Lenovo ThinkPad T480: ThinkPad Tamat Sudah!

thinkpad smart card reader

Beberapa bilang, Lenovo ThinkPad T480 adalah ThinkPad terakhir yang masih worth it untuk dimiliki. Alasannya sederhana, laptop 14 inci itu masih terasa sangat ThinkPad: banyak opsi upgrade dengan baterai ganda luar dalam.

Seri T Terakhir

Entah apa yang ada dibenak para petinggi Lenovo. Mereka mengubah sama sekali jajaran ThinkPad seri T setelah ThinkPad T480.

lenovo thinkpad t480 review

Penerusnya—Lenovo ThinkPad T490—menjadi seperti seri “s” yang kian tipis dengan hanya 1 slot RAM yang dapat kita ganti. Dia juga menjadi yang pertama dengan baterai yang tidak dapat dilepas-pasang. Begitu juga dengan slot penyimpanan 2,5 inci, berganti sepenuhnya dengan slot M.2. Belum lagi, slot SD Card kini menciut menjadi Micro SD.

Lenovo ThinkPad T490 bukanlah ThinkPad seri T yang kita semua kenal. Berubah sepenuhnya. Bahkan sampai ke lubang keluar panas yang kini berada di sisi sebelah kanan (tangan kanan).

Awalnya saya menduga, Lenovo akan memperbaiki “kesalahan” itu pada seri berikutnya, ThinkPad T14. Seperti saat generasi 40 dulu. Kenyataanya tidak. Lenovo maju terus dengan seri T yang kian tipis dan minim segala. Bahkan, pada seri paling baru, ThinkPad T14 gen 3 sudah tidak ada lagi slot SSD tambahan dan Micro SD!

thinkpad seri t

Bandingkan dengan Lenovo ThinkPad T480: Slot RAM masih 2, pilihan storage ada 3, baterai masih dapat dilepas pasang, slot SD Card masih Full sepenuhnya!

Alasan Membeli ThinkPad T480

Sebelum jauh-jauh, saya menyadari banyak juga pembaca blog dikisepterian yang mungkin belum mengenal ThinkPad. Atau memang sekadar ingin mencari laptop murah yang bagus. Sekadar punya anggaran Rp5-7 jutaan misalnya. Karena itu, saya coba memberi beberapa pertimbangan:

  1. Prosesor Intel Core i5 atau i7 gen 8
  2. RAM DDR4
  3. Dual Storage
  4. Baterai luar dalam
  5. ThinkPad
  6. Harga

thinkpad t480 dikisepterian

ThinkPad dengan Intel Kaby Lake-R

CPU Intel Gen 8. Betul, Intel sudah merilis prosesor generasi ke-12. Terasa jauh sekali jaraknya. Tapi tunggu dulu, Intel Core-ULV i5 generasi ke-8 sudah memiliki 4 inti pada prosesornya. Sesuatu yang bahkan tidak dimiliki Intel Core i7-7600U. Dan kabar baiknya, Intel gen 8 akan mendapatkan peningkatan sistem operasi hingga windows 11.

thinkpad t480 cpuz

upgrade windows 11 thinkpad t480

2 Slot RAM DDR4

RAM DDR4. Betul juga sudah ada DDR5, tapi bahkan X1 Carbon gen 6 saja, masih menggunakan RAM LPDDR3 yang tertanam bersama motherboard-nya! Dan yang terpenting, slot RAM T480 ada 2, yang dapat kita maksimalkan menjadi 32 GB atau mungkin hingga 64 GB!

upgrade ram thinkpad t480
8 GB DDR4 ada di slot 1. Satu lagi kosong,

Dual Storage

Ruang penyimpanan yang ada dua. Tidak perlu pusing dengan mahalnya harga SSD ber-tera-tera byte. Cukup pasang SSD M.2 2242 256 GB sebagai C:, kemudian pasang HDD 2,5 inci 2 TB sebagai D:, insyaAllah cukup untuk kebutuhan sehari-hari hingga bertahun-tahun lamanya.

Uniknya, dengan menggunakan adapter, SSD NVMe dapat kita pasang juga di Slot HDD 2,5 inci. Tapi ingat, HDD konvensional tidak lagi dapat kita pakai (karena slot-nya terpakai). Untungnya kita masih dapat menggunakan slot WWAN CARD (M.2 2242) sebagai storage tambahan.

ssd nvme lenovo thinkpad
SSD bawaan ThinkPad T480, LENSE302256G

Baterai Luar Dalam

Inilah kelebihan ThinkPad T480 dibandingkan dengan ThinkPad-thinkPad seri terbaru lainnya. Dia masih memanfaatkan sistem bridge battery yang Lenovo gunakan sejak seri 40 dulu. Baterainya ada 2, di dalam, dan di luar. Untuk baterai dalam, tidak ada pilihan selain 24 Wh. Sedangkan baterai luar, tersedia dalam 3 kapasitas: 24, 48, dan 72 Wh.

Dengan gabungan baterai 24+24 Wh yang kapasitas full charge-nya kira-kira tinggal 80%, Lenovo ThinkPad T480 ini dapat menemani saya bekerja sekitar 6 jam lamanya. Bayangkan bila akang menggunakan baterai 24+72 Wh!

baterai thinkpad t480 tipe 61
Baterai luarnya berebeda dengan seri sebelumnya (68), Ada tipe 61+ (48 Wh) dan 61++ (72 Wh)

Dan kalau akang berencana bepergian ke tempat yang susah listrik, bawa saja baterai luar tadi banyak-banyak, kalau kehabisan daya, tinggal copot-pasang.

Kerja terooos!

ThinkPad

Sesederhana itu. Akang sudah tau, ThinkPad dari dulu ya begitu. Material tidak sembarangan. Punya sertifikat uji militer MIL-STD810G. Seri T sendiri materialnya memang tidak semewah versi s atau X1 Carbon dengan karbon-karbonnya. Tapi bodi tetap bukan sekadar plastik ABS yang terasa ringkih, kopong dan getas. Dia “sebatas” menggunakan fiberglass, yang halus serta berkilau jika terkena pantulan cahaya.

t480 review

Engsel-engsel yang dapat direbahkan hingga 180o juga menggunakan material besi yang kokoh perkasa.

Selain material, tentu kibornya. Urusan kenyamanan mengetik, ThinkPad rajanya. ThinkPad T480 tetap mewarisi itu, walaupun rasanya lebih seperti seri-X (lebih pendek key travel-nya), tapi tetap enak untuk digunakan. Dan bagusnya lagi, Lenovo akhirnya mengembalikan sistem buka keyboard “geser, tarik, balik” ke seri T480 ini.

keyboard thinpad t480

Harga ThinkPad T480

Untuk semua kelebihan-kelebihan tadi, akang cukup membayar Rp18 juta saja. Duluuuu. Sekarang tidak lagi. Harganya kini berkisar dari Rp4-8 jutaan, tergantung spek, dan kondisi. Oh, bekas tentunya.

harga lenovo thinkpad t480 2022

Kelebihan ThinkPad T480, lagi…

Ada bonus yang rasanya patut disebut: IR Camera dan Fingerprint Reader. Pemindai sidik jari sudah biasa ada sejak seri ThinkPad jaman dulu. Performa pemindai sidik jari itu OK, cepat, jelas lebih baik daripada seri 60 ke bawah.

fingerprint reader t480
aman dan cepat, walau posisinya belum menyatu dengan tombol daya

Sedangkan pendatang baru adalah IR Camera. Dengan IR Camera, tidak perlu sentuhan lagi. Cukup buka laptop, lalu atur posisi, beres. Kita dapat mengakses laptop sepenuhnya. Performa IR kamera itu terbilang OK juga. Lama kelamaan dia semakin mengenali kita. Saya sudah mencoba dengan memakai masker, kacamata, tanpa kacamata, dengan mudah dia mengenali. Satu yang mungkin agak hati-hati: saat mata tertutup ternyata dapat terbuka juga!

Oh perlu akang catat juga, tidak semua ThinkPad T480 memiliki fitur keamanan ini. Dan bila mendapatkan IR Camera, maka akang harus merelakan ThinkShutter, penutup Webcam bawaan yang Lenovo hadirkan pada seri 80.

windows hello
dua bulatan hitam itu IR Camera yang siap memindai wajah akang sekalian

Performa

Tidak perlu meragukan performa laptop “lawas” ini. Intel Core i5-8350U sangat berani melawan Intel Celeron yang biasa tertanam pada laptop rentang harga ini. Kerja sambil dengerin Spotify, atau sekalian YouTube-an, oke-oke saja. Buat editing foto dan video ringan juga hajar aja.

Lenovo ThinkPad tidak malu-malu untuk mengerjakan itu semua. Menemani keseharian akang sekalian dia masih sangat mampu. Bahkan dia berani melawan Intel Core i7-7600U ThinkPad T470s yang sehari-hari saya gunakan.

benchmark intel core i5-8350u

Panas dan bising biasa saja. Lenovo juga tidak lagi membatasi tenaga seperti pada seri 70 (agar suhu tidak melebihi 75oC).

Silakan akang cermati sendiri hasil benchmark-nya.

intel core i5-8350u vs intel core i7-7600u
bahkan i7-6820HQ kalah?

Kekurangan Lenovo ThinkPad T480

Seperti ThinkPad T480s, Lenovo ThinkPad T480 adalah Laptop modern klasik yang saya tunggu-tunggu. Setelah mencobanya, saya dapat katakan: dia sesuai harapan. Hanya beberapa hal yang saya rasa kurang.

Pertama pada keyboard. Yes, akang tidak salah baca. Memang membukanya kembali sangat mudah, namun dari 3 unit T480 yang saya coba, tidak ada yang mengalahkan pengalaman mengetik pada T470s. Belum lagi tombol trackpoint bergaris merah itu juga memburuk: pendek sekali key travel-nya. Karena saya adalah pengguna si pentil merah, jadi enak-atau-enggaknya sistem trackpoint itu menjadi penting.

trackpoint thinkpad t480
Tombol trackpoint yang, duh, kok pendek banget jarak sentuhnya!

Tapi buat akang yang bahkan tidak tau cara menggunakannya, bukan masalah tentunya.  

Kedua, USB-A hanya 2. Padahal pada ThinkPad T470s yang notabene lebih tipis, itu ada 3. Oh betul, slot USB-C nya memang juga ada 2, tapi-kan satunya hampir pasti untuk melakukan pengisian daya. Nggak kurang sih, cuma aneh aja, masa’ seri T kalah banyak sama seri Ts.

thinkpad thunderbolt
Tidak ada lagi pilihan charging dengan selain dengan USB-C. Bagusnya ada lampu indikator yang berubah warna dari oranye ke putih saat baterai terisi 95%

Ketiga, look and feel. Lenovo ThinkPad T480 memang bread and butter-nya ThinkPad. Tapi (mungkin) karena saya sudah terkena racun seri Ts dan X1 Carbon: dia tidak terasa premium lagi. Biasa saja, seperti laptop tangguh pada umumnya.

berat lenovo thinkpad t480
Tetap tangguh, tetap kotak. Hanya saja kurang “mewah”

Tangguh tapi tidak selembut seri s, T470s maksudnya, ehm.

Catatan sebelum membeli

Tanpa ragu, saya akan merekomendasikan Lenovo ThinkPad T480 kepada siapa saja yang sedang mencari laptop “baru”. Atau sebagai pengganti laptop yang sudah 5,6,7 tahun tidak pernah diganti-ganti. Atau bahkan sebagai laptop pertama. Bekas tidak mengapa, asal kondisi prima.

Layar IPS Full HD, kudu kang!

Yang pertanyaan selanjutnya pasti, “belinya di mana”. Saya beli langsung ke  Harco Mangga Dua. Pilah-pilih unit langsung agar dapat kepastian.

Catatan berikutnya tentu cek kondisi fisik dan spesifikasi. Hati-hati, karena masih ada T480 dengan Intel Core gen-7. Yang sungguh sangat disayangkan sebenarnya. Juga masih beredar layar resolusi HD teknologi TN, sedapat mungkin hindari itu kang.

biar ngeliatnya gampang, dari sudut manapun

Sedangkan SSD NVMe, IR Camera, Fingerprint Reader, boleh jadi perhatian kemudian. Saya menganggap bonus bila mendapatkan itu semua.

Satu lagi yang perlu akang incar: Keyboard backlit layout US. Bonus juga sih sebenarnya. Namun, sungguh aneh rasanya kalau memakai ThinkPad tapi keyboardnya tidak dapat menemani malam-malam saat menulis review.

spill resistant keyboard
sekadar cipratan air, bukan masalah. Spill resistant keyboard tetap dipertahankan.

Akhirnya, ThinkPad berakhir sudah…

Saya merasa bangga, sekaligus sedih dapat memiliki Lenovo ThinkPad T480. Dari spesifikasi dan fungsi, boleh jadi dia benar-benar ThinkPad seri T terakhir yang akan saya ulas. Penerus-penerusnya belum ada yang mampu membuat hati saya bergetar. 

Kecuali, mungkin, ThinkPad T14 gen 3. Yang telah menggunakan layar dengan rasio 16:10, bukan lagi 16:9 seperti para pendahulunya. Yang tentu, bukan sekarang saat yang tepat untuk membelinya.

Mungkin nanti, empat atau lima tahun lagi…

cover belakang t480
Tidak lagi ada docking legendaris, berganti docking samping. Terlihat juga 2 lubang tempat keluar cairan, bila tidak sengaja keyboard tertuang air. Speaker kanan kiri yang nyaring juga tampak serasi.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad T480 diki septerian

spek lenovo thinkpad t480

Bagaimana menurut akang sekalian, masih setia dengan seri T tanpa s?

Tinggalkan Balasan