Canon EOS M10: Kamera Mirrorless Murah dengan Sensor Klasik 18 MP

canon eos m10

Tahun boleh baru, tapi gawai… tetap lawas. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Kamera Mirrorless murah: Canon EOS M10.

*

Sebelum jauh-jauh, Canon EOS M10 ini saya beli bekas. Dari distributor resmi langsung: PT. Datascrip. Tidak ada niat sama sekali untuk membelinya, namun, godaan cuci gudang memang sulit ditolak.

Harga Canon EOS M10 yang ditawarkan begitu murahnya. Saya tetap tidak melirik kamera yang dirilis sekitar tahun 2015 itu. Namun, ketika melihat detilnya: Ada dua lensa!

canon eos m10 lensa kit 15-45 dan ef-m 22 mm f/22 stm
Dua lensa kang, dua!

Ada lensa EF-M 15-45 mm dan EF-M 22 mm f/2 STM di sana!

Incaran saya hanya lensa fix itu. Beli, review, pasang lensa fix mungil itu ke Canon EOS M6, kemudian jual sisanya. Begitu rencananya. Betapa hebat mantra “clearance sale” itu. Sampai-sampai dapat menggerakkan uang yang niatnya untuk pulang kampung!

Huhuhu.

Beruntung, saya mendapatkannya. Dan setelah memakainya sebentar, gawat bisa-bisa berubah rencana!

review canon eos m10
pasangan yang pas! Canon eos M10+ lensa ef-m 22mm f/2 STM

Desain, Handling, Build Quality

Canon EOS M10 ditujukan untuk pemula. Karenanya, desainya begitu sederhana: tidak ada tuas mode, tidak ada hot shoe, tidak ada viewfinder, dan tidak ada mic input. Grip depan pun tidak ada, hanya bergantung pada karet di jempol kanan.

harga canon eos m10
sangat sederhana, hanya ada 1 dial utama, tidak ada dial mode, tidak ada hot shoe

Untuk memotret dan merekam sangat bergantung pada LCD 3.0 inci yang dapat disentuh. LCD itu enak dipandang, bening, juga responsif.

Yang mengejutkan adalah build quality-nya: made in Japan.

Canon EOS M200 yang merupakan penerusnya—cucunya—saja dibuat di Taiwan. Sedangkan kamera dengan sensor klasik APS-C 18 MP ini lebih superior. Ehm, paling enggak itu yang saya rasakan.

Untuk handling dan kontrol rasanya tetap serupa. Dia enak untuk dibawa-bawa, bahkan muat di kantong. Hanya ada 1 tuas utama untuk mengatur segalanya. Bila ingin berganti mode (P, Av, Tv, M) dilakukan via layar.

mode kamera mirorrless canon eos m10
tetap bisa memilih mode, hanya saja via lcd

Kamera ini memang tidak cocok untuk pakai mode Manual. Namun, menggunakan mode favorit saya, Av (atau A di kamera lain), sangat cukup. Cukup atur ISO ke mode auto, lalu mulai memotret.

Auto Focus

Canon EOS M10 menggunakan teknologi Hybrid CMOS AF II untuk auto focus-nya. Belum secepat Hybrid CMOS AF III apalagi Dual Pixel CMOS AF. Belum juga ada Eye Focus seperti Canon EOS M50 II/ EOS M6 II. Jadi, jangan berharap memakai kamera ini untuk kegiatan olahraga. Auto Focus-nya tidak dirancang untuk itu. Bahkan untuk memotret bocah yang tidak bisa diam saja, masih hit and miss.

port canon eos m10
mini usb, mini HDMI, dan SD Card Full. Tidak ada mic input, huhu

Namun, untuk portrait, pemandangan, travelling, dan street photography, masih dapat diandalkan.

Hanya ada 2 mode auto focus: One-Shot dan Servo. Titik fokus juga hanya dua yang dapat di atur: Face detect dan 1-Point. Gunakan Face Detect + Servo untuk tracking objek bergerak, single point untuk objek diam.

Fitur Video

Canon EOS M10 dapat digunakan untuk merekam video. Tenang saja. Fitur video itu cukup untuk kebutuhan orang kebanyakan: ada Full HD 24p, 25p, 30p, dan 60p. Fitur terkahir hanya dapat digunakan dengan resolusi HD.

fps video canon eos m10
pilihan fps dalam NTSC. 25p ada di PAL

Masalah? Nggak juga, untuk b-roll slow motrion sudah cukup. Dan lebih mudah pada proses editing nantinya.

Yang terpenting adalah, perekaman dapat dilakukan secara manual. Semua parameter dapat diatur. Hingga ke bagian audionya. Hal ini sangat membantu untuk mendapatkan hasil dalam kondisi yang berbeda.

fitur video canon eos m10
manual exposure, untuk hasil yang lebih terkontorl. mantap!

Ingat, tidak ada mic input. Jadi, kalau ingin suara lebih bagus, pilihannya adalah menggunakan alat perekam terpisah, lalu lakukan proses sync saat editing.

audio canon eos m10
bahkan audio pun dapat diatur manual!

Hasil Foto

Dibalik bodi cap, ada sensor 18 MP klasik yang telah digunakan Canon untuk berbagai kamera DSLR-nya. Salah satunya Canon EOS 60D yang pernah menjadi kamera andalan saya.

Sensor itu memang tertinggal secara dynamic range dan resolusi, namun urusan hasil foto tunggu dulu.

sensor canon eos m10
Sensor APS-C 18MP, yang pernah menjadi andalan kamera-kamera Canon

Ada nuansa Canon di sana. Ehm.

Warnanya teduh dan adem. Enak dipandang. Tentu hasil foto tetap tergantung pada banyak hal (lensa, cahaya, momen, komposisi, dan yang paling penting kemampuan si fotografer).

Buat saya sih, yang sama sekali tidak ada profesional-profesionalnya, sudah sangat cukup. Hasil RAW masih memberikan saya ruang untuk menarik-ulur exposure, highlights, dan shadow.

Berikut beberapa hasil jepretan dari Canon EOS M10 + Lensa EF-M 22 f/2 STM. Semua sudah mengalami proses editing via Adobe Lightroom dan resize (dari RAW 20 MP ke 300 KB-an saja). Harap maklum, storage blog terbatas, huhu.

hasil foto canon eos m10
Halo, apa kabar semua 🙂
hasil jepretan canon eos m10
naon sih, yah?
canon eos m10 masil layak digunakan
“tolong, A”
canon eos m10 2020
“makasi ya, A”
ayo jalan-jalan!
ada apa itu, yah!?
aya cai di daun
dynamic range canon eos m10
ugh, silauuu
punten, kek.

Jadi

Canon EOS M10 dapat menjadi teman perjalanan yang baik. Apalagi bila dipasangkan degan lensa EF-M 22mm f/22 STM. Mereka berdua kecil, ringan dan potensial menghasilkan karya foto yang luar biasa. Hanya langit eh dompet batasannya.

Pantauan saya, harga Canon EOS M10 sekarang sekitar Rp3 jutaan. Termasuk lensa kit EF-M 15-45 mm.

canon ef-m 22 mm f/2 stm
lensa impian yang jadi kenyataan

Juga baterai. Menggunakan kamera mirrorless, tidak pede kalau hanya membawa 1 baterai. Apalagi LP-E12 ini hanya sanggup bertahan sekitar 200 foto saja. Apalagi kalau sering merekam video. Kurang dari itu.

baterai lp-e12
baterai LP-E12, yang tidak cukup 1 untuk foto seharian

Untuk yang menginkan kamera ini, silakan cek etalase diki septerian di tokopedia, ya. Seperti niat awal, saya akan menyimpan lensa EF-M 22 mm f/22 STM dan menjual sisanya.

***

wifi nfc canon eos m10
mau transfer foto ke smartphone? bisa dengan wifi!

Spesifikasi Canon EOS M10

spesifikasi canon eos m10

 

Tinggalkan Balasan