Uji Pakai Vention USB Card Reader

vention card reader

USB Card Reader dengan koneksi lengkap: Micro SD, SD Card, Micro USB, USB Type C, dan USB tipe A.

Teman baru saya, Canon 60D, memiliki satu kelemahan yang sangat tidak bisa diterima oleh generasi milenial: Tidak memiliki jaringan nirkabel. Wi-Fi, Bluetooth, ataupun NFC.

Jadi, kalau mau memindahkan foto dari kamera sangat repot. Harus melepas SD Card lalu memasangnya ke laptop. Kalau Laptop atau PC-nya tidak memiliki selot pembaca kartu? Ya, harus beli lagi Card Reader tersendiri.

Atau, cara lebih sederhana: colok kabel Mini USB dari kamera ke PC. Hidupkan kamera, pindahkan, selesai.

Namun sebenarnya, saya tidak butuh-butuh amat dengan jaringan nirkabel. Teman saya yang satu lagi, Canon G7X memilikinya. Cukup pindahkan kartu SD Card ke selot milik kamera poket itu, lalu buka aplikasi Canon Connect, selesai. Puluhan, bahkan ratusan gambar hingga video dapat langsung berada di Smartphone saya.

Cepat, sederhana, dan nyaman.

Tapi masalahnya, bagaimana bila Canon G7X sudah tidak bersama saya lagi?

Vention USB Card Reader OTG (On The Go) saya harap mampu menjadi jawabannya.

review vention card reader

Kriteria

Card Reader jenis USB OTG sudah mudah ditemui. Harganya juga bersahabat. Saya menemukan Card Reader yang harganya tidak lebih Rp15 ribu. Namun sayang, jenis konektor-nya tidak memadai. Hanya Micro USB, tidak ada USB Type C seperti yang dimiliki ponsel yang saya gunakan sehari-hari.

Jadi, kriteria Card Reader yang saya cari adalah: memiliki USB OTG Tipe C dan mampu membaca SD Card, bukan sekadar TF Card (Micro SD).

Setelah mencari sana-sini, pilihan saya jatuh ke Vention USB Card Reader OTG. Terlihat elegan, kualitas terlihat baik, dan harga relatif terjangkau.

usb sd card reader terbaik

Kenyataannya

Unit saya terima kemarin siang. Bungkusnya mungil, dengan Vention USB 2.0 Card Reader sebagai labelnya. Di bagian dalam dus itu terdapat USB Card Reader Vention itu sendiri, kartu garansi, serta petunjuk pemakaian. Tidak ada salinan Bahasa Indonesia-nya. Vention ternyata Perusahaan asal Hongkong, yang memang memproduksi aksesoris kabel dan semacamnya.

Bentuk Card Reader OTG itu menyerupai Flash Disk pada umumnya. Cuma lebih besar. Dan tidak memiliki internal memori. Kualitas pengerjaannya rapi, baik, dan terasa kukuh. Tubuhnya berbalut logam, sedangkan dua tutupnya berbahan dasar plastik.

USB Tipe C bisa colok langsung ke HP atau Laptop

Saatnya mencoba

Tidak ada CD instalasi yang disertakan dalam paket pembelian, artinya penggunaanya bisa langsung colok dan mainkan. Nyatanya begitu, colok SD Card ke Selot USB Card Reader ini, kemudian colok konektor USB Type C ke smartphone, tunggu sebentar, langsung muncul pemberitahuan. Isi SD Card langsung dapat terbaca.

USB A dan USB Micro dalam satu desain. Smart!
Pasang SD Card, colok, langsung terbaca

Kemudian, saya coba dengan ponsel yang konektornya masih micro USB, sama juga. Smartphone tadi tidak kesulitan membaca isi SD Card.

Setelah itu, saya colok ke Laptop. Ke port USB2.0, sama, langsung terbaca tanpa kendala. Dan tanpa perlu instalasi.

colok SD Card Reader, colok adapter ke laptop

Berapa kecepatan transfer-nya? Standar, Kang. Stabil di angka 21-22MB/s. Secepat Flash Disk pada umumnya.

kecepatan transfer data sd card reader vention

Kesimpulan

Apakah Vention USB Card Reader adalah pembaca kartu terbaik saat ini? Belum tentu. Apakah yang termurah? Dengan harga Rp99 ribu, tidak juga. Bila tekun mencari pasti mendapat yang lebih terjangkau. Apakah dapat diandalkan? Nah, ini do’a saya juga. Semoga awet. Hehehe

Namun satu yang pasti. Hadirnya adapter kartu lengkap ini membuat posisi Canon G7X kian rentan. Bisa-bisa sebentar lagi saya ucapkan selamat tinggal, kepada dia yang telah menemani saya 3 tahun lamanya.

Buat Micro SD Card juga bisa

Spesifikasi Vention USB Card Reader OTG

  • Antarmuka: USB2.0, Type C Male, Micro USB Male
  • Tipe Selot kartu: SD Card, TF card
  • Kapasitas maksimum pembacaan: 256GB
  • Kecepatan transfer (teori): 480Mbps
  • Material cangkang: Aluminum Alloy
  • Dimensi: 80 x 22 x 12 mm

Sekian dulu Kang, salam

diki sepeterian

Baca juga,

Komparasi Kecepatan Baca-Tulis SD Card Sandisk

Tinggalkan Balasan