, Slow, Watermark, Camera Filter, Voice Capture, Touch Capture, Palm Capture, Timer
Front Mode:  Normal, Face Beauty, Videos, Voice Capture, Touch Capture, Palm Capture, Timer, Gender Detection, Mirrored Selfie, Bokeh

SIM Slot TypeHybrid SIM Slot, 1 micro SIM + 1 Nano SIM atau 1 Kartu microSD

Mode siaga Dual SIM Dual Standby 2G GSMBand 2/3/5/8 3G WCDMABand 1/5/8 4G FDD-LTEBand 1/3/5/8

Jenis Dual SIM Dual Standby

Hi-Fi Chipset AK4376

Audio Playback AMR, MIDI, OGG, FLAC, WMA, WAV, APE, MP3

Video Playback MP4, 3GP, AVI, MKV, WEBM, WMV, ASF

Perekaman Video MP4 Perekaman Suara Didukung

Wi-Fi Didukung Bluetooth Bluetooth 4.0 USB 2.0

GPS Didukung; OTG Didukung; FM Didukung; Lokasi GLONASS, GPS

Accelerometer Didukung Ambient light sensor Didukung Proximity Sensor Didukung E-compass Didukung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.