Laptop Bisnis Paling Murah

Ia memang beruntung. Pak Haji itu. Dapat Laptop dengan prosesor Intel Core i7-7500U. Tidak gratis sih, cuma harganya bikin iri: Rp 5 juta saja.

Saya berkesempatan mencoba laptop yang ternyata kelasnya sama dengan ThinkPad itu. Mereknya HP, tipenya EliteBook. Serinya EliteBook 820 G4.

Memang bukan keluaran baru, tapi dengan Spesifikasi Intel Core-i7 generasi ke-7 masih pantaslah disebut baru. Apalagi unit itu minim sekali bekas pemakaian.

laptop bisnis paling murah
hp elitebook 820 warna silver, elegan, bahan metal

Dan tidak berlebihan juga kalau saya katakan ini laptop bisnis paling murah. Paling bertenaga. Di luar sana jelas ada spesifikasi laptop bisnis di atas ini, tapi dapatkah mengalahkan harganya?

Selain harga, apa kehebatan laptop ini?

Memori internal. Atau SSD-nya. Saya sempat tertipu dengan ruang penyimpanan 500 GB yang dimiliki laptop 12,5 inci itu. Saya kira itu HDD (Harddisk), tidak tahunya itu SSD (Solid State Drive). Dan bukan sembarang SSD. SSD dengan kelas tertinggi: NVMe.

Saya coba jalankan tes, dan benar kecepatannya jauh meninggalkan SSD SATA yang tertanam pada ThinkPad X250 yang sedang saya gunakan.

kecepatan ssd sata
Ini kecepatan baca dan tulis dari SSD SATA yang ada di Thinkpad x250

Pantas saja laptop ini ngebut sekali. Membuka apa saja cepat. Memang belum saya coba untuk main game atau melakukan editing di sini. Tapi rasanya akan mampu, cuma yang perlu diteliti adalah keluaran panasnya.

kecepatan ssd m.2 nvme
sedangkan ini kecepatan ssd m.2 nvme pada elitebook

Kelebihan lainnya ada di kualitas pengerjaan. HP EliteBook 820 G4 dibuat dengan standar tinggi. Bodinya aluminium kokoh. Sasisnya mungkin juga dari logam. Yang pasti laptop ini tidak terasa ringkih sama sekali.

Sisi keamanan jelas menjadi prioritas laptop kelas bisnis. Selain fisik tangguh tadi, laptop ini juga dilengkapi dengan pembaca FingerPrint dan SmartCard agar lebih aman.

hp elitebook 820 g4
Tempat kunci, tempat keluar panas (heatsink), port vga, usb 3, dan smartcard reader

Yang mengejutkan, ternyata laptop bisnis paling murah ini dilengkapi sistem audio yang mumpuni. HP EliteBook 820 G4 bekerja sama dengan Bang & Olufsen untuk memberikan pengalaman audio yang menghanyutkan.

Speaker-nya jelas lebih baik dari seri ThinkPad manapun yang pernah saya gunakan. Tidak cempreng, terdengar jernih dan luas suaranya. Meski jangan terlalu berharap pada bas. Begitu juga dengan keluaran suara dari lubang audio 3,5mm. Bersih, jelas, nyaring dan detil.

Urusan koneksi juga lengkap: Semua tetap ada walau laptop ini tergolong tipis. Koneksi tradisional seperti VGA dan kartu SD tidak dilupakan. Lubang displayport juga tidak dibuat mini. Bahkan sudah dilengkapi dengan USB tipe-C, dan selot kartu SIM mini.

laptop kerja murah terbaik 2019
port yang lengkap: USB tipe C, DisplayPort 1.2, Audio/Mic kombo, USB 3.1, Ethernet LAN, SimCard Selot, Docking, dan lubang charger

Namanya juga laptop bisnis paling murah. Tentu ada celanya. Cela itu masih bisa dimaafkan sebenarnya, hanya saja sangat disayangkan: resolusi layarnya masih HD.

HP EliteBook 820 G4 memang tersedia dalam berbagai konfigurasi. Prosesornya bisa pilih mau Intel Core-i5 atau Core-i7. Ruang penyimpanannya juga melimpah opsi. Mulai dari HDD biasa, SSD M.2 NVMe hingga SSD NVMe OPAL 2 atau gabungan HDD dan SSD. Begitu juga dengan Layarnya …

Padahal saya sudah senang sekali saat menyentuh laptop ringan nan kuat ini. Namun seketika kecewa dengan layar anti-glare yang tidak jauh berbeda dengan ThinkPad X250. Bahkan layarnya sedikit lebih buruk walau sama-sama berteknologi TN.

laptop kerja terbaik 2019
tampak keren di atas meja kerja. Sayang displaynya jadul sekali

Kalau saja laptop ini mengambil opsi layar Full HD 1920 x 1080, maka saya bisa memaafkan kekurangan keduanya:

Touchpad dan keyboardnya.

Untuk Touchpad rasanya terlalu meniru ThinkPad. Tapi jadinya memaksa. Tidak serasi, dan jauh dari kata seksi. Luas touchpad yang dilengkapi dengan empat tombol klik itu jadi berkurang. Ruang gerak pun lebih terbatas. Meski presisi tetap baik.

Keyboardnya sekadar OK. Tiap tuts memberikan umpan balik yang baik. Hanya saja terlalu krispi. Tidak seempuk dan serenyah ThinkPad X250. Tata letaknya juga tidak pas buat saya. Rasanya jarak jari saat mengetik menjadi lebih jauh dari biasanya. Ditambah tombol panah yang aneh sekali. Kok ya bisa-bisanya dibuat begitu.

laptop bekas bagus spek tinggi
tata letak keyboard yang bukan favorit saya, begitu juga dengan touchpad yang menyerupai thinkpad

Kekurangan berikutnya adalah harga. Di pasaran, HP EliteBook 820 G4 dengan Intel Core-i5 saja dijual seharga Rp 7 jutaan. Apalagi yang i7. Untuk mendapatkan harga Rp 5 juta tapi intel Core-i7 memang perlu keberuntungan. Beli langsung dari pengguna, seperti Pak Haji tadi.

elitebook vs thinkpad
tetap thinkpad di hati?

 

Laptop EliteBook dari HP berada pada puncak tertinggi. Kelas bisnis, yang mungkin akan berlebihan untuk dipakai kerja kantoran biasa. Di bawahnya masih ada kelas Pro, kelas Envy untuk sekolahan, dan kelas yang namanya sulit disebut.

Namun, HP EliteBook 820 G4 bekas ternyata beredar sembunyi-sembunyi. Bila saya mendapatkan tawaran seperti Pak Haji, tentu tanpa ragu akan saya ambil.

review hp elitebook 820 indonesia
bagian bawah, baut-baut dilindungi oleh karet lho

Lalu dijual kembali.

Lalu uangnya …

Akan saya belikan ThinkPad X1 Carbon. Terserah generasi apa saja.

*

Spesifikasi HP EliteBook 820 G4

  • Intel Core-i7 7500U 2.7 GHz, up to 3.5 GHz with Intel Turbo Boost technology (tersedia spesifikasi lain)
  • Grafis Intel HD 620
  • Display 31.75 cm (12.5 in) diagonal HD SVA anti-glare slim LED-backlit non-touch with camera (1366 x 768) (tersedia opsi Full HD 1920 x 1080)
  • Penyimpanan : M.2 2280 solid state drives 512 GB PCIe Gen 3×4 NVMe TLC Solid State Drive (tersedia pilihan yang lain)
  • RAM 8 GB DDR4-2400 SDRAM, max 32 GB (entah 1 atau 2 keping, karena tersedia berbagai pilihan)
  • Audio by Bang & Olufsen
  • 720p HD webcam
  • HP Premium Keyboard, Spill resistant with drain, All-metal keyboard deck
  • HP 45 W Smart AC Adapter, HP Long Life 3-cell, 49 WHr Li-ion polymer (supports HP Fast Charging with 65 W AC Adapter), Up to 14 hrs 45 mins (solid state drive)
  • (2) USB 3.1 Gen (1 charging)
    (1) USB-Type C (Up to 5 Gbps data transfer and 15 W power)
    (1) DisplayPort 1.2
    (1) VGA
    (1) RJ-45 (Ethernet)
    (1) Docking connector
    (1) Headphone/microphone combo
    (1) AC
  • (1) SD Media Card Reader (SD, SDHC, SDXC supported)
  • berat 1.26 kg, dimensi : 31.0 x 21.89 x 1.89 cm

Tinggalkan Balasan