Masalah Laptop ASUS K401LB

asus k401lb engsel

Tahun lalu, engsel sebelah kanan ASUS K401LB rusak. Setahun kemudian giliran sebelah kiri yang kena. Duh!

Umurnya belum terlalu tua. Januari 2016 saya membelinya. Lalu meningkatkan performanya setengah tahun kemudian. Setengah tahun-nya lagi engsel laptop itu rusak. Saya bawa ke service center, perkiraan biaya mencapai Rp 700.000  – 1.000.000, karena ganti part ini dan itu.

Gila. Dalam hati. Cuma yang terucap, Mahal juga ya.

Saya bawa ke Harco Mangga Dua. Diminta 200 ribu. Ditunggu. Langsung beres.

Kini, engsel sebelahnya rusak lagi. Masa’ harus ke sana lagi?

engsel asus k401lb
lihat, dudukan baut terlepas dari tempatnya

Penyebab

Orang service bilang, “ini pernah ditimpa sesuatu yang berat ya?”. Seingat saya tidak. Tertekan mungkin. Ketika berdesakan di dalam kereta. Tapi itu jarang. Penyebab sebenarnya adalah, plastik dudukan baut yang terlalu getas. Tidak sanggup menerima pergerakan buka tutup yang terlalu sering.

Makanya setelah perbaikan, bautnya dikendurkan. Agar tidak berat lagi menahan akibat dari buka tutup tol … eh.

Saya pelajari betul bagaimana Abang-abang Harco membuka laptop saya. Menunjukkan bagian yang rusak. Sayangnya saat proses memperbaikinya tidak bisa saya lihat. ASUS K401LB dibawa ke dalam. Sepertinya ada solder-menyolder, bukan sekadar lem-mengelem.

masalah asus k401lb
Layar tidak lagi memiliki dudukan.

Solusi

Saya ingat-ingat proses itu. Lalu laptop saya bongkar. Buka semua baut, kemudian menggunakan bekas kartu SIM sebagai Pry Tools, untuk mengangkatnya. Dari depan, ke belakang. Mudah juga kalau sudah tahu triknya.

Karena saya malas ke Harco lagi, jadi saya lanjutkan proses perbaikan dengan alat seadanya. Obeng kembang, pry tools ala-ala, tang, dan lem seketemunya.

Setelah terbukan semua, bagian engsel saya buka. Lalu saya utak-atik. Saya putar-putar. Sambil mengira-ngira kerapatan yang pas. Ini penting, karena bila terlalu rapat, maka nanti akan patah lagi, bila terlalu renggang maka layar akan merebah, tidak bisa tegak.

Maka, setelah proses perbaikan selesai (saya cuma kasih lem saja di tempat dudukan baut yang berjumlah tiga itu), jangan dulu di tutup rapat-rapat. Coba dulu buka tutup layar, lalu atur posisi. Bila di rasa sudah pas, barulah tutup kembali.

engsel asus k401l
utak atik bagian engsel ini

Ternyata

Lagi asik-asiknya utak-atik, ada yang datang kemudian curhat, “Punya saya juga begitu, masalahnya di engsel, ASUS apalagi.”

Saya jadi teringat, ada salah satu pengunjung Blog ini yang mengeluhkan hal yang sama.

Ah… Saya tidak tahu harus berkomentar apa. Masa iya laptop ASUS secara umum masalahnya di sana. Di sini, semua teknisi menggunakan ASUS seri A46C yang kokoh itu. Belum ada saya temui masalah seperti ini, padahal umurnya jauh lebih tua. Punya teman saya juga seri A yang sama, masih oke saja.

Bila saya lihat-lihat. Memang ada perbedaan di materialnya. Seri A tadi dominan logam. Seri K ini plastik. Konstruksinya berbeda meski garis desain sama. Model engselnya juga berbeda.

dudukan baut asus k401lb
dudukan ini yang terlepas dari tempatnya

Yaa …

Ada sisi plus ada minus. Ada lebih ada kurangnya. Spek memang lebih baik K401LB ini, tapi sisi material A46C lebih baik.

Loh, kenapa jadi perbandingan begini sih. Ampun kang, soalnya baru masuk, eh malah dapat “jackpot”.

service laptop asus k401lb
selesai, semoga awet. hehe

4 thoughts on “Masalah Laptop ASUS K401LB

  1. Halo kang, saya pengguna K401LB, sudah muak banget sama masalah engsel ini, saya kira cuma saya saja kena, ternyata banyak yaahh:D Terimakasih kang sharingnya, tapi tetep mau saya bawa ke service center saja kang, takut ngoprek ngoprek laptop saya mah, yang penting saya tau kalo bukan saya aja yang kena, emang masalah umum-nya K401LB ini di engsel ya kang:D

    1. Kang Amar,

      Kira-kira begitu 🙂
      Selama ini bagaimana kang, dibiarin aja?

      Saya pernah bawa ke service center resmi. Mereka minta ganti, ini itu. Jatuhnya mahal banget.

      Semoga yang nanti nggak begitu, ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.