Xiaomi Mi A1 Bekas: Dulu Rp3,1 Juta … Sekarang Rp1,3 Juta.

Xiaomi Mi A1 pernah menjadi mantan saya tahun 2017 lalu. Waktu itu, ia menjadi primadona di kelas handphone Rp3 juta. Bukan tanpa sebab, kombinasi harga dan spesifikasi yang pas membuat penjual dan pembeli senang.

Kini posisinya telah resmi diganti oleh Mi A2 dan Mi A2 Lite. Namun, siapa yang bisa menolak handhpone dengan RAM 4 GB, memori internal 64 GB serta chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang dijual seharga Rp1,3 juta saja?

Bodi jadul, Software kekinian

Xiaomi Mi A1 datang ke saya dalam kondisi bekas. Terlihat jejak pemakaian di sana-sini. Bodi belakang memang masih mulus, tapi bekas bumper case menodai ke-hitam-manis-annya. Yang paling kentara adalah LCD-nya. Jelas sudah pernah diganti. Dan penggantian itu menyisakan celah pada sisi-sisi-nya.

Namun tidak masalah, karena setelah dipakaikan pelindung, celah itu tidak lagi terlihat. Toh, sensitivitas-nya tidak terganggu.

xiaomi mi a1 bekas

Mesin di dalamnya juga tidak bermasalah. Bahkan sistem operasi (OS) Androidnya sudah terbaru: Pie.

Dulu, sewaktu saya mengulas handphone yang saya sebut sebagai Neng Mia itu OS-nya masih Android Nougat. Atau versi ke 7. Artinya, Xiaomi menepati janjinya. Ia berhasil mengalahkan ZenFone 3 saya yang masih saja menikmati Oreo 8.0.

Lalu apa yang berubah?

xiaomi mi a1 2018

Silakan akang-akang sekalian mampir ke laman Android, lalu lihat fitur-fitur Android 9, Pie. Saya tidak akan mengulas semuanya, namun tema besarnya adalah: Adaptasi. Adaptasi kecerahan layar, adaptasi penggunaan baterai, adaptasi gestur, hingga adaptasi penggunaan secara keseluruhan. Dan itu yang saya nanti-nanti: Digital Wellbeing.

Dengan sistem tambahan itu, Google dan Android melakukan sesuatu yang aneh. Alih-alih mengajak pengguna untuk tetap pada layar handphone-nya, mereka malah membatasi. Mereka coba mewanti-wanti. Agar handphone tidak menjadi candu, lalu membuat pengguna hilang kendali.

xiaomi mi a1 spesifikasi
xiaomi mi a1 2019
Grafik penggunaan handphone, dapat diatur lebih lanjut melalui dashboard dan wind down

Performa dan hasil jepretan kamera

Untuk pemakaian sehari-hari, perpaduan Snapdragon 625 dan RAM 4 GB masih sangat memadai. Membuka aplikasi, browsing, scrolling, stalking, atau sekadar bermain Candy Crush bukan masalah. Ditambah lagi memori internal pada Xiaomi Mi A1 yang lega: 52.25 GB (dari total 64 GB). Jadinya tidak perlu repot memantau perubahan data pada aplikasi.

xiaomi mi a1 harga
hanya 11,75 GB dari total 64 GB

Performa baterainya yang 3080 mAh juga sangat baik. Apalagi sejak dapat mengisi secara cepat. Rapid Charging. Atau Fast Charging, atau QuickCharge. Apapun namanya, pengisian daya selama 30 menit akan menambah kapasitas sekitar 30-40%. Sudah awet, cepat mengisi pula!

harga terbaru xiaomi mi a1
kapasitas charger 10W, dengan USB tipe C

Lalu bagaimana dengan kamera ganda-nya? Yang benar-benar menjadi pembeda. Silakan dinilai sendiri ya kang. Gambar-gambar berikut saya ambil tanpa sentuhan akhir apapun, sekadar penyusutan (resize) agar foto mudah diunggah.

hasil kamera xiaomi mi a1
dengan kamera utama (f/2.2)
hasil jepretan xiaomi mi a1
dengan kamera ke dua, zoom 2x, f/2.4
hasil kamera mi a1
mode portrait, atau bokeh
xiaomi mi a1 kamera
mencoba rentang dinamis (gelap terang)
dengan kamera ke dua, noise lebih terlihat
xiaomi mi a1 spek
warna oh warna. Tampak natural, atau pudar?
harga xiaomi mi a1 bekas
enaknya punya 2 kamera dengan panjang fokal yang berbeda
xiaomi mi a1 sample image
kamera ke dua
mi a1 indonesia canon
kamera utama/ wide angle

Harga dan pilihan lainnya

Harga Xiaomi Mi A1 bekas yang beredar di pasar daring berkisar Rp 1,3-2 juta. Tergantung kondisi. Semakin tanpa minus, semakin mahal. Tapi, 2 juta kemahalan, deh. Tambah sedikit bisa dapat yang baru.

isi di dalam kotak xiaomi mi a1
bekas tapi lengkap

Dengan harga pasar seperti itu, maka Xiaomi Redmi 6A dan Asus Zenfone Live L1 yang langsung teringat. Unit  baru mereka berdua dapat dimiliki dengan uang di bawah Rp1,5 juta. Cuma … paling-paling dapat kombinasi memori 2/16 GB. Sukur-sukur dapat yang 3/32 GB.

Belum kamera-nya. Belum baterai-nya. Belum kecepatan mengisi-nya. Belum kejernihan layarnya. Belum performa-nya …

camera xiaomi mi a1
kamera ganda menjadi pembeda

Kekurangan, Kelebihan, dan Sekadar Saran

Mari kita simpulkan, bila akang-akang sekalian akan membeli Xiaomi Mi A1 di tahun 2019 ini, maka harus siap dengan kekurangannya: Bodi bongsor dengan layar “hanya” 5,5 inchi.

Kekurangannya itu saja, sih, karena handphone sekarang sudah beralih ke rasio layar 18:9 atau 19:9, yang ramping memanjang. Sedangkan kelebihannya: ada Infra RED, Radio FM, RAM 4 GB, Snapdragon 625, kamera ganda, memori internal lega, VoLte, layar Full HD, OS Android Pie 9 …

Jadi … Sekadar saran. Kalau ternyata sekarang sedang butuh #2019gantihandphone, tapi dompet masih kembang-kempis. Coba cek Xiaomi Mi A1. Cari penjual yang akang-akang percaya, lalu beli.

Sungguh, menggunakan barang bekas yang berkualitas lebih membahagiakan daripada barang baru yang ternyata menipu 🙂

Sampai jumpa lagi, silakan komentarnya para pengguna Mi A1 (atau yang kepingin punya, hihi).

diki septerian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.